fbpx
Trentech.id

Apa Definisi Hacker Menurut Mark Zuckerberg?

Istilah ‘hacker’ saat ini secara umum selalu dilihat dengan konteks yang negatif. Tidak dapat disangkal lagi kontribusi media yang menggambarkan sosok hacker sebagai seorang yang melakukan kejahatan menjadi hal yang cukup berpengaruh dalam pandangan masyarakat. Baru-baru ini pendiri Facebook Mark Zuckerberg membagikan tulisannya yang ia tulis pada tahun 2012 tahun dimana Facebook baru dapat dinikmati oleh khalayak publik.

Zuckerberg juga mengakui bahwa faktanya istilah hacker telah menjadi konotasi negatif yang di sematkan secara ‘tidak adil’ kepada orang yang masuk tanpa izin kepada suatu mesin milik seseorang.

hacker

“Dalam realitasnya, aktifitas hacking berarti membangun sesuatu dengan cepat atau mencoba batas-batas dari apa yang bisa dilakukan.” kata pendiri Facebook ini.

“Seperti kebanyakan hal, aktifitas hack-pun dapat digunakan untuk kebaikan ataupun kejahatan, namun kebanyakan dari hacker yang pernah saya temui merupakan orang idealis yang ingin memberikan dampak positif pada dunia.” sambungnya.

Pemahaman tentang kata ‘hacker’ pun kini telah berubah dari seseorang yang hidup terisolasi duduk di depan komputer, menyelinap dalam kehidupan orang lain atau mencuri data rahasia sampai menjadi seseorang yang mencoba mendapatkan sesuatu dengan cepat dan efesien.

Menurut Zuckerberg, aktifitas hacking sesuatu yang “sangat melekat pada pengalaman praktek dan displin yang tinggi.” Pertama seorang hacker akan membangun sebuah prototipe dari sebuah ide untuk melihat apakah bekerja atau tidak dibanding melihat kemungkinan keberhasilan. Mereka fokus pada hal detail, bekerja pada perulangan yang kecil. Akhirnya menghasilkan produk atau layanan yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Dan untuk melakukan hal tersebut, Facebook memiliki ribuan kerangka pengujian di mana ribuan versi facebook siap diperiksa dalam waktu kapan saja.

Semua yang dikatakan di atas merupakan gambaran positif dari sosok seorang hacker. Sejauh ini versi negatif yang telah banyak diketahui, beberapa orang lebih nyaman menyebut mereka cracker.

Zuckerberg percaya budaya hacker telah ada sejak lama, sebagian besar di asosiasikan dengan pemrograman komputer. Kita dapat mencium keberadaan budaya hacker ini sejak 1960 ketika serangkaian lelucon terjadi pada MIT.

Orang yang menyebut diri mereka sebagai hacker mencoba untuk menunjukkan kemampuan intelektual mereka melalui serangkaian aktifitas bernilai hacking. Dan itu termasuk melakukan sesuatu yang orang lain pikir itu mustahil.

hacker

Sejauh ini definisi hacker tentang yang telah didokumentasikan oleh jargon ialah “seorang yang senang menjelajahi tiap detail sistem yang diprogram dan merentangkan kemampuan mereka, berlawanan dengan kebanyakan pengguna, seseorang yang lebih memilih belajar hanya minimum dari yang diperlukan.”

Juga telah diketahui definisi hacker yang diberikan oleh jargon file tidak dapat disebut resmi dalam glossary teknologi namun jargon file cukup memiliki pengaruh sejak keberadaannya. Jadi adakah diantara kamu yang tertarik dengan bidang ini? khususnya bidang keamanan sistem. [cp/ap]

Indra Nugraha

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments