Block Developer Learning Program Hasilkan Ide Ide Menarik Use Case Aplikasi Blockchain

Block Developer Learning Program Hasilkan Ide Ide Menarik Use Case Aplikasi Blockchain
5/5 - (2 votes)

Pada tanggal 23 November 2020 yang lalu, Block Developer Learning Program 2020 (BDLP 2020) telah resmi berakhir. Tim Vexanium dan Nodes Community bekerja sama dengan Universitas Raharja untuk membuat program yang memberikan kurikulum pembelajaran teknologi blockchain dari segi teori dan praktis. 

Program yang berfokus untuk mengembangkan pengetahuan mahasiswa Indonesia mengenai aplikasi blockchain secara nyata ini diikuti oleh 18 mahasiswa yang telah terdaftar secara eksklusif sebagai trainee. Dengan dibimbing oleh ahli blockchain dan programmer aplikasi blockchain, program ini berjalan selama kurang lebih tiga bulan dengan total 14 pertemuan.

Program ini dibagi menjadi empat segmen, yaitu: Pengantar Blockchain, Cara Kerja Blockchain, Cara Membuat Aplikasi Blockchain, dan Presentasi Use Case Blockchain. Segmen pertama dan kedua dibimbing oleh ahli blockchain untuk membicarakan mengenai hal-hal dasar yang perlu diketahui mengenai teknologi blockchain. Segmen ketiga dibimbing oleh programmer aplikasi blockchain yang sudah pernah membuat kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi untuk menunjukan secara langsung mengenai cara pembuatan aplikasi blockchain. Kemudian di segmen terakhir merupakan tugas dari partisipan yang telah dibagi menjadi 3 kelompok untuk mempresentasikan use case aplikasi blockchain yang telah mereka susun.

Pada segmen terakhir, masing–masing kelompok: telah mempresentasikan mengenai ide proyek berbasis blockchain yang berisikan: latar belakang, tujuan, nilai, alur kerja, alur sistem, tampilan prototype alur UI/UX aplikasi, dan keunggulan aplikasi blockchain yang dimiliki. Dari hasil presentasi yang ada berhasil menghasilkan ide-ide use case blockchain yang sangat menarik, seperti penerapan sistem gamifikasi pada penilaian hingga sistem pencegahan plagiarisme untuk tugas-tugas sekolah maupun kampus.

Namun, dari sisi alur sistem masih perlu pengembangan ide selanjutnya dan diskusi lebih intens. Jadi Tim Vexanium akan melanjutkan diskusi dengan tim-tim yang memiliki ide aplikasi blockchain yang menarik sehingga ke depannya bisa direalisasikan menjadi aplikasi nyata.

Block Developer Learning Program Hasilkan Ide Ide Menarik Use Case Aplikasi Blockchain

Masing–masing peserta mendapat e-certificate BDLP 2020 sebagai bentuk apresiasi karena telah menjadi trainee di program ini. Harapannya, ke depannya Vexanium dan Nodes Community dapat bekerjasama dengan kampus/institusi lainnya guna mengembangkan misi edukasi mengenai teknologi blockchain di Indonesia. Melalui program BDLP ini diharapkan bisa terus mengevaluasi dan memperkaya materi mengenai teknologi blockchain yang mudah dimengerti dan bisa diaplikasikan secara nyata.

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments