fbpx
Trentech.id

Ini Dia Pendekatan Pemasaran yang Patut Dicoba Startup

Pemasaran menjadi salah satu agenda rutin di dalam setiap bisnis. Tak terkecuali pada startup yang notabene membutuhkan banyak usaha pemasaran untuk mengenalkan produk mereka dan menjangkau banyak pengguna. Dalam pelaksanaannya setiap startup memiliki strategi masing-masing dalam hal pemasaran. Kadang berhasil, tak jarang juga perlu improvisasi agar sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Berikut ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk strategi pemasaran sebuah startup.

Kekuatan konten

Salah satu jalur yang bisa dimanfaatkan untuk marketing saat ini adalah konten. Baik itu konten dalam blog, website, email atau konten-konten yang ditampilkan di laman media sosial. Konten ini dibuat untuk membawa misi menyampaikan nilai-nilai produk yang ditawarkan. Bisa dibilang konten akan langsung menuju ke pengguna. Dinikmati atau tidak tergantung eksekusi dan kualitas konten. Oleh karena itu seorang pembuat konten, atau content creator bisa memagang peran penting dalam setiap strategi pemasaran. Kekuatan konten bisa menjadi cara tersendiri memperkenalkan bisnis Anda ke pengguna.

Product marketing

Setelah konsisten dengan usaha menyuguhkan konten yang berkualitas selanjutnya mungkin diteruskan dengan upaya membangun pemasaran produk (product marketing). Usaha ini akan membantu pengguna untuk menjawab pertanyaan mengenai kelebihan produk dibanding kompetitor atau apakah produk yang ditawarkan pantas untuk investasi yang dikeluarkan. Bangun pelan-pelan produk melalui beberapa cara. Mulai kenalkan, bangun branding, dan tentu yang paling penting jangan lupa suguhkan kualitas.

Customer marketing

Strategi customer marketing ini lebih ke bagaimana Anda mengenali pengguna, menjalin komunikasi dengan pengguna. Salah satu yang paling penting adalah menjaga hubungan baik dengan pengguna. Bisnis bisa mengambil beberapa informasi penting seperti kapan waktu efektif untuk promosi, saluran apa yang paling efektif, dan karakteristik pengguna. Cara-cara yang bisa lakukan adalah dengan memberikan pengumuman update produk via email atau media yang lainnya. Memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menuliskan review, menambahkan fitur referral, atau dan lainnya. [ds/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments