fbpx
Trentech.id

Youtube Berikan Pembekalan Kepada Kreator dari Luar jakarta

YouTube pada 18 September 2017 lalu kembali menyelenggarakan program YouTube Pop-Up Space untuk kesekian kalinya di Indonesia. Sarana kreatif yang ditujukan guna mendorong kolaborasi antara sesama kreator konten video YouTube di Indonesia tersebut kali ini sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang memperkenalkan program YouTube NextUp yang telah diumumkan sejak Juli 2017 lalu.

YouTube NextUp merupakan inisiatif YouTube untuk mengembangkan kualitas beberapa kreator konten lokal yang terpilih, terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota Jakarta. Melalui program tersebut, dua belas kreator terpilih hasil seleksi juri kemudian diterbangkan ke YouTube Pop-Up Space untuk pembekalan workshopselama lima hari di Jakarta.

Program ini selanjutnya membantu para kreator untuk mempelajari kiat membuat video dengan lebih baik, membuat tampilan channel mereka lebih atraktif, serta tip untuk mendapatkan lebih banyak subscriber di YouTube.

YouTube Nextup | Photo

Fasilitasi kreator dari Jawa Tengah, Medan, hingga Maluku

Sejak diluncurkan tahun 2011 lalu, program YouTube NextUp diklaim telah membantu lebih dari 360 kreator konten dari lima belas negara untuk mengakselerasi pertumbuhan channel YouTube masing-masing. Menurut Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen, manfaat yang diberikan program ini sangat diperlukan untuk mendorong pengembangan komunitas kreator YouTube di sejumlah daerah.

“Kami melihat kreator dari kota-kota kecil di Jawa, Sulawesi, dan bahkan Papua membuat konten dan meraih sukses di YouTube. Kami ingin membawa kekuatan komunitas YouTube ini untuk mereka lewat inisiatif yang kami umumkan hari ini,” ungkap Tony Keusgen dalam keterangan tertulis.

Dalam program YouTube NextUp pertama untuk Indonesia ini, hampir 75 persen kreator yang terpilih berasal dari luar Jakarta, seperti dari Purwokerto, Medan, dan Maluku.

Tony Keusgen | Photo

Dalam peluncuran YouTube Pop-Up Space ketiga ini, Tony juga membagikan informasi seputar perkembangan YouTube di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa pertumbuhan kreator konten YouTube di Indonesia telah meningkat hingga empat kali lipat dalam kurun waktu setahun terakhir.

Tony menambahkan data dari AppAnnie bahwa terdapat lebih dari 50 juta orang Indonesia yang aktif mengunjungi YouTube di setiap bulan pada saat ini. Data tersebut semakin menguatkan fakta bahwa video telah menjadi konten yang semakin dicari oleh pengguna internet di Indonesia.


Dengan diselenggarakannya YouTube Pop-Up Space sebanyak dua kali dalam waktu setahun terakhir ini di Indonesia, pihak YouTube mengklaim telah melatih lebih dari seribu kreator konten dari sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya pada Maret 2017, sarana kolaboratif untuk kreator konten lokal ini juga dijadikan sebagai ajang untuk pengumuman Creators of Change, sebuah program yang bertujuan untuk memperkuat suara perubahan sosial ke arah yang lebih positif.

Penyelenggaraan YouTube Pop-Up Space ketiga yang bertempat di Art:1 New Museum, Jakarta Pusat ini rencananya akan berlangsung selama sepekan hingga tanggal 24 September 2017. [tia/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments