fbpx
Trentech.id

Coba Terapkan Empat Hal Berikut untuk Menarik Minat Developer Perempuan

Saat ini masih banyak startup yang kesulitan untuk menemukan developer perempuan. Mulai dari kurangnya minat dari kalangan perempuan untuk berkarier menjadi seorang developer, hingga belum adanya kesempatan hingga masih minimnya peluang untuk developer perempuan mengembangkan karier. Artikel berikut ini akan membahas 4 hal penting yang wajib dicermati oleh startup, jika berniat untuk menambah jumlah developer perempuan dalam tim.

Perhatikan jumlah developer perempuan

Salah satu alasan pada akhirnya developer perempuan tertarik untuk bekerja di sebuah startup adalah jumlah developer yang saat ini ada. Semakin sedikit jumlah developer yang ada, semakin besar keraguan dari calon developer perempuan tersebut untuk mencoba. Rekrutlah developer perempuan lebih banyak dalam tim Anda, dan ciptakan kolaborasi yang positif agar bisa menarik lebih banyak minat para developer perempuan.

Lingkungan kerja yang nyaman

Saat ini kultur perusahaan, fasilitas yang lengkap sudah menjadi pemandangan yang umum di sebuah startup. Namun demikian jika tidak didukung dengan suasana kerja yang hangat serta kolaborasi yang solid akan menjadi percuma dan tentunya kurang ampuh untuk menarik perhatian developer perempuan. Jika Anda ingin merekrut lebih banyak developer perempuan, pastikan suasana kerja dalam tim akrab dan ciptakan relasi yang positif.

Berikan promosi dengan adil

Berikan kesempatan, penghargaan hingga promosi yang adil bukan hanya untuk developer pria namun juga perempuan. Sampaikan secara langsung jika ada kesalahan yang dibuat atau penghargaan jika kinerja yang baik. Pada umumnya pekerja perempuan, enggan untuk menanyakan perihal promosi, kenaikan gaji dan hal terkait lainnya kepada atasan. Untuk itu jika memang developer perempuan tersebut memiliki skill dan kemampuan di atas rata-rata, berikan promosi yang layak untuk mereka.

  Kumpulan Situs Pencari Kerja Terpopuler di Indonesia

Berikan dukungan

Menjadi kaum minoritas dalam sebuah startup sudah menjadi hal yang biasa dialami oleh developer perempuan. Untuk mengimbangi hal tersebut berikan dukungan kepada developer perempuan dengan menunjukkan pendekatan hingga aksi yang positif dan tentunya memberikan impact kepada developer perempuan. Dengan demikian meskipun kalah jumlahnya dibandingkan dengan developer pria, para developer perempuan bisa tetap nyaman bekerja. [ds/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements