Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Muslimah Center Gandeng UKM untuk Bersaing di Ranah E-commerce Muslim

31 May 2017
in Startup

Menambah panjang daftar pelaku e-commerce yang mengincar pasar muslim di Indonesia, pada 24 Mei 2017 lalu Muslimah Center resmi diperkenalkan ke publik. Meski peluncurannya baru dilakukan mendekati Ramadan, namun mereka sebenarnya telah beroperasi sejak Februari 2017.

Startup ini didirikan oleh Teguh Arifianto dan ada di bawah naungan PT Sabrina Rekha Bangun, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pengadaan alat-alat sekolah.

Sesuai namanya, Muslimah Center menyasar para wanita muslim sebagai target utama. Produk yang disediakan pun cukup beragam, dari mulai baju muslim, perlengkapan salat, hingga kosmetik.

Daftar Isi

  • Ajak UKM bekerja sama
  • Promosi tanpa diskon gila-gilaan
  • Targetkan ribuan produk di Muslimah Center

Ajak UKM bekerja sama

Muslimah Center | Launching

Untuk mendapatkan produk, Muslimah Center bekerja sama dengan beragam usaha kecil menengah (UKM) dan menerapkan sistem konsinyasi. Dengan begitu, Muslimah Center bisa memberikan harga yang lebih rendah, karena harga yang didapat pun langsung dari produsen atau UKM itu sendiri.

Menurut Djaka, VP of Business Development Muslimah Center, langkah ini juga diambil untuk membantu UKM. “UKM dapat fokus di bagian produksi dan pengembangan produk, sementara kami menangani dari segi marketing secara online, pengiriman, penyimpanan barang, foto produk, bahkan customer service juga kami bantu,” jelasnya.

Selama tiga bulan sejak pertama kali beroperasi, startup ini telah melayani sekitar seribu transaksi. Selain itu, mereka juga telah bekerja sama dengan 30 UKM dan memiliki sekitar 300 varian produk.

Promosi tanpa diskon gila-gilaan

Muslimah Center | Screenshot

Dalam memperkenalkan Muslimah Center, Djaka menyatakan pihaknya enggan melakukan promosi atau diskon gila-gilaan. “Kita berusaha tidak memberikan diskon yang terlalu berlebihan karena kita sendiri mencoba mengubah stigma e-commerce di Indonesia,” kata Djaka

Ia berharap, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengedukasi pengguna e-commerce di Indonesia dan mengurangi ketergantungan terhadap diskon. “Bahkan sekarang konsumen di Indonesia ada yang tidak akan beli kalau sedang tidak ada promo,” kata Djaka, “kalau seperti itu berarti kita sudah mencoba untuk menstimulasi orang Indonesia untuk selalu diberikan promosi.”

Alih-alih memberikan diskon atau promo dalam jumlah besar, Muslimah Center lebih memilih untuk menambah variasi produk dengan target dan rentang harga yang lebih luas. Dengan begitu, mereka dapat menjangkau segala kalangan. Calon pembeli juga dapat menentukan produk dan rentang harga yang cocok dengan daya beli serta selera masing-masing.

Targetkan ribuan produk di Muslimah Center

Muslimah Center Grand Launching | Photo

Menurut Djaka, Muslimah Center menargetkan sampai akhir tahun ini bisa mendapatkan tujuh ribu produk yang terdaftar di situsnya. “Kita berusaha untuk sebanyak-banyaknya kita adakan, karena yang namanya tren akan berubah, berganti-ganti seiring waktu,” ujar Djaka.

Djaka sendiri dipercaya untuk menangani Muslimah Center karena ia dianggap telah cukup berpengalaman di ranah e-commerce dan industri digital. Sebelumnya, ia pernah ikut mendirikan Disdus bersama Jason Lamuda dan Ferry Tenka, serta terlibat dalam sejumlah startup lainnya seperti Utees.me, dan Klik Today yang kini berubah nama menjadi Kufed.


Persaingan di ranah e-commerce yang menargetkan pasar muslim sebagai sasaran utamanya terbilang cukup subur di tanah air. Di antaranya Hijabenka, Hijup, dan Muslimarket.

Meski kompetisi semakin sengit, Muslimah Center masih memiliki peluang untuk bersaing karena belum ada pelaku e-commerce yang mendominasi pasar tersebut. Visi mereka yang hendak memperbanyak variasi produk agar dapat menyentuh kalangan lebih luas, dipadu dengan strategi menggandeng UKM, juga bisa menjadi salah satu kekuatan kompetitif. [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: diskon ramadandiskon ramadhanmuslimahmuslimah centermuslimahcenterstartup
1.5k
VIEWS
Previous Post

Saya Gagal Membangun Bisnis Startup, dan Itu Bukan Masalah

Next Post

Islamic GPS, Aplikasi Pencari Lokasi Masjid Pertama Dunia Berbasis Augmented Reality

Related Posts

Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

24 December 2024
1.9k

Mempelajari tentang startup, maka tak akan terlepas dari belajar tentang berjalannya sebuah proses bisnis. Ada beberapa istilah dan konsep bisnis...

tahapan sebelum mvp

Tahapan Sebelum Mencapai Minimum Viable Product (MVP) dalam Pengembangan Produk

8 May 2024
1.6k

Pengembangan produk adalah proses yang melibatkan serangkaian tahapan penting sebelum mencapai tahap Minimum Viable Product (MVP). Sebelum mencapai MVP, ada...

Coworking Space Di Jakarta

Kumpulan Co-Working Space di Jakarta Terbaru

20 February 2024
2.2k

Coworking Space Jakarta bisa dibilang merupakan salah satu kota terpenting bagi ekosistem startup teknologi di Indonesia. Tidak hanya karena infrastrukturnya yang lebih...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2394 shares
    Share 957 Tweet 598
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    944 shares
    Share 378 Tweet 236
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    241 shares
    Share 96 Tweet 60
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    296 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Bitcoin Naik 1.500% dalam 5 Tahun, IHSG Hanya 35%

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Harga Saham GoTo Terjun Bebas (Lagi)

    123 shares
    Share 49 Tweet 31
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    155 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

    358 shares
    Share 143 Tweet 90
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    566 shares
    Share 226 Tweet 142
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    572 shares
    Share 229 Tweet 143

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News