Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor dalam Dunia Bisnis

8 January 2018
in Business
Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor dalam Dunia Bisnis
1.7k
VIEWS
5/5 - (2 votes)

Terobsesi kepada kompetitor bisnis bukanlah mindset yang baik. Bila kamu terlalu terpaku pada apa yang dilakukan orang lain, visi perusahaanmu akan menjadi tak jelas dan kamu bisa kehilangan arah. Daripada kompetitor, seharusnya kita lebih fokus pada kebutuhan konsumen dan bagaimana cara memenuhinya.

Meski demikian bukan berarti kita harus mengabaikan kompetitor seratus persen. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengambil berbagai manfaat dari saingan bisnis untuk membuat bisnismu sendiri lebih maju. Apa saja manfaat itu dan bagaimana cara meraihnya?

Baca lagi

Peluang Bisnis Online di Bulan Ramadan

Peluang Bisnis Bulan Ramadan: Ide Bisnis Potensial Bulan Ramadan

Cara Mengubah Proyek Open Source Menjadi Bisnis Menguntungkan


Memantau industri secara menyeluruh

Kamu mungkin ingat bahwa dulu, brand air minum kemasan Aqua pernah menyiarkan iklan yang cukup unik. Iklan tersebut menyebutkan bahwa air Aqua telalh mellaui 27 kali penyaringan.

Aqua berhasil meraih image unik di kalangan konsumen, yaitu sebagai air minum kemasan yang terjamin kesehatannya.

 ,
Aqua | Poster

Contoh slogan yang berkesan | Sumber Gambar: Training Presentasi

Sesuatu yang membuat brand atau produkmu unik dalam industri, dan membuatnya diingat konsumen seperti ini, disebut sebagai brand positioning. Brand positioning sangat penting agar konsumen punya alasan memilih produkmu. Kamu bisa melakukannya dengan mempelajari kompetitor, kemudian mencari celah untuk menonjolkan kelebihanmu.

Selain itu, kompetitor juga bisa menjadi referensi strategi pemasaran. Kamu bisa memperhatikan strategi apa yang telah mereka lakukan dan berhasil, serta strategi apa yang gagal. Perhatikan juga apa yang sedang menjadi tren, misalnya selera konsumen atau kemunculan kategori produk baru.

Tren industri dan rekam jejak kompetitor ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan masa depan industri yang kamu geluti. Prediksi itu nantinya bisa kamu perkuat dengan pengalaman sendiri, akan menentukan ke mana arah perusahaanmu bergerak, serta cara pemasaran seperti apa yang cocok kamu gunakan.


Lakukan riset kompetitif dengan tabel

Bila kita berbicara tentang Aqua, mungkin kamu berpikir bahwa kompetitor produk ini adalah VIT, Pristine, Ades, atau berbagai merek air mineral lain. Itu tidak salah. Tapi sebetulnya kompetitor Aqua juga mencakup semua minuman, mulai dari teh, susu, hingga minuman berkarbonasi.

Produk-produk ini bukan air mineral, tapi masih berada dalam industri besar yang sama: industri minuman kemasan. Mereka memiliki target pasar yang beririsan, dijual di tempat yang sama, bahkan mungkin memiliki strategi iklan yang sama. Mereka adalah kompetitor tak langsung, dan wajib kamu waspadai.

Untuk melakukan riset terhadap kompetitor, kamu bisa memanfaatkan tabel perbandingan berisi berbagai aspek-aspek berikut:

  • Nama brand
  • Industri
  • Situs web
  • Konsumen target
  • Tipe kompetitor
  • Diferentiator
  • Produk

Dengan aspek-aspek di atas, tabel riset kompetitif sebuah perusahaan minuman dapat berbentuk seperti contoh di bawah.

Competitive Research | Table

Contoh tabel riset kompetitor

Data di atas sudah cukup untuk membuat analisis tentang brand positioning perusahaanmu serta prediksi industri di masa depan. Tapi bila kamu ingin melakukan riset lebih mendalam, kamu juga bisa memantau angka-angka yang lebih detail. Misalnya:

  • Market cap
  • Market share
  • Angka penjualan
  • Distribusi geografis
  • Kepemimpinan
  • Pertumbuhan YoY (year-over-year)

Cara termudah melakukan analisis adalah dengan berpikir seperti seorang konsumen. Tanyakan pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan berikut:

  • Konsumen seperti apakah kamu?
  • Apakah kamu merupakan target pasar produkmu sendiri?
  • Bila tidak, mengapa?
  • Apa alasan orang harus memilih produkmu ketimbang produk lain serupa?

Dengan berpikir seperti konsumen, kamu akan bisa menemukan celah kekurangan dalam brand milikmu. Dan dengan adanya rekam jejak kompetitor, kamu bisa menentukan strategi yang lebih baik, sebab kamu tahu strategi apa yang berhasil dan apa yang telah gagal.


Pantau penyebaran brand di dunia maya

Popularitas brand di dunia maya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari marketing zaman sekarang. Untuk mengetahui kekuatan kompetitor di bidang ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam tool. Dua di antaranya yang cukup berguna adalah SimilarWeb dan Google Trends.

Competitive Research | Brands on Facebook

Popularitas brand di dunia maya sangat penting | Sumber Gambar: Monty Metzger

SimilarWeb dapat membantumu memantau traffic situs web kompetitor, termasuk dari mana traffic itu berasal (apakah dari referral, iklan display, dsb). Kamu juga bisa memantau situs apa saja yang dikunjungi konsumen, agar kamu tahu apa minat mereka.

Sementara Google Trends dapat kamu gunakan untuk mencari tahu topik apa yang sedang ramai orang cari di internet. Dari sini kamu bisa memantau tren industri, serta menemukan celah-celah oportunitas untuk kamu manfaatkan. Perhatikan juga strategi SEO milik kompetitor dan cari tahu bagaimana cara menyainginya.


Pengalaman adalah guru yang terbaik, tapi pengalaman itu tak harus datang dari dirimu sendiri. Kamu juga bisa memperhatikan pengalaman orang lain. Belajarlah dari kesalahan maupun keberhasilan kompetitor, dan manfaatkan celah-celah yang ada untuk memantapkan posisimu dalam industri.

Terakhir, jangan lupa juga bahwa tujuan utamamu adalah memenuhi kebutuhan konsumen. Apa yang kamu pelajari dari kompetitor berguna sebagai referensi. Tapi jangan sampai itu begitu mempengaruhimu hingga kamu menyimpang dari visi perusahaanmu sendiri.

Sumber: Google Primer [tia]

Tags: bisnisbusinessdunia bisniskompetitorrisetriset kompetitor
Previous Post

NIOMIC Luncurkan Online Coding Bootcamp GRATIS Untuk 50 Peserta

Next Post

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

Bisnis Online di Bulan Ramadan

Peluang Bisnis Online di Bulan Ramadan

7 April 2023
1.3k

Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dan...

peluang bisnis bulan ramadan

Peluang Bisnis Bulan Ramadan: Ide Bisnis Potensial Bulan Ramadan

9 March 2023
1.4k

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan ibadah, bulan Ramadan juga...

open source

Cara Mengubah Proyek Open Source Menjadi Bisnis Menguntungkan

7 March 2023
1.4k

Banyak orang menganggap bahwa proyek open source tidak dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan, namun kenyataannya, ada banyak perusahaan teknologi yang...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1137 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    147 shares
    Share 59 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Yuk Ketahui Sejarah Perkembangan Aplikasi Chat di Seluruh Dunia

    164 shares
    Share 66 Tweet 41

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In