fbpx
Trentech.id

Bagaimana Startup Menyikapi Pemberitaan Pendanaan Awal

Bagi sebuah startup, pendanaan awal (seed funding) dapat menjadi sebuah embrio pengembangan bisnis yang lebih luas. Pendanaan awal berarti terbentuknya sebuah trustantara startup dengan perusahan atau venture capitals yang mendanai, biasanya dilandasi oleh keyakinan bahwa produk atau solusi yang dikembangkan memiliki potensi untuk menjadiprofitable. Dalam sebuah publikasi, Vice President NextView Jay Acunzo, sebuah venture capitalyang banyak memberikan pendanaan bagi startup, memberikan pencerahan bagi startup dalam menanggapi pendanaan awal dalam perspektif media.

Pengumuman pendanaan mengukir cerita sepak terjang startup

Pertama yang harus disadari ialah bahwa pengumuman pendanaan ini di media menjadi sebuah cerita. Sadari juga bahwa perspektif tiap orang berbeda. Menariknya sebuah cerita di media mungkin juga dapat berpengaruh pada kelancaran penggelontoran dana. Untuk menyiasatinya, founder harus proaktif dan jeli bekerja sama dengan tim relasi publik dalam penentuan waktu penyebaran rilis dan mengarahkan cerita.

Terdapat filosofi berbeda, yang dipandang berbeda pula, dalam kaitannya dengan pengumuman pendanaan. Contohnya, beberapa startup bersama dengan pengumuman sebuah pendanaan awal membarenginya dengan rencana perekrutan tim, menyampaikan momentum peluncuran produk/solusi, menyiapkan ‘kode-kode’ untuk putaran pendanaan versi berikutnya dan lain-lain. Atau lebih ke arah apa saja yang akan dibelanjakan dengan pendanaan yang didapat.

Ada juga yang membarengi pemberitaan tersebut dengan hal lain, yang dianggap lebih berpengaruh, seperti pengangkatan eksekutif baru, perluasan pangsa pasar, spin-off bisnis, produk baru dan lainnya. Di sini startup justru ingin memanfaatkan pengumuman pendanaan untuk menyampaikan pemberitaan yang lebih penting. Nyatanya pemebritaan tentang pendanaan memang menjadi sebuah magnet bagi media.

Pemberitaan media membentuk track record startup kepada publik

Selalu ada pilihan untuk dipilih setiap tindakan, ada yang memilih untuk menyembunyikan atau memberitakannya secara sekilas, namun yang perlu menjadi catatan adalah baik bagi sebuah bisnis fase awal untuk memiliki track record publik dengan menghasilkan beberapa pemberitaan di media. Ini penting untuk menumbuhkan keyakinan, baik bagi mitra bisnis ataupun pelanggan, setidaknya mereka tahu tentang bagaimana tim bekerja sehingga meraih pencapaian tersebut.

  Raih Indonesia Best Brand Awards 2018, Tagtoo Siap Matangkan Periklanan Digital Indonesia

Ketakutan tersebut seringkali berkaitan dengan sulitnya mengontrol banyaknya perspektif media. Terlebih jika mitra perusahaan yang memberikan pendanaan terlihat akan andil dalam menggerakan bisnis startup, isu-isu seperti tidak fokus pada tujuan awal dan hilangnya idealisme mungkin akan disorot di sana-sini. Di sini kadang founder memilih untuk tidak mempublikasikan pendanaan awal yang didapat. Sekali lagi, founder harus bekerja lebih keras bersama tim relasi publik untuk menggodoknya, dan menjadikan media sebagai amunisi kesuksesan.

Dampak di lingkup internal startup akan lebih terasa, ini harus menjadi perhatian penting

Yakinilah bahwa akan terdapat dampak yang lebih besar dari sisi internal startup ketimbang di lingkungan eskternal. Mengumumkan sebuah pencapaian kepada media erat kaitannya dengan bagaimana tim pemasaran membuat sebuah breakthrough. Saluran media masa dapat membuat tim pemasaran harus bekerja lebih keras, mungkin melakukan klarifikasi, atau justru memikirkan startegi untuk membuat momentum tersebut untuk menumbuhkan pangsa pasar dan pelanggan.

Dan yang harus menjadi perhatian adalah bahwa pengumuman pendanaan ter-cover oleh pemberitaan teknologi, perlu untuk disadari bahwa tidak semua pelanggan spesifik menikmati pemberitaan teknologi.

Memberikan porsi terima kasih kepada investor

Ini bukan berarti startup ‘harus menyebut mereka di rilisnya’. Justru yang paling penting, dalam pengumuman pendanaan tersebut lebih kepada visi ke depan yang meyakinkan investor tentang bagaimana startup akan melakukan eksekusi dana untuk kemajuan bisnis. Menyikapi pengumuman pendanaan dengan kerangka kerja dan harapan yang tepat dapat membantufounder lebih tepat mengalikasikan energi untuk hal yang benar di waktu yang tepat pula. Jika dilaksanakan dengan baik, pengumuman pendanaan dan kesuksesan sebuah startup memang bisa saling berkorelasi. [ds]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements