Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

15 Alasan Sebuah Bisnis Harus Punya Blog

8 August 2017
in Business
15 Alasan Sebuah Bisnis Harus Punya Blog
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Sebelumnya mari kita kenali dulu perbedaan mendasar antara website profil dengan blog. Website profil biasanya berisi identitas dari sebuah perusahaan atau produk-produk yang ditawarkannya. Sementara blog, kontennya lebih ke tulisan mengenai berita, ulasan, tips-tips, dan sebagainya.

Nah, katakanlah perusahaan anda sudah punya sebuah website profil yang bagus, dinamis, dan interaktif. Lalu Apakah masih penting bagi anda untuk memiliki sebuah blog juga? Berikut kami rangkumkan 15 alasan sebuah bisnis harus punya blog:

Baca lagi

Peluang Bisnis Online di Bulan Ramadan

Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

Menkominfo Ajak Investor Indonesia Suntik Dana ke Startup Lokal

 

1. Blog Itu Murah

Semua orang bisa membuat sebuah blog. Misalnya lewat layanan blogger.com. Namun jika berbicara tentang blog bisnis, maka kami rekomendasikan anda mendaftarkan nama domain dan paket hosting sendiri untuk mendapatkan alamat yang lebih ‘menjual’. Misalnya www.abc.com, bukan www.abc.blogspot.com. Atau jika perusahaan anda sudah memiliki domain, hosting dan website profil, anda tinggal menambahkan subdomain untuk membuat situs blog perusahaan anda.

2. Blog Gampang Diupdate

Jika situs sejenis website profil itu cenderung statis dan sedikit ruang untuk melakukan update, maka lain halnya dengan blog. Anda bisa leluasa mengupdate blog dengan artikel segar setiap harinya. FYI, Google memprioritaskan website yang rutin melakukan update. Sehingga blog memegang peranan penting untuk usaha SEO website anda.

3. Blog itu Search Engine Friendly (SEF)

Blog (CMS) itu pada dasarnya search engine friendly sebab di dalamnya penuh text, penuh link, sering diupdate dan hanya memiliki sedikit HTML sehingga Google gampang menerjemahkannya ke bentuk crawl-able.

4. Blog gampang diterima di lingkungan Sosial Media

Jika anda rutin bermain sosial media, Facebook misalnya, ada kawan anda yang mungkin sering share link berisi informasi yang menarik baginya. Informasi tersebut kemudian di sharelagi oleh kawan anda yang lain ke jaringannya. Begitu seterusnya hingga berita tersebut menyebar. Bayangkan apa yang bisa anda dapatkan jika di dalam berita tersebut anda menyisipkan sepintas mengenai produk anda?

5. Blog bisa jadi senjata marketing yang ampuh

Syarat marketing online yang ampuh adalah informasi yang SEF dan gampang menembus Social Media Marketing. Maka blog merupakan salah satu media yang paling memenuhi persyaratan.

6. Blog bisa menarik lebih banyak customer

Tulisan yang bermanfaat, sarat informasi, dan reader-oriented bisa lebih gampang menarik simpati pembaca. Dengan senang hati, mereka akan share tulisan anda ke lingkungan pergaulan mereka. Dengan demikian, anda mendapatkan marketing gratis untuk menarik lebih banyak kunjungan. Seiring dengan semakin banyaknya pengunjung, maka jumlah customer potensial anda pun akan meningkat. Begitu juga dengan profit anda.

7. Blog itu tepat sasaran

Dengan blog, anda bisa lebih tepat membidik pasar yang sesuai dengan produk/jasa anda. Misalnya jika anda menjual perlengkapan travelling, dan target anda adalah para traveller. Blog tentang tips travelling akan menarik minat pembaca yang benar-benar mencarinya. Yaitu para traveller dan blogger yang kemudian bisa saja menjadi customer anda.

8. Blog bisa bantu membangun brand anda

Sebuah blog bisa menguatkan identitas online anda. Misalnya di bisnis perhotelan. Orang-orang mungkin sudah tahu tentang nama hotel dan layanan anda. Namun mereka mungkin belum kenal dengan siapa yang bekerja di dalamnya. Dengan blog, anda bisa mengulasnya untuk menciptakan pengetahuan yang lebih bagi klien anda. Semakin jauh klien tahu tentang bisnis anda, maka semakin besar trust yang akan terjalin.

9. Blog bisa menjalin hubungan yang baik dengan customer

Sistem comment yang ada di sebuah blog akan mendorong pembaca anda untuk berbicara. Sehingga akan terjalin komunikasi yang baik dengan pembaca. Dengan menciptakan pengalaman online yang positif seperti inilah, anda bisa mendapatkan promoters bagi brandanda.

10. Blog bisa mendukung kegiatan sosial anda

Tulisan yang ‘menyentuh’ bisa gampang menarik simpati. Maka blog merupakan cara paling ampuh untuk mendukung kegiatan sosial anda. Misalnya jika bisnis anda sedang mengusung perkara Go Green. Maka anda bisa nge-blog tulisan mengenainya secara rutin untuk menunjukkan kesungguhan bisnis anda mengusung perkara tersebut.

11. Blog bisa membuka kesempatan anda untuk mengajari dunia

Internet itu jangkauannya luas. Maka ilmu yang anda bagi melalui blog, bisa menyebar seluas-luasnya.

12. Blog akan mengasah kreativitas dan bakat anda

Anda tidak perlu memulai karir blogger anda layaknya seorang profesional. Sebab setiap ahli awalnya juga memulai sebagai seorang newbie. Dengan semakin sering nge-blog, maka semakin tajam kemampuan anda untuk menciptakan konten berkualitas. Misalnya menulis, fotografi, desain blog, SEO, Social Media Marketing, dan berbagai skill lain yang berkaitan dengan upaya nge-blog anda.

13. Blog akan membawa anda ke dunia baru dan teman baru

Ketika nge-blog, anda menjadi seorang ‘blogger’. Dan ‘blog-o-sphere’ merupakan dunia blogger yang isinya dipenuhi dengan blogger-blogger yang baik. Artinya dengan menjadi blogger, anda bisa saja bertemu blogger lain yang bersedia membantu mengangkat brand anda. Semakin banyak pertemanan yang anda jalin, semakin mudah brand anda bisa berkembang.

14. Blog bisa bantu menjaga reputasi online anda

Serangan verbal berupa bad critique dan pemberitaan negatif merupakan hal yang lumrah di Internet. Terutama bagi perusahaan yang sedang meningkat popularitasnya. Jika anda punya blog, anda bisa meralat hoax tersebut kapan saja.

15. Kompetitor anda mungkin sudah mendahului anda

Internet merupakan market besar yang tidak boleh diabaikan. Terutama jika anda berkecimpung di dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi. Maka setiap kesempatan yang bisa membawa benefit, tentu saja wajib dimanfaatkan. Bayangkan jika kompetitor anda sudah mendahului anda untuk mendapatkan berbagai benefit dari nge-blog.

Jadi, jika tidak ingin ketinggalan, ayo mulai pengalaman nge-blog anda sekarang juga. Selamat nge-blog 🙂 [mbo/rs]

 

Tags: Alasan Sebuah Bisnis Harus Punya Blogbisnis onlineCara Meningkatkan Penjualan
Previous Post

Tips Sukses Jualan Tanpa Iklan Berbayar

Next Post

Lakukan 9 Hal Ini Untuk Tingkatkan Penjualan Anda!

Riski Saputra

Riski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Related Posts

Bisnis Online di Bulan Ramadan

Peluang Bisnis Online di Bulan Ramadan

7 April 2023
1.3k

Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dan...

Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

11 May 2019
1.4k

Bulan suci Ramadan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Bulan tersebut juga sangat...

Menkominfo Ajak Investor Indonesia Suntik Dana ke Startup Lokal

Menkominfo Ajak Investor Indonesia Suntik Dana ke Startup Lokal

28 September 2018
1.4k

Startup Indonesia mulai dilirik banyak investor besar dari luar negeri, sebut saja Alphabet yang baru saja menyuntikkan dana untuk GoJek. Melihat perkembangan ini,...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1137 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    147 shares
    Share 59 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Founder Story, Indrasto Budisantoso Ciptakan Jojonomic Berdasarkan Pengalaman Sendiri

    121 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In