Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Yuk Simak 5 Prediksi Tren E-commerce Indonesia di Tahun 2017

20 January 2017
in News
Yuk Simak 5 Prediksi Tren E-commerce Indonesia di Tahun 2017
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Pada tahun 2020 pasar e-commerce Indonesia diprediksi akan memiliki nilai sebesar US$130 miliar (sekitar Rp1,7 kuadriliun). Dengan pertumbuhan per tahun sebesar lima puluh persen, jumlah pengguna smartphone yang besar, dan berbagai pemain yang ada di dalamnya membuat sektor ini menarik untuk diperhatikan pada tahun 2017. Dengan karakteristik pasar yang ada di Indonesia, industri e-commerce akan terus berinovasi baik dari segi teknologi, logistik, dan aspek-aspek penting lainnya.

Sebagai seorang yang berkecimpung di dunia e-commerce, setiap hari saya berhadapan dengan isu dan juga perbincangan mengenai toko online di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Berikut ini adalah lima prediksi saya mengenai tren e-commerce Indonesia di tahun 2017.

Baca lagi

Ngincer Diskon Harbolnas dari E-commerce? Ketahui Strateginya Dulu!

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Pengiriman super cepat

Waktu pengiriman barang yang lama masih membuat banyak orang enggan berbelanja online. Di tahun 2016 sudah ada banyak e-commerce yang berusaha mengatasi masalah ini. Kita bisa lihat bagaimana Tokopedia dan Bukalapak yang bekerja sama dengan GO-JEK untuk melakukan pengiriman di hari yang sama. Sementara itu, Lazada menghadirkan layanan LEX (Lazada Express).

Pada tahun 2017, e-commerce akan semakin fokus meningkatkan layanan ini. Akan banyak inovasi yang dilakukan agar proses pengiriman semakin efisien. Munculannya pemain logistik yang berbasis aplikasi, seperti Deliveree dan Etobee, akan membuka kesempatan bagi e-commerce dalam memaksimalkan jasa pengiriman yang mereka miliki saat ini. Jasa pengambilan barang secara langsung seperti yang ditawarkan oleh PopBox juga akan memperkaya pilihan pengiriman barang e-commerce di tanah air.

Memanfaatkan robot chat

Saat ini e-commerce memiliki divisi khusus bernama Customer Service (CS) yang bertugas untuk menangani segala macam pertanyaan yang dimiliki pelanggan. Karena pada dasarnya pelanggan adalah raja, sehingga kepuasan pelanggan harus selalu dijaga. Salah satunya dengan cara siap 24 jam jika ada yang bertanya mengenai produk, sistem pembayaran, sampai dengan masalah pengiriman.

Raksasa teknologi seperti Google dengan Google Allo, Facebook dengan Facebook Messenger, dan Twitter dengan Twitter Bots siap sedia untuk membantu pengguna dalam berbelanja. Hal ini akan menjadi tren baru bagi e-commerce. Tingginya waktu yang dihabiskan pengguna di media sosial diprediksi bakal membuka kesempatan besar bagi e-commerce untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan lewat platform ini.

Optimalisasi smartphone

Smartphone | Featured

Menurut prediksi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, jumlah pengguna smartphone aktif di Indonesia akan mencapai  seratus juta orang pada tahun 2018 mendatang. Dengan jumlah sebesar itu, Indonesia akan menjadi negara dengan jumlah pengguna smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.

Pada tahun 2016 jumlah transaksi melalui desktop dan tablet (21,14 juta) masih lebih tinggi dibandingkan dengan transaksi melalui perangkat mobile (12,82 juta). Namun, pada Januari 2017 diprediksi jumlah transaksi melalui smartphone akan mengalahkan jumlah transaksi dari PC.

Perilaku masyarakat seperti ini menjadi peluang besar bagi sektor e-commerce untuk semakin memaksimalkan aplikasi mobile yang mereka miliki saat ini, mulai dari optimalisasi UI/ UX sampai promo-promo ekslusif bagi pengguna aplikasi.

Program customer loyality

Sebanyak 49 persen pelanggan yang melakukan transaksi online mengatakan bahwa mereka rela berganti  merek demi kupon. Saat ini sudah banyak kupon-kupon khusus yang dibuat oleh e-commerce untuk mendukung pengalaman belanja pelanggan. E-commerce di Indonesia juga memanfaatkan platform perbandingan harga dan kupon seperti iPrice untuk meningkatkan penjualan dan juga pengunjung.

Tahun 2017, e-commerce akan semakin banyak membuat penawaran-penawaran seperti kupon untuk menarik lebih banyak pelanggan belanja di web mereka. Kupon ekslusif di hari-hari besar seperti perayaan keagamaan  atau kupon khusus untuk pengguna aplikasi akan semakin banyak bertebaran pada tahun 2017.

Lebih banyak opsi pembayaran

Salah satu tantangan terbesar dalam dunia e-commerce Indonesia adalah masih rendahnya penetrasi kartu debit dan kredit. E-commerce melihat hal ini dan mulai datang dengan alternatif pembayaran seperti cash on delivery (COD) yang dimiliki Lazada dan Bukalapak, serta metode transfer melalui ATM.

Di tahun 2017 e-commerce akan semakin agresif lagi dalam menyediakan berbagai alternatif sistem pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan. Hadirnya e-wallet yang dimiliki perusahaan telekomunikasi dan juga startup serupa PayPal (seperti iPaymu dan PonselPay) membuka lebar kesempatan bagi e-commerce untuk menyediakan banyak opsi pembayaran bagi pelanggannya.

Terlepas dari prediksi tersebut, yang dapat saya pastikan adalah munculnya banyak pemain baru atau pemain besar yang akan mulai masuk ke pasar Indonesia. [tia/ap]

 

Sumber : TIA
Tags: e-commercee-commerce 2017tren 2017tren e-commercetren e-commerce 2017
Previous Post

Tiga Langkah Mentransformasi Ulasan Negatif ke Positif

Next Post

Yuk Simak 8 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Program Studi di Bidang Video Game

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

Ngincer Diskon Harbolnas dari E-commerce? Ketahui Strateginya Dulu!

12 December 2019
1.7k

Segala kegiatan yang dilakukan manusia harus dengan strategi, termasuk saat belanja online. Ibarat ujian nasional, Anda pun perlu strategi saat...

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

Pertama di Indonesia, JD.ID Hadirkan Teknologi Toko Tanpa Kasir X-Mart

3 August 2018
1.4k

Pada tanggal 2 Agustus 2018, e-commerce JD.ID mengumumkan bahwa mereka telah menghadirkan teknologi toko yang beroperasi tanpa kasir di Indonesia. Toko tersebut bernama...

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

11 January 2018
1.4k

Banjir, gempa bumi dan bencana alam lainnya bisa datang kapan saja. Bagi orang-orang yang tinggal di negara Barat, sudah merupakan...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1152 shares
    Share 460 Tweet 288
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    182 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    407 shares
    Share 163 Tweet 102
  • Apa Itu Bisnis Model Kanvas dan Pentingnya untuk Sebuah Startup?

    136 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    275 shares
    Share 110 Tweet 69
  • Ini Dia 3 Kebiasaan Buruk Anak RPL

    131 shares
    Share 52 Tweet 33
  • BRI Digital Challenge Mencari Inovasi Terbaik dengan Hadiah Ratusan Juta Rupiah!

    112 shares
    Share 45 Tweet 28
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    167 shares
    Share 67 Tweet 42

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In