Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Pentingnya Melakukan Riset Kompetitor dalam Dunia Bisnis

8 January 2018
in Business

Terobsesi kepada kompetitor bisnis bukanlah mindset yang baik. Bila kamu terlalu terpaku pada apa yang dilakukan orang lain, visi perusahaanmu akan menjadi tak jelas dan kamu bisa kehilangan arah. Daripada kompetitor, seharusnya kita lebih fokus pada kebutuhan konsumen dan bagaimana cara memenuhinya.

Meski demikian bukan berarti kita harus mengabaikan kompetitor seratus persen. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa mengambil berbagai manfaat dari saingan bisnis untuk membuat bisnismu sendiri lebih maju. Apa saja manfaat itu dan bagaimana cara meraihnya?


Daftar Isi

  • Memantau industri secara menyeluruh
  • Lakukan riset kompetitif dengan tabel
  • Pantau penyebaran brand di dunia maya

Memantau industri secara menyeluruh

Kamu mungkin ingat bahwa dulu, brand air minum kemasan Aqua pernah menyiarkan iklan yang cukup unik. Iklan tersebut menyebutkan bahwa air Aqua telalh mellaui 27 kali penyaringan.

Aqua berhasil meraih image unik di kalangan konsumen, yaitu sebagai air minum kemasan yang terjamin kesehatannya.

 ,
Aqua | Poster

Contoh slogan yang berkesan | Sumber Gambar: Training Presentasi

Sesuatu yang membuat brand atau produkmu unik dalam industri, dan membuatnya diingat konsumen seperti ini, disebut sebagai brand positioning. Brand positioning sangat penting agar konsumen punya alasan memilih produkmu. Kamu bisa melakukannya dengan mempelajari kompetitor, kemudian mencari celah untuk menonjolkan kelebihanmu.

Selain itu, kompetitor juga bisa menjadi referensi strategi pemasaran. Kamu bisa memperhatikan strategi apa yang telah mereka lakukan dan berhasil, serta strategi apa yang gagal. Perhatikan juga apa yang sedang menjadi tren, misalnya selera konsumen atau kemunculan kategori produk baru.

Tren industri dan rekam jejak kompetitor ini bisa kamu gunakan untuk memperkirakan masa depan industri yang kamu geluti. Prediksi itu nantinya bisa kamu perkuat dengan pengalaman sendiri, akan menentukan ke mana arah perusahaanmu bergerak, serta cara pemasaran seperti apa yang cocok kamu gunakan.


Lakukan riset kompetitif dengan tabel

Bila kita berbicara tentang Aqua, mungkin kamu berpikir bahwa kompetitor produk ini adalah VIT, Pristine, Ades, atau berbagai merek air mineral lain. Itu tidak salah. Tapi sebetulnya kompetitor Aqua juga mencakup semua minuman, mulai dari teh, susu, hingga minuman berkarbonasi.

Produk-produk ini bukan air mineral, tapi masih berada dalam industri besar yang sama: industri minuman kemasan. Mereka memiliki target pasar yang beririsan, dijual di tempat yang sama, bahkan mungkin memiliki strategi iklan yang sama. Mereka adalah kompetitor tak langsung, dan wajib kamu waspadai.

Untuk melakukan riset terhadap kompetitor, kamu bisa memanfaatkan tabel perbandingan berisi berbagai aspek-aspek berikut:

  • Nama brand
  • Industri
  • Situs web
  • Konsumen target
  • Tipe kompetitor
  • Diferentiator
  • Produk

Dengan aspek-aspek di atas, tabel riset kompetitif sebuah perusahaan minuman dapat berbentuk seperti contoh di bawah.

Competitive Research | Table

Contoh tabel riset kompetitor

Data di atas sudah cukup untuk membuat analisis tentang brand positioning perusahaanmu serta prediksi industri di masa depan. Tapi bila kamu ingin melakukan riset lebih mendalam, kamu juga bisa memantau angka-angka yang lebih detail. Misalnya:

  • Market cap
  • Market share
  • Angka penjualan
  • Distribusi geografis
  • Kepemimpinan
  • Pertumbuhan YoY (year-over-year)

Cara termudah melakukan analisis adalah dengan berpikir seperti seorang konsumen. Tanyakan pada dirimu sendiri beberapa pertanyaan berikut:

  • Konsumen seperti apakah kamu?
  • Apakah kamu merupakan target pasar produkmu sendiri?
  • Bila tidak, mengapa?
  • Apa alasan orang harus memilih produkmu ketimbang produk lain serupa?

Dengan berpikir seperti konsumen, kamu akan bisa menemukan celah kekurangan dalam brand milikmu. Dan dengan adanya rekam jejak kompetitor, kamu bisa menentukan strategi yang lebih baik, sebab kamu tahu strategi apa yang berhasil dan apa yang telah gagal.


Pantau penyebaran brand di dunia maya

Popularitas brand di dunia maya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari marketing zaman sekarang. Untuk mengetahui kekuatan kompetitor di bidang ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam tool. Dua di antaranya yang cukup berguna adalah SimilarWeb dan Google Trends.

Competitive Research | Brands on Facebook

Popularitas brand di dunia maya sangat penting | Sumber Gambar: Monty Metzger

SimilarWeb dapat membantumu memantau traffic situs web kompetitor, termasuk dari mana traffic itu berasal (apakah dari referral, iklan display, dsb). Kamu juga bisa memantau situs apa saja yang dikunjungi konsumen, agar kamu tahu apa minat mereka.

Sementara Google Trends dapat kamu gunakan untuk mencari tahu topik apa yang sedang ramai orang cari di internet. Dari sini kamu bisa memantau tren industri, serta menemukan celah-celah oportunitas untuk kamu manfaatkan. Perhatikan juga strategi SEO milik kompetitor dan cari tahu bagaimana cara menyainginya.


Pengalaman adalah guru yang terbaik, tapi pengalaman itu tak harus datang dari dirimu sendiri. Kamu juga bisa memperhatikan pengalaman orang lain. Belajarlah dari kesalahan maupun keberhasilan kompetitor, dan manfaatkan celah-celah yang ada untuk memantapkan posisimu dalam industri.

Terakhir, jangan lupa juga bahwa tujuan utamamu adalah memenuhi kebutuhan konsumen. Apa yang kamu pelajari dari kompetitor berguna sebagai referensi. Tapi jangan sampai itu begitu mempengaruhimu hingga kamu menyimpang dari visi perusahaanmu sendiri.

Sumber: Google Primer [tia]

5/5 - (2 votes)

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: bisnisbusinessdunia bisniskompetitorrisetriset kompetitor
2k
VIEWS
Previous Post

NIOMIC Luncurkan Online Coding Bootcamp GRATIS Untuk 50 Peserta

Next Post

Startup Ini Jual Perlengkapan Darurat Mewah Khusus Orang Kaya

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • 1140-hiden-dangers-of-wi-fi.imgcache.rev.web.1100.633-832458b3

    3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    1011 shares
    Share 404 Tweet 253
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2454 shares
    Share 981 Tweet 613
  • Meta Menambahkan Fitur Berbasis AI ke Aplikasi WhatsApp Business

    114 shares
    Share 46 Tweet 29
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    588 shares
    Share 235 Tweet 147
  • Ini 10 Aplikasi Gratis Penyedia Promo dan Diskon di Indonesia

    198 shares
    Share 79 Tweet 50
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    162 shares
    Share 65 Tweet 41
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    318 shares
    Share 127 Tweet 80
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    250 shares
    Share 100 Tweet 63
  • Cara Mendapatkan Akun WiFi ID Gratis, Masih Work!

    282 shares
    Share 113 Tweet 71
  • Qlapa Gulung Tikar

    320 shares
    Share 128 Tweet 80

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News