fbpx
Trentech.id

3 Strategi E-Commerce Tanah Air untuk Meraup Keuntungan di Bulan Ramadan

Bulan suci Ramadan ternyata bukan hanya menjanjikan pahala besar bagi yang menjalankan ibadah puasa, namun juga bisa memberi keuntungan yang berlipat bagi para pelaku e-commerce. Google menjelaskan kalau selama bulan penuh berkah tersebut ada peningkatan pencarian untuk kategori produk tertentu, seperti fashion, tiket transportasi, dan barang-barang elektronik.

Hal ini pun diamini oleh situs e-commerce yang merupakan usaha patungan antara Telkom dan eBay, yaitu Blanja. “Berdasarkan pengalaman kami, traffic pengunjung di situs Blanja.com bisa meningkat sebesar 100 persen selama bulan Ramadan,” ujar Aulia E. Marinto, CEO Blanja.

Lalu bagaimana langkah e-commerce tanah air untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin?


Membuat diskon besar

Harga Diskon | Ilustrasi

Sumber gambar: Pemprov Kaltim

Strategi ini sebenarnya merupakan cara yang paling “kuno,” namun tetap manjur untuk menarik pembeli. Sadar akan hal tersebut, beberapa e-commerce pun sepakat untuk membuat versi lain dari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang disebut Hari Belanja Online Ramadhan (Harboldan). Selama dua hari, yaitu pada tanggal 26 Mei 2016 lalu dan 24 Juni 2016 depan, para e-commerce tersebut menghadirkan diskon hingga 90 persen.

Selain itu, ada juga beberapa e-commerce yang justru membuat promo diskon secara terpisah. Contohnya adalah MatahariMall yang menjanjikan diskon hingga 99 persen setiap harinya selama bulan Juni 2016, dan Lazada yang memasang diskon hingga 80 persen untuk berbagai jenis produk.


Kerja sama dengan badan sosial

Anak Kecil di Lokasi Bencana | Ilustrasi

Sumber gambar: UNICEF

Selain puasa, ibadah lain yang juga besar pahalanya di bulan Ramadan adalah bersedekah. Hal ini pun dimanfaatkan oleh beberapa situs e-commerce yang kemudian menjalin kerja sama dengan badan-badan sosial penyalur sedekah. Contohnya marketplace Bukalapak yangmenggandeng Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta situs e-commerce Blanja yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

  Raih Indonesia Best Brand Awards 2018, Tagtoo Siap Matangkan Periklanan Digital Indonesia

Selain memungkinkan e-commerce untuk menjaring lebih banyak pengguna yang ingin berbelanja sambil bersedekah, para badan penyalur sedekah pun ikut diuntungkan dengan kerja sama ini.

“Selama bulan Ramadan, potensi sedekah sangatlah tinggi. Itulah mengapa kami menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp99 miliar selama bulan Ramadan tahun ini. Kerja sama seperti ini diharapkan bisa membantu kami memenuhi target tersebut,” ujar Rini Fatimah, Direktur Dompet Dhuafa.


Memasang iklan khusus Ramadan

Feature Iklan TV

Sumber gambar: Lain Waston

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand mereka, beberapa e-commerce pun memasang iklan di stasiun televisi selama bulan Ramadan. Mereka menghadirkan cerita-cerita yang dekat dengan aktivitas masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, agar bisa lebih mendapat perhatian.

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan khusus di bulan Ramadan yang dibuat oleh pelakue-commerce tanah air.

Bukalapak

Traveloka


Daya beli masyarakat Indonesia memang akan meningkat di bulan Ramadan, terutama karena adanya pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang hari raya Idulfitri. Apabila para e-commerce tersebut bisa menjalankan strategi-strategi di atas dengan baik, bukan mustahil kalau keuntungan yang jauh berlipat akan mereka dapat. [tia]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
ACT Recent comment authors
terbaru terlama favorit
ACT

Semoga kerjasama masrketplace ini bukan hanya untuk mengambil moment Ramadhan, namun secara continue untuk mengajak masyarat peduli dengan aksi sosial

Advertisements