Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor dalam Dunia Bisnis

8 January 2018
in Business
Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor dalam Dunia Bisnis
1.6k
VIEWS

Daftar Isi

  • Memantau industri secara menyeluruh
  • Lakukan riset kompetitif dengan tabel
  • Pantau penyebaran brand di dunia maya
Berikan rating

Terobsesi kepada kompetitor bisnis bukanlah mindset yang baik. Bila kamu terlalu terpaku pada apa yang dilakukan orang lain, visi perusahaanmu akan menjadi tak jelas dan kamu bisa kehilangan arah. Daripada kompetitor, seharusnya kita lebih fokus pada kebutuhan konsumen dan bagaimana cara memenuhinya.

Meski demikian bukan berarti kita harus mengabaikan kompetitor seratus persen. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengambil berbagai manfaat dari saingan bisnis untuk membuat bisnismu sendiri lebih maju. Apa saja manfaat itu dan bagaimana cara meraihnya?


Memantau industri secara menyeluruh

Kamu mungkin ingat bahwa dulu, brand air minum kemasan Aqua pernah menyiarkan iklan yang cukup unik. Iklan tersebut menyebutkan bahwa air Aqua telalh mellaui 27 kali penyaringan.

Aqua berhasil meraih image unik di kalangan konsumen, yaitu sebagai air minum kemasan yang terjamin kesehatannya.

 ,
Aqua | Poster

Contoh slogan yang berkesan | Sumber Gambar: Training Presentasi

Sesuatu yang membuat brand atau produkmu unik dalam industri, dan membuatnya diingat konsumen seperti ini, disebut sebagai brand positioning. Brand positioning sangat penting agar konsumen punya alasan memilih produkmu. Kamu bisa melakukannya dengan mempelajari kompetitor, kemudian mencari celah untuk menonjolkan kelebihanmu.

Selain itu, kompetitor juga bisa menjadi referensi strategi pemasaran. Kamu bisa memperhatikan strategi apa yang telah mereka lakukan dan berhasil, serta strategi apa yang gagal. Perhatikan juga apa yang sedang menjadi tren, misalnya selera konsumen atau kemunculan kategori produk baru.

Tren industri dan rekam jejak kompetitor ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan masa depan industri yang kamu geluti. Prediksi itu nantinya bisa kamu perkuat dengan pengalaman sendiri, akan menentukan ke mana arah perusahaanmu bergerak, serta cara pemasaran seperti apa yang cocok kamu gunakan.


Lakukan riset kompetitif dengan tabel

Bila kita berbicara tentang Aqua, mungkin kamu berpikir bahwa kompetitor produk ini adalah VIT, Pristine, Ades, atau berbagai merek air mineral lain. Itu tidak salah. Tapi sebetulnya kompetitor Aqua juga mencakup semua minuman, mulai dari teh, susu, hingga minuman berkarbonasi.

Produk-produk ini bukan air mineral, tapi masih berada dalam industri besar yang sama: industri minuman kemasan. Mereka memiliki target pasar yang beririsan, dijual di tempat yang sama, bahkan mungkin memiliki strategi iklan yang sama. Mereka adalah kompetitor tak langsung, dan wajib kamu waspadai.

Untuk melakukan riset terhadap kompetitor, kamu bisa memanfaatkan tabel perbandingan berisi berbagai aspek-aspek berikut:

  • Nama brand
  • Industri
  • Situs web
  • Konsumen target
  • Tipe kompetitor
  • Diferentiator
  • Produk

Dengan aspek-aspek di atas, tabel riset kompetitif sebuah perusahaan minuman dapat berbentuk seperti contoh di bawah.

Competitive Research | Table

Contoh tabel riset kompetitor

Data di atas sudah cukup untuk membuat analisis tentang brand positioning perusahaanmu serta prediksi industri di masa depan. Tapi bila kamu ingin melakukan riset lebih mendalam, kamu juga bisa memantau angka-angka yang lebih detail. Misalnya:

  • Market cap
  • Market share
  • Angka penjualan
  • Distribusi geografis
  • Kepemimpinan
  • Pertumbuhan YoY (year-over-year)

Cara termudah melakukan analisis adalah dengan berpikir seperti seorang konsumen. Tanyakan pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan berikut:

  • Konsumen seperti apakah kamu?
  • Apakah kamu merupakan target pasar produkmu sendiri?
  • Bila tidak, mengapa?
  • Apa alasan orang harus memilih produkmu ketimbang produk lain serupa?

Dengan berpikir seperti konsumen, kamu akan bisa menemukan celah kekurangan dalam brand milikmu. Dan dengan adanya rekam jejak kompetitor, kamu bisa menentukan strategi yang lebih baik, sebab kamu tahu strategi apa yang berhasil dan apa yang telah gagal.


Pantau penyebaran brand di dunia maya

Popularitas brand di dunia maya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari marketing zaman sekarang. Untuk mengetahui kekuatan kompetitor di bidang ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam tool. Dua di antaranya yang cukup berguna adalah SimilarWeb dan Google Trends.

Competitive Research | Brands on Facebook

Popularitas brand di dunia maya sangat penting | Sumber Gambar: Monty Metzger

SimilarWeb dapat membantumu memantau traffic situs web kompetitor, termasuk dari mana traffic itu berasal (apakah dari referral, iklan display, dsb). Kamu juga bisa memantau situs apa saja yang dikunjungi konsumen, agar kamu tahu apa minat mereka.

Sementara Google Trends dapat kamu gunakan untuk mencari tahu topik apa yang sedang ramai orang cari di internet. Dari sini kamu bisa memantau tren industri, serta menemukan celah-celah oportunitas untuk kamu manfaatkan. Perhatikan juga strategi SEO milik kompetitor dan cari tahu bagaimana cara menyainginya.


Pengalaman adalah guru yang terbaik, tapi pengalaman itu tak harus datang dari dirimu sendiri. Kamu juga bisa memperhatikan pengalaman orang lain. Belajarlah dari kesalahan maupun keberhasilan kompetitor, dan manfaatkan celah-celah yang ada untuk memantapkan posisimu dalam industri.

Terakhir, jangan lupa juga bahwa tujuan utamamu adalah memenuhi kebutuhan konsumen. Apa yang kamu pelajari dari kompetitor berguna sebagai referensi. Tapi jangan sampai itu begitu mempengaruhimu hingga kamu menyimpang dari visi perusahaanmu sendiri.

Sumber: Google Primer [tia]

Tags: bisnisbusinessdunia bisniskompetitorrisetriset kompetitor
Previous Post

NIOMIC Luncurkan Online Coding Bootcamp GRATIS Untuk 50 Peserta

Next Post

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

strategi branding

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

2 November 2022
1.5k

Siapapun yang berkecimpung dalam urusan marketing pasti mengetahui bahwa branding merupakan proses panjang yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tidak semua kalangan profesional yang memiliki latar belakang marketing...

rekomendasi film belajar bisnis drama korea

Rekomendasi Film Belajar Bisnis dari Drama Korea

28 October 2022
1.6k

Belajar bisnis bisa dari mana saja. Tak bisa dipungkiri bahwa drama Korea saat ini tengah menjadi tontonan yang cukup dinantikan...

Pentingnya Memulai Membangun Jaringan untuk Bisnis

Pentingnya Memulai Membangun Jaringan untuk Bisnis

24 March 2022
1.8k

Kemampuan teknis dan kemampuan memahami persoalan yang tengah diselesaikan memang menjadi hal wajib untuk ditempatkan sebagai fokus startup. Keduanya memiliki...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    925 shares
    Share 370 Tweet 231
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    328 shares
    Share 131 Tweet 82
  • Masa Depan Zoom Tercoreng PHK: Dampak dan Prospek

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Menjelajahi Kelebihan dan Keterbatasan Chatbot AI BARD

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    231 shares
    Share 92 Tweet 58
  • Masa Depan Bitcoin Kian Terancam

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Alasan Mahasiswa IT Harus Bisa Coding

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Startup Kecerdasan Buatan (AI) Membawa Solusi Baru dalam Industri

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Sistem Baru TikTok: Solusi Terbaru untuk Kreativitas dan Keamanan Pengguna

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • 6 Kebiasaan Elon Musk yang Bisa Bikin Kamu Sukses

    120 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.