Trentech.id

Lakukan 9 Hal Ini Untuk Tingkatkan Penjualan Anda!

Jika dihadapkan dengan pertanyaan tentang bagaimana meningkatkan penjualan? Maka produk seringkali kita gunakan sebagai kambing hitam. Kita cenderung mengasosiasikan ganti produk yang dijual dengan jumlah penjualan yang meningkat. Padahal tidak. Ada sejumlah faktor lain yang padahal penting, namun saking sepelenya seringkali kita lewatkan. Biasanya seputar tampilan dan layanan toko online kita. Nah, jangan sampai anda terjebak di tahap ini. Berikut 10 tips meningkatkan penjualan untuk toko online anda.

1. Gunakan Form yang Jelas & Simple

Kesan pertama sangat penting. Makanya kebersihan, kejelasan, dan ketepatan dalam proses checkout merupakan langkah pertama untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan. Hilangkan setiap hambatan yang berpotensi membuat pelanggan kabur seperti link dan elemen yang tidak diperlukan. Pertahankan bagian penting dari form saja. Contohnya jika seorang pembeli membeli konten digital (pdf), jangan meminta mereka untuk mengisi alamat pengiriman. Semakin banyak field yang harus diisi, maka pelanggan juga membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk dihabiskan dan seperti kita tahu waktu adalah uang. Jangan membuat pelanggan Anda menghabiskan waktunya. Pastikan mereka bisa mengisi form dengan cepat.

2. Masukkan Indikator Visual Untuk Proses Pembelian

Setiap orang menginginkan proses transaksi yang cepat. Masukkan indikator visual dengan deskripsi setiap langkah yang bisa membuat pelanggan tahu langkah apa saja yang harus di lakukan untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Jangan membuat banyak langkah untuk menyelesaikan transaksi karena itu akan mengurangi tingkat konversi penjualan. Saya merekomendasikan maksimal 4 langkah dalam menyelesaikan transaksi namun idealnya hanya menggunakan 3 langkah. 3 langkah meliputi Pengiriman, Pembayaran, dan Review ulang order.

3. Tidak Perlu Registrasi

Alternatif terbaik untuk para pelanggan yaitu dengan memberikan pilihan “tetap melanjutkan sebagai tamu” (continue as guest) sehingga itu akan membawa pelanggan untuk langsung menyelesaikan transaksi. Akun bisa dibuat sepanjang proses penyelesaian transaksi yang mana bisa membuat pelanggan merasa lebih cepat dalam menyelesaikan transaksi. Jangan lupa, di samping tombol “lanjutkan sebagai tamu”, ditempatkan form login untuk existing customer sehingga mereka bisa menikmati proses penyelesaian transaksi dengan cepat.

Baca Juga :  Pentingnya Mengoptimalkan Toko Fisik Layaknya Toko Online

4. Jangan Biarkan Orang Membatalkan Transaksi

Ada banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembatalan pembelian, dan follow up email merupakan cara terbaik pada toko online anda. Follow up email merupakan cara terbaik untuk meyakinkan pelanggan Anda untuk kembali dan menyelesaikan transaksi. Di dalam email, tentu saja Anda membutuhkan beberapa elemen yang bisa meyakinkan calon pelanggan. Seperti diskon, pengiriman gratis, mengirim email follow up secepatnya setelah dia membatalkan pembelian dan mengirim email kedua setelah 24 jam.

5. Tunjukkan Anda Bisa Dipercaya

Pelanggan perlu merasa aman ketika mereka berada di dalam situs Anda. Khususnya ketika mereka melakukan transaksi pembelian. Mereka perlu mengetahui bahwa informasi kartu kredit yang mereka berikan bisa aman dan Anda bisa dipercaya oleh mereka. 2 hal yang bisa anda gunakan untuk memulai adalah garansi dan testimoni. Di luar itu, bisa anda sesuaikan dengan pengalaman anda.

6. Menawarkan Produk yang Berhubungan Atau Hampir Sama

Anda bisa menawarkan produk yang lebih mahal atau penjualan barang yang berhubungan dengan pembelian sebelumnya. Itu juga bisa meningkatkan peluang pelanggan untuk memesan lebih banyak. Jika pelanggan membeli senter, mengapa Anda tidak menjual baterai juga kepadanya? Cara terbaik untuk melakukan ini yaitu dengan sidebar samping yang menampilkan nama, gambar, dan tombol keranjang untuk menambahkan barang sesuai dengan produk yang berhubungan.

7. Berikan Petunjuk Selanjutnya

Setelah pelanggan memproses tombol pemesanan, lalu apa yang mereka harus lakukan? Pastikan Anda memberitahu mereka. Pertama berikan ucapan terima kasih atas pesanan mereka dan pastikan order mereka diterima untuk mencegah kebingungan pelanggan. Jika Anda mengirimkan email ketika order sudah sampai, biarkan mereka tahu informasi tersebut.

Baca Juga :  Ini Alasan Mengapa BOT Akan Jadi Masa Depan Dunia Marketing

8. Membuat Pembelian Mereka Terhubung Dengan Social Media

Satu hal yang biasa dilakukan oleh retailers yaitu memberikan kesempatan pelanggan mereka untuk memberitahukan pembelian mereka di social media. Taktik yang baik menerapkan tombol facebook like dan twitter follow pada halaman terakhir Anda. Apabila mereka pelanggan yang membeli dari Anda, mereka kemungkinan besar akan like atau follow brand Anda. Lalu apabila produk Anda tampil di newsfeed maka kesempatan penjualan akan meningkat.

9. Membuat Design Tampilan yang Menarik

Ini merupakan halyang paling penting dan paling menentukan, karena sebuah produk akan dilihat pertama kali melalui design visual yang anda tampilkan, dan seperti kata pepatah “Gambar mengungkapkan sejuta makna”. Buatlah gambaran produk yang jelas, dan gunakan design warna yang tidak terlalu mencolok karna cenderung mengurangi minat pembeli. [mbo/rs]

Rski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Berikan komentar..

wpDiscuz