Trentech.id

Ini Dia Cara “Move On” Dari Kegagalan Startup

Jatuh bangunnya bisnis merupakan hal yang biasa terjadi dalam dinamika startup. Jika di awalberdirinya startup Anda yakin akan keberhasilan namun akhirnya terpaksa mengambil keputusan untuk gulung tikar karena berbagai alasan yang ada, jangan jadikan kegagalan tersebut alasan utama bagi Anda untuk melanjutkan impian Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika startup Anda gagal dan bagaimana cara yang tepat untuk dilakukan agar bisa kembali menjadi seorang entrepreneur tentunya dengan membangun bisnis yang baru.

Artikel berikut ini akan membantu Anda melanjutkan rutinitas dengan harapan bisa mengembalikan motivasi membangun bisnis yang baru, ketika baru saja mengalami kegagalan startup.

Terima kenyataan yang ada

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakui kegagalan yang ada dan menerima kenyataan apa adanya. Jangan menghindar atau menutupi kegagalan dengan alasan malu atau enggan, hal tersebut bisa menunda diri Anda untuk melangkah maju. Lupakan dengan cepat dan ambil semua pelajaran dari kegagalan tersebut sebagai bekal usaha Anda selanjutnya.

Bersosialisasi dengan lingkungan yang tepat

Yang perlu Anda ketahui adalah saat gagal membangun startup Anda tidak sendiri. Banyak juga penggiat startup yang terpaksa menutup startup mereka karena berbagai alasan yang ada. Untuk itu cara yang tepat untuk bisa berbagi pengalaman dan berkeluh kesah tentang kegagalan dari startup Anda yaitu dengan berkumpul dengan penggiat startup lainnya yang juga mengalami masalah dan kegagalan yang sama. Dengan demikian Anda bisa saling mengenal dan mempelajari kesalahan yang telah dilakukan oleh masing-masing startup.

Istirahat sejenak

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk membantu Anda move on dari kegagalan adalah dengan beristirahat sejenak dengan keluarga, teman dan orang yang Anda sukai. Dengan demikian Anda bisa melupakan kesalahan yang telah dilakukan dan kegagalan yang telah terjadi. Istirahatkan jiwa dan raga Anda untuk kemudian kembali beraktivitas membangun startup yang baru.

  Jalin Tali Silaturahmi Dengan Masyarakat Melalui Kegiatan Olahraga-Akademis Ala PrivatQ

Bersiap untuk kembali bekerja

Kegagalan bukan berarti Anda tidak bisa membangun kembali bisnis yang ada, jangan jadikan kegagalan menjadi alasan untuk enggan beraktivtas dan melanjutkan pekerjaan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah untuk kembali bekerja dengan memilih proyek yang tepat dan tentunya mencermati berbagai hal agar terhindar dari kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya.

Bersabar dan realistis

Bisnis yang bisa bertahan dan meraih kesuksesan adalah bisnis yang telah dibangun dalam waktu yang lama dan tentunya tidak secara instan. Untuk itu jangan memaksakan diri Anda dan berpikiran negatif ketika startup Anda gagal untuk melanjutkan bisnis dalam usia yang terbilang muda. Sudah banyak entrepreneur yang mengalami kegagalan di awal usaha namun kemudian bisa meraih kesuksesan setelah bertahun-tahun menjalankan usaha.

Belajar dan perluas wawasan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa kembali membangun startup baru adalah melakukan pembelajaran, mengikuti workshop, riset dan validasi terhadap ide atau produk yang akan Anda luncurkan. Dengan demikian Anda sudah memiliki bekal yang cukup dan tentunya dibutuhkan untuk bisa membangun startup yang baru. [ds/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements