fbpx
Trentech.id

Metode Hackathon Ala Hacksprint 1000 Startup Digital

Hacksprint metode baru dalam mengembangkan startup digital di Indonesia. Diperkenalkan dalam ajang Gerakan Nasional 1000 Startup, sistem ini membantu startup fokus membentuk value dan produk awal yang layak digunakan pelanggan.

Dalam membangun startup, kita melewati sebuah tahap yang dinamakan Hackathon. Fase khusus, saat para ahli Informasi Teknologi (IT) berkumpul dan mencoba membuat produk yang memberi nilai tambah atau menyelesaikan masalah bagi pelanggan atau penggunanya.

Tantangan utama pada tahap ini adalah membentuk value dan produk awal yang layak digunakan oleh pelanggan.

Faktanya,  waktu yang dibutuhkan begitu lama dan tak memiliki timeline untuk menyelesaikan produk mereka. Sehingga yang terjadi hasil akhir produk ini tak bisa digunakan atau hanya sebatas prototype.

Melihat sistem Hackathon yang kurang optimal, membuat para penggiat 1000 Startup mengambil inisiatif dengan melahirkan metode yang disesuaikan kondisi Indonesia yaitu Hacksprint.

Hacksprint ini diklaim lebih mampu membangun prototype yang sesuai dengan peluang pasar serta mendapat sambutan hangat dari para pengguna.

Lebih jauh, Hacksprint merupakan versi baru Hackathon yang dikemas lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan metode design sprint. Saat programmer akan membuat prototype produk startup digital dengan langkah-langkah mulai dari understand, define,diverge, decide, prototype dan validate.

Hacksprint diharapkan tak hanya menghasilkan produk yang langsung dapat digunakan, tapi produknya tervalidasi dimana hustler (marketing), hipster (desain grafis), dan hacker(developer) akan membuat purwarupa (prototype) produk startup digital.

Dalam kegiatan Hacksprint ini, peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital harus membuat sekitar 40 sampai 50 tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang: Hustler (marketing), Hacker (developer), dan Hipster (design grafis), yang membuat prototypeproduk startup.

Mereka kemudian akan melakukan pitching di hadapan juri dan akan dicari tiga ide terbaik untuk mendapatkan reward dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. [hi/ap]

Advertisements

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

Please Login to comment
Advertisements