Trentech.id

Tips Sukses Jualan Tanpa Iklan Berbayar

Banyak orang yang tergesah-gesah dalam menjalankan bisnis. Seolah tidak sabar menciptakan penjualan dan memiliki banyak pelanggan. Mereka rela menggelontorkan banyak uang untuk mendapatkan banyak pengikut dan menciptakan campaign untuk promosi produk mereka. Beberapa kegiatan marketing dan sales memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, seperti salah satu yang mendukung adalah penggunaan iklan berbayar. Namun nyatanya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menciptakan penjualan pertama dalam bisnis tanpa harus menggunakan iklan berbayar. Bagaimana caranya? Berikut ini kami jelaskan untuk Anda Tips Sukses Jualan Tanpa Iklan Berbayar

Menjual Melalui Percakapan

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan adanya review, testimonial atau yang biasa kita kenal dengan word pf mouth. Kita bisa memanfaatkan koneksi kita seperti, rekan kerja, saudara atau keluarga bahkan relasi bisnis kita sebelumnya. Kita bisa meminta pendapat mereka tentang ide atau produk yang sudah kita ciptakan. Kita bisa mengandalkan mereka untuk memberikan kritik dan saran untuk pengembangan sebuah produk.

Kita bisa menanyakan kepada mereka, apakah produk yang kita ciptakan adalah produk yang mereka butuhkan? Apakah produk yang kita ciptakan benar-benar mereka harapkan? Lalu tanyakan apakah mereka mau membelinya.

  • Jika mereka mengatakan “iya”, maka beritahu mereka harga yang Anda tawarkan dan tutup penjualan itu. Nah, ini bisa menjadi pelanggan pertama Anda.
  • Jika mereka mengatakan “tidak”, maka tanyakan kepada mereka mengapa. Yakinkan mereka bahwa Anda tidak menekan mereka untuk membeli produk Anda, tapi Anda benar-benar ingin mengerti apa kritik, saran atau feedback dari mereka atas penawaran Anda.
  • Jika mereka mengatakan “mungkin”, maka Anda bisa menawarkan kembali. Dapatkan jawaban pastinya, “ya” atau “tidak”.
Baca Juga :  Luar Biasa, Bisnis E-learning di Indonesia Berpotensi Mencapai Triliunan Rupiah

Menjual Melalui Email Marketing

Jika Anda menggunakan media sosial atau media online sebagai sarana berjualan, maka Anda bisa memanfaatkan email atau sosial media untuk bisnis Anda. Setidaknya ada sekitar 2000 pengguna sosial media yang memiliki email.

Email membantu Anda mengukur setiap campaign marketing yang Anda miliki. Anda bisa mengetahui dari berapa banyak orang yang menerima email Anda, berapa dari mereka yang membuka email, berapa dari mereka yang menghubungi Anda kembali dan berapa dari mereka yang membeli produk Anda?

Email juga membantu Anda untuk lebih dekat dengan calon pelanggan. Mengirimkan konten sesuai dengan target yang Anda buat. Bahkan Anda bisa mengirimkan konten yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

Kedua media di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Komunikasi memang menjadi senjata yang pas untuk menyampaikan semua pesan yang ada pada campaign produk kita. Tidak ada larangan untuk menggunakan iklan berbayar saat melakukan promosi di awal Anda berbisnis. Namun alangkah lebih baik ketika Anda mampu berhemat dan menjadikan media gratisan ini sebagai jalan untuk sukses berbisnis. [mbo/rs]

Rski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Berikan komentar..

wpDiscuz