fbpx
Trentech.id

Hackathon 1000 Startup Digital Persembahkan 53 Tim dari Berbagai Macam Ide

Sebanyak 53 Tim ramaikan event hackathon 1000 Startup Digital yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hackhathon ini diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 8-9 Oktober 2016 di Jakarta. Ide yang masuk dalam hackathon ini sangat beragam, mulai dari pertanian, peternakan, musik, jasa, e-commerce, pendidikan, sosial media dan lain sebagainya.

Hackathon ini menggunakan konsep hacksprint yang pastinya dilakukan dengan cepat, mulai dari merumuskan masalah yang dicari, hingga membangun prototype. Metode haksprint berbeda dengan hackathon pada umumnya, dalam hacksprint ini peserta dibuat seolah – olah sedang berpacu dalam perlombaan lari dengan sprint dengan cepat. Setelah hackthon di Jakarta ini selanjutnya akan diselenggarakan di kota-kota lainnya.

Dalam hackathon 1000 Startup Digital ini memang bukan perlombaan yang mencari siapa pemenangnya, tetapi lebih ditekankan edukasi dan pembelajaran bersama baik bagi mentor maupun peserta untuk dapat membangun startup yang tervalidasi dan dibutuhkan user. Hackathon ini adalah rangkaian acara dari Gerakan 1000 Startup Digital yang sebelumnya telah terselenggara Ignition dan workshop, dan selanjutnya Bootcamp hingga incubation. Tim yang lolos ke tahap selanjutnya diseleksi oleh banyak juri dari berbagai startup di Indonesia yang tentunya sangat berpengalaman dibidangnya.

Semua peserta yang terdiri dari berbagai jenjang usia merasa senang mengikuti event ini, karena sebuah pembelajaran yang sangat luar biasa. “saya sangat senang sekali mengikuti rangkaian acara ini, karena ilmu yang didapatkan benar-benar baru bagi saya dan sangat powerfull sekali dalam mevalidasi ide startup yang akan saya jalani” ungkap Angga Permana mahasiswa ESQ Business School dan membawa tim UtakAtikOtak.com.

Gerakan ini adalah bagian dari pembaharu Indonesia, bahwa Indonesia bisa membuat startup berkualitas dunia. Kita bisa menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri dan itu memang bisa.

  Raih Indonesia Best Brand Awards 2018, Tagtoo Siap Matangkan Periklanan Digital Indonesia

Bagi kamu yang tertarik membangun startup, silahkan buat dengan sebaik-baiknya untuk berkontribusi besar bagi negara Indonesia tercinta. [AP]

Advertisements

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

Please Login to comment
Advertisements