fbpx
Trentech.id

Ini Dia 13 Startup yang Mengikuti Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gelombang pertama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital telah mencapai tahap akhir. Pada bulan Januari hingga April 2017, gerakan yang diprakarsai oleh Kibar serta didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut mencapai tahap inkubasi di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

Diikuti oleh 38 startup pada awalnya, tahap inkubasi tersebut akhirnya melahirkan 33 startup yang diharapkan akan siap untuk menjalankan bisnis di dunia nyata. Tiga belas di antaranya kemudian terpilih untuk mengikuti Demo Day yang diadakan pada tanggal 26 April 2017 ini.

Berikut adalah tiga belas startup yang terpilih untuk mengikuti Demo Day tersebut. Sebagai informasi, mayoritas startup ini masih dalam tahap tes serta pengembangan, dan baru akan meluncur ke publik dalam waktu beberapa bulan ke depan.


Jakarta

Xparring

Xparring | Screenshot

Xparring adalah layanan yang bisa membantu para pencinta olahraga bulu tangkis untuk mencari lawan tanding berlokasi dekat dengan mereka. Lewat layanan yang disediakan Xparring, kamu pun bisa langsung memesan tempat untuk bertanding bulu tangkis.

Untuk mendapat pemasukan, Xparring mengambil komisi sebesar lima hingga sepuluh persen dari transaksi pemesanan lapangan bulu tangkis yang terjadi lewat platform mereka.


Ajarin

Ajarin adalah aplikasi mobile yang bisa membantu para orang tua untuk menemukan, mengembangkan, dan menyalurkan bakat anak yang berusia empat hingga enam belas tahun. Mereka bisa membantu para orang tua untuk menemukan tutor yang sesuai dengan bakat anak, dan mengambil komisi sebesar sepuluh persen.


Panggilin

Panggilin | Screenshot

Panggilin adalah layanan yang bisa menghubungkan kamu dengan para pekerja serabutan yang bisa memberikan layanan jasa. Mereka hanya menampilkan para pekerja yang lokasinya dekat dengan kamu, dan akan mengambil komisi sebesar sepuluh persen dari setiap transaksi yang berlangsung di platform mereka.

  Buat CV Online Cepat dan Praktis dengan BikinCV

Goodjob

GoodJob adalah layanan yang bisa menghubungkan kamu dengan para penyedia jasa secara online. Serupa dengan aplikasi Seekmi, mereka juga akan menginformasikan harga sebelum kamu melakukan pemesanan.

Mereka berniat untuk fokus menyediakan layanan perbaikan AC di pasar B2B, meski di awal kemunculannya masih memungkinkan pengguna individu untuk menggunakan layanan mereka.


Roocare

Roocare adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan anak di bawah usia enam tahun. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus terlebih dahulu memasukkan profil anak, seperti jenis kelamin dan usia. Kemudian, kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan yang nantinya akan menghasilkan diagnosis medis terkait kondisi anak tersebut.

Roocare pun melengkapi aplikasi mereka dengan artikel-artikel kesehatan. Untuk mendapat pemasukan, mereka mengandalkan iklan yang dipasang di artikel tersebut, dan penjualan alat-alat kesehatan seperti termometer.


Surabaya

Jahitin

Jahitin | Screenshot

Jahitin adalah layanan yang bisa menghubungkan kamu dengan para penjahit berkualitas. Kamu bisa mengirim desain baju yang kamu inginkan, dan para penjahit yang tergabung dengan Jahitin bisa menjahitkan pakaian sesuai dengan desain tersebut. Model bisnis seperti ini sebelumnya telah dijalankan oleh startup asal Depok, Kostoom.


Agendakota

AgendaKota adalah aplikasi yang ingin memudahkan kamu untuk mengetahui jadwal event di berbagai kota, serta memesan tiket untuk mengunjungi event tersebut. Demi membedakan dengan aplikasi sejenis, mereka berusaha menghadirkan event khusus yang tidak bisa kamu temukan di aplikasi serupa lainnya.


 Qtaaruf

Qtaaruf | Screenshot

Qtaaruf adalah layanan pencarian jodoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai islam. Untuk bergabung dengan layanan ini, kamu harus mengirimkan data diri (CV) yang nantinya akan diteliti oleh seorang ustaz. Proses perkenalan dengan calon pasangan pun akan difasilitasi oleh ustaz tersebut.

Untuk mendapat pemasukan, mereka menghadirkan akun premium yang memungkinkan pengguna untuk mendapat bimbingan pra nikah tambahan.

  Tokopedia Launching Layanan Umroh Melengkapi Tokopedia Salam

Karapan

Karapan adalah startup yang menghadirkan solusi end to end dalam bisnis peternakan sapi. Selain menghadirkan software yang bisa membantu para peternak dalam mengelola peternakan, mereka juga membuat aplikasi yang bisa menghubungkan para peternak dengan calon pembeli daging sapi, serta para investor yang ingin menginvestasikan dana dalam bisnis peternakan sapi.


Yogyakarta

Adsiconic

Adsiconic | Screenshot

Adsiconic adalah sebuah startup yang ingin menghadirkan iklan di bodi kendaraan bermotor. Model bisnis mereka sama persis dengan startup seperti Ubiklan, Promogo, Sticar, hingga KarAds yang juga telah beroperasi di tanah air.

Untuk menghitung jarak yang ditempuh kendaraan, mereka memanfaatkan GPS yang ada di dalam smartphone pengguna. Adsiconic pun melirik peluang untuk memasang iklan di jaket para pengendara motor.


Sweep

Sweep adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membeli makanan yang tidak terjual di berbagai restoran pada sore hari dengan harga diskon. Mereka akan mengambil komisi sebesar sepuluh persen dari setiap transaksi yang terjadi di platform mereka.


Kooliah

Kooliah | Screenshot

Kooliah adalah aplikasi belajar online yang memungkinkan para calon mahasiswa untuk mencoba belajar di sebuah jurusan tertentu. Dengan bantuan psikolog yang bekerja sama dengan Kooliah, para calon mahasiswa tersebut akan bisa mengetahui jurusan yang sesuai untuk mereka.


FatAway

FatAway adalah aplikasi mobile yang bisa membantu kamu menghitung kalori dari makanan yang dikonsumsi. Mereka juga bisa memberikan saran makanan sekaligus layanan katering yang bisa membantumu mendapat makanan sesuai dengan skema diet kamu. [tia/ap]

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment