Trentech.id

15 Alasan Sebuah Bisnis Harus Punya Blog

Sebelumnya mari kita kenali dulu perbedaan mendasar antara website profil dengan blog. Website profil biasanya berisi identitas dari sebuah perusahaan atau produk-produk yang ditawarkannya. Sementara blog, kontennya lebih ke tulisan mengenai berita, ulasan, tips-tips, dan sebagainya.

Nah, katakanlah perusahaan anda sudah punya sebuah website profil yang bagus, dinamis, dan interaktif. Lalu Apakah masih penting bagi anda untuk memiliki sebuah blog juga? Berikut kami rangkumkan 15 alasan sebuah bisnis harus punya blog:

 

1. Blog Itu Murah

Semua orang bisa membuat sebuah blog. Misalnya lewat layanan blogger.com. Namun jika berbicara tentang blog bisnis, maka kami rekomendasikan anda mendaftarkan nama domain dan paket hosting sendiri untuk mendapatkan alamat yang lebih ‘menjual’. Misalnya www.abc.com, bukan www.abc.blogspot.com. Atau jika perusahaan anda sudah memiliki domain, hosting dan website profil, anda tinggal menambahkan subdomain untuk membuat situs blog perusahaan anda.

2. Blog Gampang Diupdate

Jika situs sejenis website profil itu cenderung statis dan sedikit ruang untuk melakukan update, maka lain halnya dengan blog. Anda bisa leluasa mengupdate blog dengan artikel segar setiap harinya. FYI, Google memprioritaskan website yang rutin melakukan update. Sehingga blog memegang peranan penting untuk usaha SEO website anda.

3. Blog itu Search Engine Friendly (SEF)

Blog (CMS) itu pada dasarnya search engine friendly sebab di dalamnya penuh text, penuh link, sering diupdate dan hanya memiliki sedikit HTML sehingga Google gampang menerjemahkannya ke bentuk crawl-able.

4. Blog gampang diterima di lingkungan Sosial Media

Jika anda rutin bermain sosial media, Facebook misalnya, ada kawan anda yang mungkin sering share link berisi informasi yang menarik baginya. Informasi tersebut kemudian di sharelagi oleh kawan anda yang lain ke jaringannya. Begitu seterusnya hingga berita tersebut menyebar. Bayangkan apa yang bisa anda dapatkan jika di dalam berita tersebut anda menyisipkan sepintas mengenai produk anda?

Baca Juga :  Mengukur Popularitas iPhone X Pada Konsumen Indonesia

5. Blog bisa jadi senjata marketing yang ampuh

Syarat marketing online yang ampuh adalah informasi yang SEF dan gampang menembus Social Media Marketing. Maka blog merupakan salah satu media yang paling memenuhi persyaratan.

6. Blog bisa menarik lebih banyak customer

Tulisan yang bermanfaat, sarat informasi, dan reader-oriented bisa lebih gampang menarik simpati pembaca. Dengan senang hati, mereka akan share tulisan anda ke lingkungan pergaulan mereka. Dengan demikian, anda mendapatkan marketing gratis untuk menarik lebih banyak kunjungan. Seiring dengan semakin banyaknya pengunjung, maka jumlah customer potensial anda pun akan meningkat. Begitu juga dengan profit anda.

7. Blog itu tepat sasaran

Dengan blog, anda bisa lebih tepat membidik pasar yang sesuai dengan produk/jasa anda. Misalnya jika anda menjual perlengkapan travelling, dan target anda adalah para traveller. Blog tentang tips travelling akan menarik minat pembaca yang benar-benar mencarinya. Yaitu para traveller dan blogger yang kemudian bisa saja menjadi customer anda.

8. Blog bisa bantu membangun brand anda

Sebuah blog bisa menguatkan identitas online anda. Misalnya di bisnis perhotelan. Orang-orang mungkin sudah tahu tentang nama hotel dan layanan anda. Namun mereka mungkin belum kenal dengan siapa yang bekerja di dalamnya. Dengan blog, anda bisa mengulasnya untuk menciptakan pengetahuan yang lebih bagi klien anda. Semakin jauh klien tahu tentang bisnis anda, maka semakin besar trust yang akan terjalin.

9. Blog bisa menjalin hubungan yang baik dengan customer

Sistem comment yang ada di sebuah blog akan mendorong pembaca anda untuk berbicara. Sehingga akan terjalin komunikasi yang baik dengan pembaca. Dengan menciptakan pengalaman online yang positif seperti inilah, anda bisa mendapatkan promoters bagi brandanda.

Baca Juga :  Tips Berdamai dengan Kegagalan

10. Blog bisa mendukung kegiatan sosial anda

Tulisan yang ‘menyentuh’ bisa gampang menarik simpati. Maka blog merupakan cara paling ampuh untuk mendukung kegiatan sosial anda. Misalnya jika bisnis anda sedang mengusung perkara Go Green. Maka anda bisa nge-blog tulisan mengenainya secara rutin untuk menunjukkan kesungguhan bisnis anda mengusung perkara tersebut.

11. Blog bisa membuka kesempatan anda untuk mengajari dunia

Internet itu jangkauannya luas. Maka ilmu yang anda bagi melalui blog, bisa menyebar seluas-luasnya.

12. Blog akan mengasah kreativitas dan bakat anda

Anda tidak perlu memulai karir blogger anda layaknya seorang profesional. Sebab setiap ahli awalnya juga memulai sebagai seorang newbie. Dengan semakin sering nge-blog, maka semakin tajam kemampuan anda untuk menciptakan konten berkualitas. Misalnya menulis, fotografi, desain blog, SEO, Social Media Marketing, dan berbagai skill lain yang berkaitan dengan upaya nge-blog anda.

13. Blog akan membawa anda ke dunia baru dan teman baru

Ketika nge-blog, anda menjadi seorang ‘blogger’. Dan ‘blog-o-sphere’ merupakan dunia blogger yang isinya dipenuhi dengan blogger-blogger yang baik. Artinya dengan menjadi blogger, anda bisa saja bertemu blogger lain yang bersedia membantu mengangkat brand anda. Semakin banyak pertemanan yang anda jalin, semakin mudah brand anda bisa berkembang.

14. Blog bisa bantu menjaga reputasi online anda

Serangan verbal berupa bad critique dan pemberitaan negatif merupakan hal yang lumrah di Internet. Terutama bagi perusahaan yang sedang meningkat popularitasnya. Jika anda punya blog, anda bisa meralat hoax tersebut kapan saja.

15. Kompetitor anda mungkin sudah mendahului anda

Internet merupakan market besar yang tidak boleh diabaikan. Terutama jika anda berkecimpung di dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi. Maka setiap kesempatan yang bisa membawa benefit, tentu saja wajib dimanfaatkan. Bayangkan jika kompetitor anda sudah mendahului anda untuk mendapatkan berbagai benefit dari nge-blog.

Jadi, jika tidak ingin ketinggalan, ayo mulai pengalaman nge-blog anda sekarang juga. Selamat nge-blog 🙂 [mbo/rs]

Baca Juga :  Jangan Takut Memulai Bisnis, Ini Dia Tips nya!

 

Rski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

wpDiscuz