fbpx
Trentech.id

Meetup STARTUP LOKAL V.69, Raih Peluang Bisnis di Industri Pariwisata Indonesia

Meetup Startup Lokal V.69 bertajuk “The Trend of Travel Startup”menampilkan dua startup travel, Tripvisto dan Indonesia Flight, yang berbagi cerita tentang aksi meraih peluang bisnis di industri pariwisata Indonesia.

Sukar disangkal industri pariwisata di tanah air terus berkembang pesat. Berbagai tempat wisata Indonesia sangat penuh daya tarik seperti wilayah pantai dan laut, hamparan pegunungan serta wisata di daerah pedalaman yang kaya dengan warisan seni dan budaya tinggi.

Tak heran dalam kurun waktu 2007 hingga 2015 tingkat kunjungan wisata di tanah air,  baik wisatawan mancanegara maupun domestik terus mengalami lonjakan kenaikan. Indonesia pun meraih peringkat 50 terbaik – sebelumnya 70 – dalam pemeringkatan Travel & Tourism Competitiveness Report 2015.

Adanya potensi  yang tinggi di industri pariwisata Indonesia tersebut, tak heran melahirkan para startup lokal yang mempermudah para wisatawan untuk kegiatan berlibur. Sebut saja, Tripvisto yang merupakan sebuat platform yang menawarkan berbagai paket destinasi liburan populer dengan harga yang kompetitif.

Tripvisto bekerjasama dengan operator tur dan agen travel global lokal terpercaya, sukses menyediakan paket tur yang berkualitas untuk masyarakat kalangan menengah di Indonesia.

Selanjutnya Indonesia Flight, startup lokal pertama untuk pemesanan tiket pesawat yang bisa booking dan bayar. Sebagai Online Travel Agency (OTA) Indonesia Flight, berafiliasi dengan Tiket.com, serta beberapa maskapai penerbangan.

Satu yang menarik, aplikasi ini tak jarang memberikan flash sale. Selama dua jam diskonnya  langsung Rp 50 ribu. Semua harga minus Rp 50ribu. Strategi ini cukup berhasil menggaet pengguna Indonesia yang sangat memerhatikan harga.

Dalam sesi kajian di event yang dihadiri pula Natalia Ardianto Co-Founder & CTO Tiket.com, banyak kisah inspiratif di dalamnya.

Founder & CEO Tripvisto Bernardus Sumartok misalnya, saat membangun startup berawal dari kecintaannya untuk berwisata.

Berangkat dari passion-nya itu, lelaki yang telah menggeluti industri digital selama 10 tahun menciptakan Tripvisto yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan untuk perencanaan liburan di berbagai negara. Tak kurang dari 60 negara serta 160 kota tujuan wisata di dunia dilayani Tripvisto dengan berbagai paket liburan menarik.

Sementara Marcella Einstein, Founder & CEO Indonesia Flight, lain lagi. Perempuan yang awalnya berkarier di startup ternama Tiket.com ini rupanya tak hanya memiliki mental pekerja, tapi juga semangat wirausaha yang tinggi.

Dalam perjalananya, ia melihat pasar travelling terutama tiket pesawat begitu booming. Ditambah kehadiran pesawat kelas LCC, memberikan rejeki tersendiri. “Saya lihat ada peluang bagus di bisnis travel. Apalagi, kehadiran kelas murah di pesawat berikan saya kemudahan saat itu,” ujar Marcella.

Melirik potensi pasar yang besar tersebut, ditambah jejak pengalamannya selama ini di dunia startup bidang wisata yang banyak memberinya jaringan bisnis dan ilmu, akhirnya Marcella sukses membangun Indonesia Flight.

“Sebagai anak muda kamu harus berani bermimpi besar dengan merintis sebuah usaha. Tuhan akan memberikan jalan,”tutur perempuan berdarah Belitung yang juga dikenal sebagai penggemar game. Ini tentu sebuah motivasi dan inspirasi bagi generasi muda. (AP/NH)

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements