Trentech.id

Tingkatkan Kualitas Tidurmu dengan 3 Kebiasaan di Pagi Hari

Dunia startup dan wirausaha identik dengan jam kerja yang panjang serta rendahnya jam tidur demi mengejar produktivitas. Sekilas bekerja keras seperti ini memang terlihat seperti sebuah kebanggaan, tapi dalam jangka panjang, kurang tidur justru bisa mendatangkan banyak masalah. Tak hanya masalah kesehatan, tapi juga masalah mental yang berbahaya.

Investasi pada kesehatan adalah salah satu investasi terpenting, dan kualitas tidur termasuk di dalamnya. Kualitas tidur tidak hanya dipengaruhi oleh hal-hal yang kamu lakukan sebelum tidur, tapi juga setelahnya. Tiga kebiasaan ini bisa kamu terapkan di pagi hari untuk membuat tidurmu lebih efektif, dan pada akhirnya membuatmu lebih semangat bekerja.


Bangun di jam yang sama setiap hari

Bangun tidur secara teratur sangat penting bagi entrepreneur, sebab tubuh manusia memiliki jam biologis internal yang disebut sebagai ritme sirkadian (circadian rhythm). Jam biologis ini menentukan waktu pelepasan sejumlah hormon, di antaranya melatonin dan kortisol yang berpengaruh terhadap metabolisme energi, jam tidur, hingga suasana hati.

Bila jam biologis kacau, kita bisa merasa lelah dan tidak berenergi meskipun tidak sedang kurang tidur. Dengan membiasakan diri bangun tidur di jam yang sama, ritme sirkadian dalam tubuh kita akan terlatih sehingga kita mendapatkan metabolisme yang tepat di waktu yang tepat. Kamu akan merasa lebih segar, bersemangat, dan lebih produktif.

Sleeping | Photo 1

Sumber Gambar: Brunosleep


Memaparkan diri pada sinar matahari

Salah satu penyebab orang sulit tidur di malam hari adalah tingginya eksposur cahaya biru dari berbagai perangkat digital yang selalu ada di sekeliling kita. Karena itu kamu mungkin sering mendengar bahwa salah satu cara mengatasi susah tidur adalah dengan menghindari penggunaan gadget di malam hari.

Baca Juga :  Apakah Startup Saya Bisa Berkompetisi dengan Kompetitor yang Sudah Besar?

Kebalikan dari malam hari, terpapar cahaya di pagi hari justru penting agar tubuh kita mendapat sinyal untuk segera aktif. Paparan cahaya dapat mengurangi kadar melatonin dalam tubuh, dan karena melatonin mendorong kita untuk tidur, penurunan melatonin akan membuat kita tidak mengantuk. Produktivitas pagi tanpa kafein bukan hal mustahil.

Cahaya yang paling baik untuk kita dapatkan tentu saja cahaya matahari. Selain merupakan sumber paling natural, sinar matahari juga akan merangsang kulit kita untuk memproduksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem imun.


Olahraga ringan

Exercise | Photo 1

Tahukah kamu bahwa olahraga dapat mempengaruhi kualitas tidur? Olahraga memacu pelepasan kortisol dalam tubuh, jadi olahraga terlalu larut tidak disarankan sebab bisa membuatmu sulit tidur. Sebaliknya, olahraga di pagi hari akan membuat tubuhmu lebih berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas berikutnya.

Olahraga juga memicu pelepasan hormon endorfin yang akan membuat otakmu merasa nyaman. Inilah mengapa olahraga bisa menjadi salah satu cara mengurangi stress serta memperbaiki mood. Bila tujuanmu hanya membakar kalori, olahraga kapan pun boleh saja. Tapi melakukannya di pagi hari akan memberi manfaat lebih yang bisa mendorong produktivitasmu.


Hidup sehat dan istirahat cukup adalah salah satu kunci penting untuk menjadi insan profesional yang sukses. Bahkan tidak berlebihan bila orang kerap berkata bahwa kesehatan adalah aset terbesar yang bisa kamu miliki. Tidur cukup bukan berarti kamu membuang banyak waktu, tapi merupakan investasi yang penting agar kamu bisa bekerja dengan optimal. Selamat mencoba kiat-kiat di atas. [tia/ap]

Sumber: Julian Hayes II/Entrepreneur

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

wpDiscuz