fbpx
Trentech.id

Ini Dia 7 Games Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Ada Favoritmu Di Sini?

Sepertinya saya menyadari bahwa sudah sering kali saya bilang industri game merupakan industri yang mengalami pergerakan sangat cepat dan menjadi Games Paling Berpengaruh. Dulu kita hanya disajikan oleh grafis 8 bit yang tidak indah. Tapi sekarang, grafis yang bisa kalian nikmati resolusinya sudah 4K!

Tentu perubahan tersebut tak terdorong begitu saja. Pasti ada pengaruh yang membuat industri game akhirnya bergerak maju hingga akhirnya menjadi canggih seperti sekarang. Selain faktor di luar game itu sendiri, tentu ada juga dong faktor pengaruh dari sesama game. Game tersebut saling mempengaruhi satu sama lain hingga akhirnya muncul pola baru dan inovasi baru.

Inovasi dan pergerakan ini muncul akibat adanya persaingan, sehingga developer pada akhirnya saling memutar otak untuk membuat game yang belum pernah ada sebelumnya. Kali ini pembahasan seru yang bakal dibahas adalah mengenai video game paling berpengaruh sepanjang masa. Kira-kira apa saja ya?

1. Tecmo Super Bowl (1991)

Tecmo Super Bowl merupakan game yang paling keren dan dikenang, bahkan hingga saat ini. Game yang satu ini merupakan game olahraga pertama yang memuat lisensi lengkap! Bahkan hingga asosiasi pemain itu sendiri.

Tak sampai di situ, statistik di game ini juga sangat mendalam di masanya. Terobosan yang dilakukan oleh Tecmo Super Bowl dengan memasukkan lisensi pemain, liga, dan sebagainya menginspirasi game-game hingga saat ini. Hingga sekarang kita banyak melihat game-game dengan lisensi lengkap seperti NBA2K atau FIFA.

Hingga sekarang nama Tecmo Super Bowl tetap menjadi legenda. Bahkan di internet, game yang satu ini banyak dianggap salah satu game terbaik yang pernah dibuat.

2. Alone in the Dark (1992)

Memang saat ini Alone in the Dark namanya tak terdengar seperti dulu lagi. Bahkan saya sendiri sangat rindu dan ingin tahu bagaimana kabar game yang satu ini. Dengan genre survival horornya, percayalah bahwa Alone in the Dark merupakan salah satu video game paling berpengaruh sepanjang masa.

Game ini pertama kali diciptakan di tahun 1992 dan kalian bisa memilih salah satu dari dua karakter yakni Edward Carnby dan Emily Hartwood. Kamera di game ini sudah 3D persis seperti Resident Evil di masa lalu. Game ini dulu sangat menyeramkan dan menjadi standar gamer pemberani.

Dengan mekanisme yang dimilikinya, Alone in the Dark menjadi tonggak berkembangnya game-game horor. Tapi sayang, game ini harus berakhir tragis karena namanya sudah tak bergaung seperti dulu.

3. Street Fighter II: The World Warrior (1991)

Street Fighter I memang menjadi warisan untuk lahirnya Street Fighter kedua. Tapi karena kontrolnya begitu buruk, maka hingga saat ini hanya sedikit orang saja yang mengakui Street Fighter I adalah game yang bagus. Malah game itu kalah dari sekuelnya yakni Street Fighter II.

Game yang satu itu berhasil melakukan banyak improvisasi yaitu kontrolnya lebih halus dan banyak sekali jurus-jurus variatif yang bisa kalian keluarkan. Dengan berubahnya kontrol di game itu, maka banyak gamer yang akhirnya kecanduan dan menganggap bahwa game itu merupakan game yang sangat kompetitif.

Sebagai game fighting yang sempurna, Street Fighter II layak dianggap sebagai video game paling berpengaruh sepanjang masa. Bahkan dipercaya game-game fighting modern yang lahir saat ini banyak terinspirasi karena Street Fighter II yang tampil sangat sempurna.

4. Metal Gear Solid (1998)

Hideo Kojima harus diakui merupakan salah satu pembuat game paling jenius yang pernah ada. Dengan imajinasinya, ia membangun sebuah game yang ikonik bahkan hingga saat ini dan game itu tak lain adalah Metal Gear Solid. Game ini berkisah seorang agen rahasia dan juga berbagai macam hal-hal yang berbau intelijen.

Di sini banyak adegan-adegan gila yang diperlihatkan. Cerita juga menjadi bumbu yang sangat sedap di game ini. Kalian yang suka game aksi pasti ketagihan bermain game yang satu ini gan. Mengedepankan stealth gameplay atau membunuh musuh secara sembunyi membuat game ini menjadi salah satu video game paling berpengaruh sepanjang masa.

Ya, game-game sepertiu Splinter Cell dan Assassin’s Creed juga menggunakan mekanisme stealth yang luar biasa. Oiya, Metal Gear Solid juga menelurkan sejumlah game spin-off yang cukup sukses dan patut kalian coba.

5. GuitarFreaks (1999)

Source: Youtube

Jika kalian berpikir bahwa Guitar Hero merupakan game musik pertama yang punya tombol berwarna untuk dipencet, ternyata mereka terinspirasi dari Guitar Freaks. Game yang rilis untuk console arcade ini memang sangat keren sehingga mampu menginspirasi banyak developer untuk membuat game serupa.

Dalam game itu kalian benar-benar bisa terlihat seperti seorang anak band yang memainkan berbagai genre musik mulai dari genre barat hingga genre musik Jepang. Barulah kemudian muncul Guitar Hero dengan berbagai macam perangkatnya seperti guitar yang terkenal itu misalnya.

6. Wolfenstein 3D (1992)

Bagi gamer baru, mungkin mereka bakal berpikir bahwa Wolfenstein merupakan game baru. Tapi percayalah, game ini merupakan game lawas dan salah satu video game paling berpengaruh sepanjang masa. Game yang satu ini pertama kali diluncurkan tahun 1992 bertajuk Wolfenstein 3D.

Wolfenstein 3D sendiri merupakan game yang digadang-gadang sebagai ayah dari genre first person shooter atau game tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Game ini juga memiliki mekanisme senjata serta paket penyembuh yang banyak digunakan game-game kekinian. Wolfenstein 3Dini menjadi inspirasi game-game FPS kekinian yang biasa kita mainkan.

7. Super Mario Bros. (1986)

Video game paling berpengaruh sepanjang masa selanjutnya adalah Super Mario Bros. Game yang satu ini memiliki mekanisme gameplay yang simpel namun membekas di hati. Lebih dari itu, Mario Bros sendiri menjadi sebuah maskot yang akhirnya memicu lahirnya maskot-maskot terkenal setelahnya.

Mario Bros sendiri merupakan bukti keberhasilan Shigeru Miyamoto dalam meracik maskot. Musik di game ini disukai, sosok Mario sendiri juga disukai, dan gameplaynya juga cukup menantang. Game Mario Bros sendiri akhirnya memiliki warisan game-game Mario Bros lainnya.

Lebih dari itu, meskipun sosok yang satu itu sudah tak nyaring terdengar seperti dulu. Tapi pesonanya tetap tak pudar dan menjadi maskot yang bakal diingat oleh para gamer zaman sekarang maupun zaman dulu.


Nah, sepertinya itulah tujuh video game paling berpengaruh sepanjang masa. Game-game di atas memang menjadi masterpiece sekaligus pendorong perubahan industri game ke arah yang saat ini kita kenal. Buat saya sendiri, bila tidak ada ketujuh game tersebut, bukan tidak mungkin perubahan industri games bakal secepat ini.

Tapi tentunya yang namanya pioneer tidak selalu awet karena bagaimanapun roda terus bergerak. Buat saya pribadi, Alone in the Dark adalah yang paling membekas di hati sebagai salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa. [dk/ap]

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment