fbpx
Trentech.id

Apa Saja Lima Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Produk Startup

Kehadiran startup dengan berbagai ide dan inovasi, ternyata mampu memberikan inspirasi kepada orang banyak untuk menciptakan layanan atau produk yang beragam. Salah satu kesuksesan dari berbagai layanan startup yang ada saat ini adalah kemampuan mereka untuk mewujudkan ide yang dimiliki menjadi sebuah produk atau layanan langsung kepada publik. Kebanyakan dari mereka tidak menunggu waktu yang lama dan fokus untuk segera membuat produk atau layanan tersebut.

Jika saat ini Anda telah memiliki ide bisnis yang cukup layak dan berpotensi untuk dikembangkan, artikel berikut ini akan membantu Anda menentukan langkah selanjutnya.

Tentukan target

Sejak awal Anda harus bisa menentukan target yang ingin dicapai, apakah fokus utama untuk membuat desain terlebih dahulu atau membuat kerangka untuk front-end, membuat code terlebih dahulu atau fokus kepada akuisisi pelanggan dan penjualan. Tentukan target sejak awal, hindari berbagai gangguan yang ada, yang akan berakibat gagalnya Anda membuat produk. Dengan melakukan hal tersebut, secara perlahan Anda bisa memulai pekerjaan sehingga tahap selanjutnya bisa dilakukan dengan lancar.

Tetap fokus

Kebanyakan sebuah produk akhirnya gagal untuk diluncurkan dikarenakan mulai berkurangnya motivasi yang ada. Agar terhindar dari rasa jenuh dan akhirnya enggan untuk melanjutkan pembuatan produk adalah dengan membuat daftar target yang bisa membantu Anda menjaga momentum agar bisa mewujudkan target. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menceritakan proyek tersebut kepada keluarga hingga teman Anda. Hal tersebut ternyata dinilai ampuh untuk mendapatkan kritikan dan masukan yang positif terkait dengan produk yang sedang dibuat.

Temukan solusi dari masalah yang ada

Produk yang baik dan bakal diterima dengan oleh publik adalah produk yang memiliki kemampuan untuk mengurai masalah yang ada. Agar nantinya produk Anda tidak menjadi sia-sia, temukan solusi yang terbaik untuk semua masalah yang kerap ditemui oleh masyarakat. Lakukan analisa mendalam dari berbagai perspektif.

Contoh sederhana adalah Instagram, sekilas Instagram tidak memberikan solusi yang langsung kepada pengguna, namun dengan cerdas Instagram merupakan platform yang mudah dan menyenangkan untuk berbagi foto dan informasi terkini antar teman hingga keluarga. Semakin besar potensi produk untuk mengatasi masalah, semakin mudah nantinya Anda mendapatkan pengguna.

Jauhkan keraguan yang ada

Seringkali produk atau layanan gagal untuk diluncurkan karena pemilik masih memiliki keraguan yang cukup besar terhadap produk atau layanan yang dimiliki. Jauhkan pikiran Anda dari hal-hal yang negatif dan rasa khawatir akan penolakan dari calon investor atau pihak terkait lainnya. Belajar dari Brian Chesky pendiri Airbnb yang pada saat awal mendirikan Airbnb, kerap mendapatkan penolakan dari investor karena ide bisnis yang dinilai kurang menguntungkan. Jika Anda yakin produk atau layanan memiliki masa depan yang cerah, lanjutkan proses pembuatan produk.

Minta bantuan

Ketika Anda mengalami kendala atau terhambat dalam sebuah proses pembuatan produk atau layanan, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang lain secara langsung atau online. Temukan komunitas atau forum yang sesuai, dan sampaikan masalah Anda dengan mereka. Dari pengalaman yang ada, cara tersebut mampu untuk membantu Anda mendapatkan feedback hingga menemukan solusi. [ds/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments