Trentech.id

5 Fakta yang Mungkin Kamu Belum tahu Tentang Jack Ma

Dikenal sebagai salah sosok yang menginspirasi, ternyata banyak hal yang telah dilalui oleh Jack Ma, pendiri Alibaba. Berbagai liku kehidupan ia lewati. Ini membuatnya menjadi pribadi yang kuat dalam membesarkan layanan e-commerce tersohor Cina tersebut. Alih-alih bersantai menikmati kerja kerasnya, Jack Ma justru memilih meninggalkan kariernya saat ia berada di puncak kesuksesan.

Ia pun kini dikenal sebagai salah satu orang berpengaruh di dunia. Bahkan Indonesia secara khusus meminta pria kelahiran 52 tahun silam ini untuk menjadi penasihat terkait e-commerce Indonesia.

Bagaimana perjalanan Jack Ma sebelum akhirnya meraih kesuksesan seperti saat ini? Berikut adalah lima hal yang perlu kamu tahu tentang dirinya.

Jack Ma sering gagal dalam pelajaran

Ma bisa dibilang bukan siswa yang memiliki prestasi cemerlang. Seringkali ia mendapatkan nilai jelek untuk mata pelajaran matematika. Ia juga pernah gagal dalam tes untuk masuk universitas. Alhasil, Jack Ma pun terpaksa masuk ke universitas dengan reputasi paling buruk di kota kelahirannya.

Bukan seorang coder dan tanggap teknologi

Meski memiliki perusahaan teknologi terbesar di dunia, Jack Ma bukanlah orang yang paham teknologi. Justru sebaliknya, ia dilatih untuk menjadi seorang guru dan tidak tahu apa-apa tentang teknologi. Satu-satunya hal yang bisa ia lakukan yaitu menggunakan komputer untuk menerima dan mengirim email serta  berselancar di internet.

Pecinta seni bela diri

Sebagai seorang CEO sukses, Jack Ma membentuk dirinya melalui berbagai aspek. Salah satunya lewat seni bela diri dan novel yang bertemakan kungfu. Ini menjadi pedomannya dalam membuat strategi bisnis. Menurutnya, hal tersebut mampu membentuk idelismenya untuk terus maju di jalan yang lurus. Di sisi lain, jika terlahir kembali, Jack Ma sangat ingin menjadi seorang tentara militer.

  Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

Memiliki bakat aksi panggung

Jack Ma | Screenshot 1

Jack Ma memiliki keturunan darah seni dari kedua orang tuanya yang merupakan pemain pingtan, kesenian asal Cina. Hal tersebut membuatnya sangat lihai dalam menampilkan performanya di depan umum. Berbagai konferensi internasional mengundangnya menjadi pembicara. Salah satunya diskusi panel Clinton Global Initiative di New York.

Fokus di lingkungan dan pendidikan

Setelah memilih untuk mengundurkan diri dari CEO Alibaba, Jack Ma mulai fokus meningkatkan kesadaran akan lingkungan dan pendidikan, salah satunya terkait polusi yang terjadi di Cina. Permasalahan tersebut membuatnya ingin berperan aktif guna menghindari dampak buruk yang mungkin muncul sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang.

Meski demikian, Jack Ma masih memantau perkembangan Alibaba dengan menjadi pimpinan eksekutif dan salah satu pemegang saham terbesar.

Pengalaman Ma membuktikan bahwa sukses bisa diraih saat kamu mau berusaha menjadi yang terbaik. Jack Ma merupakan sosok inspiratif yang membuat kamu menghargai perjuangan demi mencapai mimpi. [tia/ap]

Advertisements

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements