Pasar mobil bekas di Indonesia terus menggeliat setiap tahunnya. Sekitar lebih dari 5 juta transaksi jual beli mobil bekas setiap tahun dengan nilai transaksi yang bisa mencapai $ 30 Miliar. Meskipun demikian, di industri ini termasuk di Indonesia sendiri, masih sangat terfragmentasi, tidak efisien dan di dominasi oleh banyak dealer kecil hingga menengah yang tidak memiliki transparansi dan penuh dengan ketidakpastian.

Melihat masalah ini, Carsome hadir untuk merevolusi industry jual-beli mobil bekas dengan menyediakan platform penjualan mobil bekas daring untuk proses penjualan yang cepat, mudah, dan transparan. Carsome berkomitmen untuk menjadi ‘cara standar baru’ dalam menjual mobil bekas di Asia Tenggara.
[postingan number=3 tag=”otomotif”]
Sebagai seorang Co-Founder dan CEO Carsome, Eric Cheng menjelaskan bahwa penggunaan platform e-commerce dalam jual beli mobil bekas di Indonesia masih dalam masa prematur karena kurangnya alternatif daring yang tersedia. Konsumen masih melakukan penjualan mobil mereka kepada dealer atau melalui agen. Hal serupa juga terjadi di tingkat perusahaan, banyak perusahaan seperti perusahaan leasing & keuangan menjual mobil bekas mereka melalui lelang fisik, yang merupakan faktor pembatas untuk mendapatkan harga terbaik.

Ia menambahkan bahwa ia melihat hal serupa di semua negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, di mana dealer tradisional menjadi pemegang mayoritas pasar. Keadaan ini tentunya sangat tidak efisien dalam pengalaman membeli dan menjual mobil bekas.
Dalam hal ini, Carsome berinovasi dengan memberikan pengguna cara yang lebih mudah untuk menjual mobil mereka ke dealer secara cepat, adil, dan gratis. Melalui portal berbasis daring, pelanggan dapat menjual kendaraan mereka dengan harga terbaik kepada dealer di seluruh negeri. Carsome memfasilitasi seluruh proses penjualan mobil dari inspeksi, penilaian harga, penawaran dan pembayaran dealer serta kebutuhan logistik, yang memungkinkan pelanggan untuk menjual mobil mereka secepat satu hari dengan biaya nol dan sedikit usaha.

[postingan number=3 tag=”startup”]
Adanya potensi pasar yang sesuai dengan bisnis model yang telah diusung karena belum tersedianya platform daring yang maksimal dengan menyediakan proses menyeluruh kepada konsumen seperti Carsome. Dengan adanya inovasi terbaru ini ke dalam pasar yang sebagian besar masih tradisional dan belum terdisrupsi. Inovasi ini juga memberikan penekanan kuat pada pelayanan untuk memastikan konsumen mendapat pengalaman dengan kualitas terbaik di Carsome.
Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia percaya bahwa inovasi ini akan membawa angin segar dalam industri penjualan dan pembelian mobil bekas di Indonesia. Adanya pertumbuhan yang kuat di Carsome pada saat ini yang mulai diterima pasar untuk mengakomodasi kebutuhan pasar yang dibuktikan dengan berbagai ulasan positif dari para penjual.

[postingan number=3 tag=”founder”]
Dalam acara yang sama, sebagai bagian dari inisiatif dan komitmen Carsome di Indonesia, Carsome menyumbangkan mobil ke Yayasan Kanker Anak Indonesia (YKAKI). Carsome berharap bahwa donasi ini bisa berkontribusi pada masyarakat dan membantu mereka yang membutuhkan transportasi. Andreas juga berharap dengan adanya transportasi tambahan yang diberikan kepada YKAKI, anak-anak akan mendapatkan perawatan tepat waktu dan pada saat yang sama membantu untuk memudahkan tim YKAKI untuk menjalankan tugas harian mereka.