fbpx
Trentech.id

Ini Dia 7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar

Mungkin kamu sering dengar kalimat “aturan dibuat untuk dilanggar”. Buat kamu yang gak sepakat, coba deh tengok saat kamu main video game. Apakah benar kamu gak pernah melanggar aturan-aturan di bawah ini? Yuk, simak!

1. Membaca dengan saksama perjanjian pengguna. Alih-alih dibaca, langsung tekan tombol “setuju” dan main!

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
thebuddyforum.com

Tahu dong seberapa banyak perjanjian pengguna yang harus dibaca. Kalau kamu baca dengan saksama mungkin butuh waktu kurang lebih sejam untuk menyelesaikannya. Isinya memang banyak kata-kata formal dan apa yang harus kamu perhatikan saat main game. Alih-alih dibaca, pasti pernah kan kamu langsung tekan tombol “setuju”? Belum lagi kalau sudah ngebet banget ingin main game baru. Mana ada waktu buat baca itu.

2. Membaca buku panduan manual, tapi bacanya yang penting-penting saja

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
rpg-ash.me.uk

Kalau kamu beli game fisik, biasanya akan ada buku panduan manual yang perlu kamu baca. Mulai dari sinopsis, pengenalan karakter, konfigurasi tombol, hingga petunjuk keamanan. Bukannya baca semua, pasti kamu baca yang penting-penting saja, terutama pengenalan karakter yang keren dan rupawan. Selebihnya, masuk lagi kotak game.

3. Tidak duduk dengan posisi dan jarak yang benar dari layar

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
unsplash.com/Glenn Carstens Peters

Main game memang gak bisa sebentar. Makanya, kamu perlu perhatikan cara duduk dan jarak matamu ke layar. Semua itu demi kesehatanmu juga. Namun, nyatanya, pernah kan seenaknya sendiri pas main game, mulai dari duduk yang menggelongsor sampai sambil tiduran. Belum lagi kalau lagi main kamu harus melihat detail karakter atau item. Pasti kamu pernah memandang layar terlalu dekat.

  Ini Dia 20+ Game Android Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Tanpa Internet

4. Ada aturan kecerahan layar, tapi pasti diatur sesukanya bukan?

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
ytimg.com/Nier: Automata

Kalau main game, pasti kamu pernah lihat pengaturan kecerahan layar game yang perlu kamu sesuaikan. Biasanya kamu akan disuguhi dua buah gambar yang disandingkan: satu kamu buat agar gak tampak dan satu lagi agar bisa tampak. Namun, nyatanya pasti kamu pernah cuek saja. Malah bisa jadi kamu terangkan semaksimal mungkin agar semuanya terlihat cerah. Ayo, ngaku!

5. Tidak mengambil istirahat setelah sejam main

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
pbs.org

Idealnya, kamu harus beristirahat 15 menit setiap satu jam kamu main game. Meski begitu, pasti kamu pernah kan lupa waktu kalau lagi seru-serunya main? Jangankan istirahat, tekan tombol pause saja pasti gak mau.

6. Bermain di ruangan yang gelap, sambil ditutupi selimut. Setuju?

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
unsplash.com/Victoria Heath

Main di ruangan yang terang adalah hal yang wajib demi kesehatan matamu. Sinar biru yang terpancar dari layar game milikmu punya efek yang buruk, terutama di ruangan gelap. Meski begitu pernah kan main di ruangan gelap? Kontras game dan detail game memang lebih terlihat jelas kalau ruangan gelap. Belum lagi sinar matahari atau lampu yang terpantul ke layar itu ganggu banget. Yah, ala-ala bioskop gitu kalau gelap. Meski begitu, kamu harus tahu kalau bioskop itu pakai proyektor, bukan layar. Jadi, masih aman buat mata.

7. Tidak memperhatikan rating usia pada game

7 Aturan Main Game yang Pasti Pernah Kamu Langgar
pinimg.com

Pasti pernah kan waktu kecil kamu main game yang gak sesuai usiamu. Dulu, di Indonesia mungkin belum ada regulasinya untuk menentukan game berdasarkan usia, tapi kamu tahu kan ada simbol-simbol yang tertera pada kotak kaset itu untuk kamu patuhi. [idn/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements