Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Muslimah Center Gandeng UKM untuk Bersaing di Ranah E-commerce Muslim

31 May 2017
in Startup
Muslimah Center Gandeng UKM untuk Bersaing di Ranah E-commerce Muslim
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Menambah panjang daftar pelaku e-commerce yang mengincar pasar muslim di Indonesia, pada 24 Mei 2017 lalu Muslimah Center resmi diperkenalkan ke publik. Meski peluncurannya baru dilakukan mendekati Ramadan, namun mereka sebenarnya telah beroperasi sejak Februari 2017.

Startup ini didirikan oleh Teguh Arifianto dan ada di bawah naungan PT Sabrina Rekha Bangun, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pengadaan alat-alat sekolah.

Baca lagi

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

Sesuai namanya, Muslimah Center menyasar para wanita muslim sebagai target utama. Produk yang disediakan pun cukup beragam, dari mulai baju muslim, perlengkapan salat, hingga kosmetik.

Ajak UKM bekerja sama

Muslimah Center | Launching

Untuk mendapatkan produk, Muslimah Center bekerja sama dengan beragam usaha kecil menengah (UKM) dan menerapkan sistem konsinyasi. Dengan begitu, Muslimah Center bisa memberikan harga yang lebih rendah, karena harga yang didapat pun langsung dari produsen atau UKM itu sendiri.

Menurut Djaka, VP of Business Development Muslimah Center, langkah ini juga diambil untuk membantu UKM. “UKM dapat fokus di bagian produksi dan pengembangan produk, sementara kami menangani dari segi marketing secara online, pengiriman, penyimpanan barang, foto produk, bahkan customer service juga kami bantu,” jelasnya.

Selama tiga bulan sejak pertama kali beroperasi, startup ini telah melayani sekitar seribu transaksi. Selain itu, mereka juga telah bekerja sama dengan 30 UKM dan memiliki sekitar 300 varian produk.

Promosi tanpa diskon gila-gilaan

Muslimah Center | Screenshot

Dalam memperkenalkan Muslimah Center, Djaka menyatakan pihaknya enggan melakukan promosi atau diskon gila-gilaan. “Kita berusaha tidak memberikan diskon yang terlalu berlebihan karena kita sendiri mencoba mengubah stigma e-commerce di Indonesia,” kata Djaka

Ia berharap, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengedukasi pengguna e-commerce di Indonesia dan mengurangi ketergantungan terhadap diskon. “Bahkan sekarang konsumen di Indonesia ada yang tidak akan beli kalau sedang tidak ada promo,” kata Djaka, “kalau seperti itu berarti kita sudah mencoba untuk menstimulasi orang Indonesia untuk selalu diberikan promosi.”

Alih-alih memberikan diskon atau promo dalam jumlah besar, Muslimah Center lebih memilih untuk menambah variasi produk dengan target dan rentang harga yang lebih luas. Dengan begitu, mereka dapat menjangkau segala kalangan. Calon pembeli juga dapat menentukan produk dan rentang harga yang cocok dengan daya beli serta selera masing-masing.

Targetkan ribuan produk di Muslimah Center

Muslimah Center Grand Launching | Photo

Menurut Djaka, Muslimah Center menargetkan sampai akhir tahun ini bisa mendapatkan tujuh ribu produk yang terdaftar di situsnya. “Kita berusaha untuk sebanyak-banyaknya kita adakan, karena yang namanya tren akan berubah, berganti-ganti seiring waktu,” ujar Djaka.

Djaka sendiri dipercaya untuk menangani Muslimah Center karena ia dianggap telah cukup berpengalaman di ranah e-commerce dan industri digital. Sebelumnya, ia pernah ikut mendirikan Disdus bersama Jason Lamuda dan Ferry Tenka, serta terlibat dalam sejumlah startup lainnya seperti Utees.me, dan Klik Today yang kini berubah nama menjadi Kufed.


Persaingan di ranah e-commerce yang menargetkan pasar muslim sebagai sasaran utamanya terbilang cukup subur di tanah air. Di antaranya Hijabenka, Hijup, dan Muslimarket.

Meski kompetisi semakin sengit, Muslimah Center masih memiliki peluang untuk bersaing karena belum ada pelaku e-commerce yang mendominasi pasar tersebut. Visi mereka yang hendak memperbanyak variasi produk agar dapat menyentuh kalangan lebih luas, dipadu dengan strategi menggandeng UKM, juga bisa menjadi salah satu kekuatan kompetitif. [tia/ap]

Tags: diskon ramadandiskon ramadhanmuslimahmuslimah centermuslimahcenterstartup
Previous Post

Saya Gagal Membangun Bisnis Startup, dan Itu Bukan Masalah

Next Post

Islamic GPS, Aplikasi Pencari Lokasi Masjid Pertama Dunia Berbasis Augmented Reality

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

pitch deck zomato

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

3 March 2023
1.4k

Zomato, perusahaan layanan pengiriman makanan dan reservasi restoran terkemuka di India, dikenal karena pitch deck-nya yang sukses. Pitch deck adalah...

pitching startup

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

21 February 2023
1.4k

Platform penyedia layanan jasa, baik dalam bidang keuangan maupun pengiriman barang, terus tumbuh dan berkembang pesat di era digital ini....

airbnb 2022

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

20 February 2023
1.4k

Airbnb adalah salah satu platform pemesanan akomodasi online terbesar di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2008 ini telah berevolusi...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1006 shares
    Share 402 Tweet 251
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • Token Asli Gridex Protocol, GDX, Melonjak Lebih Dari 422% Setelah Terdaftar di D5 Exchange

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    166 shares
    Share 66 Tweet 42
  • Zippyshare Tutup Maret 2023: Apa Pelajaran yang Bisa Diambil?

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Belajar dari Pitch Deck GoJek Sebelum Menjadi Unicorn

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Hai MAHASISWA, 15 Situs Ini Diam-diam Bisa Bikin Skripsimu Cepat Kelar!

    135 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

    127 shares
    Share 51 Tweet 32
  • Kerangka Pitch Deck Bisnis yang Efektif untuk Mempersuasi Investor

    108 shares
    Share 43 Tweet 27

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz