fbpx
Trentech.id

Rileks Sejanak, Cara Menikmati Kopi Dengan Metode French Press ala Coffindo.id

No ratings yet.

French press memang terlihat seperti teko, tapi ini bukanlah teko biasa. Ia dapat menghasilkan kopi nikmat yang membuat para pecintanya setia. Tak seperti mesin manual brew lainnya yang menggunakan kertas, kesederhanaan French press ini justru membuatnya tetap bertahan walau kini banyak mesin manual brew lain yang bermunculan.

Rasa kopi hasil dari metode manual brew French press ini lebih kaya rasa, sedikit oily dan lembut. Nah untuk menghasilkan rasa yang kita inginkan tersebut berikut langkah-langkah menggunakan manual brew French press ini.

Pertama gunakan air yang baik, tidak beraroma atau sudah terkontaminasi zat lain, jangan lupa juga pastikan alat-alat yang akan digunakan telah bersih dan kering.
Kedua gunakan kopi yang masih segar, terlebih yang baru disangrai, atau gunakan kopi yang disimpan dalam keadaaan tertutup rapat karena penyimpanan kopi berpengaruh pada rasa dan aroma dari biji kopi itu sendiri.

Ketiga giling kopi sesaat sebelum diseduh, karena layaknya buah apel yang nikmat ketika dikupas sesaat sebelum dimakan, begitu juga dengan kopi. Untuk metode manual brew French press ini gunakan kecepatan medium untuk hasil kopi yang tidak terlalu halus.

Keempat, bagi pemula anda bisa menggunakan 18 – 20 gram kopi untuk 8 ons air jika ingin rasa yang lebih kuat coba tambah lebih banyak kopi atau kurangi takaran airnya. Bereksperimen bisa menambah wawasanmu tentang kopi.

Kelima gunakan air dengan suhu yang tepat. Jangan terlalu panas karena akan membuat rasa kopi menjadi pahit, atau sebaliknya. Suhu yang tepat adalah 94 derajat Celcius. Jika tidak ada termometer, anda bisa mendidihkan air lalu diamkan sekitar 30detik untuk mendapatkan panas air di 94 derajat Celcius.

  Adtech di Indonesia 2019 - Analisis Dari Seorang Industri Insider

Keenam, masukan bubuk kopi pada dasar French press, tuangkan 1/3 air di atasnya, diamkan hingga 30detik lalu aduk perlahan. Setelah tercampur masukan sisa air dan biarkan proses Brewing dimulai.

Ketujuh, proses Brewing yang baik adalah 4 menit. Jika terlalu sebentar kopi akan asam dan tipis tapi jika terlalu lama kopi akan pahit.

Kedelapan, setelah 4 menit pada proses Brewing, tekan plunger dengan tegas namun tetap pelan dan hati-hati. Jika terlalu keras kopi akan menyembur keluar dan berantakan. Proses ini sangat membutuhkan kehati-hatian.

Finally tuangkan kopi ke dalam cangkir anda, dan sisa kopi bisa anda tuangkan ke dalam gelas lain, jangan endapkan kopi di mesin French press karena akan membuat kopi menjadi pahit. So enjoy ya.

Please rate this

Please Login to comment