Trentech.id

Jack Ma Siapkan Mahasiswanya Hadapi Kegagalan

Jack Ma adalah aktor utama di balik berdirinya Lakeside University. Sekolah bisnis ini berlokasi di Hangzhou, China. Kini, Lakeside University telah memulai tahun ajaran yang kedua. Jack Ma berkunjung untuk memberikan pidato inaugurasi atau pengukuhan.

Dalam pidatonya, ia memaparkan penjelasan mengenai perbedaan program pengajaran di Lakeside University dengan sekolah bisnis lainnya. Ada beberapa hal yang berbeda. Kami tak mengajarkan para siswa cara meraih kesuksesan. Kami justru menjelaskan bagaimana seseorang bisa gagal.

Semua pelajaran yang kami ajarkan dilatarbelakangi oleh kegagalan, meskipun semuanya tidak melulu soal kegagalan. Inilah aspek unik dalam pengajaran kami.

Saya pernah berkelakar bahwa ada perbedaan besar antara film-film Cina dengan film-film barat. Cina dan negara barat sama-sama menghargai pahlawan.

Namun bedanya, dalam film barat sang pahlawan selalu bertahan hidup hingga akhir cerita. Sedangkan dalam film Cina semua pahlawan gugur.

Di Cina kamu bisa jadi pahlawan jika kamu mati. Kalau begitu adanya, lantas siapa yang mau jadi pahlawan?

Sementara pahlawan dari barat yang gagah perkasa selalu bertahan hidup. Di sekolah ini, kami ingin mengajarkan cara pandang, keingintahuan, dan metode yang seperti itu. Contohnya, mengajari kamu cara bertahan hidup.

Jadi kami ingin para siswa mempelajari kegagalan seseorang, kesalahan apa saja yang mereka lakukan, dan bagaimana mengatasi masalah.

Di antara semua entrepreneur yang ada di sini, apa kita punya keberuntungan? Ya, kita punya keberuntungan. Apa kita punya peluang? Kita juga punya peluang. Secara teori, keberuntungan dan peluang yang dimiliki semua orang takarannya sama.

Namun, ketika cobaan datang menerpa, setiap orang punya reaksi yang berbeda untuk mengatasinya. Kita memerlukan pemikiran yang imajinatif dan independen. Kami berharap semua entrepreneur di Lakeside University punya masa depan yang cerah, sehingga setiap warga Cina percaya pada diri mereka sendiri.

  Pemprov DKI Jakarta Luncurkan JakEVO Untuk Mudahkan Pelaku Usaha Urus Izin

Namun, semua entrepreneur wajib memiliki keyakinan diri. Sebab dengan memiliki sikap seperti itu, kamu dapat fokus mengejar target, alih-alih terpengaruh untuk mengerjakan berbagai hal sekaligus.

Dengan sikap seperti itu pula lah kamu dapat fokus mengembangkan strategi kamu. Tanpanya, fokus kamu akan terpecah belah sehingga berujung pada kegagalan. Saya harap kalian semua ingat hal itu.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements