Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Kesalahan Umum yang Dilakukan Founder Baru

8 April 2022
in Business
kesalahan yang dilakukan founder baru

Seringnya, founder baru belajar lebih banyak dari kesalahan yang mereka buat selama mendirikanstartup dibanding dari kesuksesan mereka. Ini kurang lebih sama dengan pengalaman yang saya miliki.

Ketika saya memulai menjadi seorang founder delapan tahun lalu, saya tidak tahu apa-apa tentang cara membuat rencana bisnis, mengurus email pemasaran, atau menumbuhkan usaha. Apalagi hal-hal yang kompleks seperti membuat Term Sheet investasi, SEO, dan iklan PPC saya masih seperti menjadi founder baru.

Berita baiknya, saya mengubah apa yang saya pelajari [dari kesalahan saya] menjadi bisnis-bisnis baru. Kami meluncurkan Webfosys sebagai sebuah layanan penyedia konten. Kemudian kami terus membuat variasi bisnis seperti pengembangan situs, pemasaran digital, pengembangan aplikasi mobile, digital branding dan PR, manajemen media sosial, pembangkitan prospek secara online, dan bahkan konsultasi startup.

[postingan number=3 tag=”startup”]

Jadi, saya memutuskan untuk menulis artikel ini untuk membagikan apa yang saya pelajari dari hampir satu dekade perjalanan kewirausahaan saya. Sebagai founder baru banyak sekali kesalahan-kesalahan yang sering saya lakukan.

Daftar Isi

  • Menghabiskan uang untuk kegiatan yang tak begitu penting
  • Melakukan kampanye email pemasaran dengan sangat agresif
    • Pelajaran dari kesalahan saya sebagai founder baru
  • Mengabaikan pentingnya seorang Chief Marketing Officer
  • Tidak membuat variasi bisnis di waktu yang tepat
  • Hanya berfokus pada pasar lokal

Menghabiskan uang untuk kegiatan yang tak begitu penting

founder baru habiskan uang

Ketika pendapatan mulai mengalir, kesalahan paling umum yang dilakukan founder baru startup minim pengalaman adalah menginvestasikan terlalu banyak uang untuk kegiatan kurang penting. Beberapa di antaranya adalah guest blogging atau menulis artikel untuk dimuat di situs orang lain, memberikan hadiah [bagi pengguna], dan public relation (PR).

Meskipun sebagian agen PR melakukan kerja yang bagus dengan bayaran yang standar, banyak agen PR lain yang mematok harga yang sangat tinggi. Seringnya, ROI atau laba atas investasi yang kita dapat tidak sebanding dengan harga yang mereka patok.

Saya bahkan pernah mengeluarkan banyak uang untuk beriklan di TV! Meski tim kami senang melihat perusahaannya masuk di TV nasional, dan klien potensial kami suka berbisnis dengan perusahaan yang masuk TV, saya tidak pernah tahu apakah uang yang kami keluarkan sebanding dengan ROI yang kami dapatkan. Founder baru juga biasanya sangat agresif untuk pemasaran tahap awal ini.

Di sisi lain, berinvestasi di sebagian kegiatan PR dan memberikan hadiah pada pengguna sangat membantu merek kita untuk lebih dikenal. Ini bisa berdampak pada penjualan kita di masa depan. Portal seperti DealsStreet, FreeKaaMaal, dan CouponRaja melakukan ini dengan sangat baik.

Melakukan kampanye email pemasaran dengan sangat agresif

email marketing

Situs penyedia diskon sering mengirimkan email secara agresif untuk meningkatkan traffic. Mereka berharap semakin banyak email yang mereka kirimkan, semakin banyak pula konversi pengguna yang mereka peroleh. Begitulah kesalah saya sebagai founder baru yang pastinya akan menjadi pelajaran berharga.

Tapi pada kenyataannya, mengirimkan lebih dari seratus ribu email dalam sekali waktu biasanya punya dampak negatif pada peluang dibukanya email tersebut. Email yang mereka kirimkan biasanya akan berakhir di folder sampah.

Selain itu, setelah banyak pengguna melaporkan email kita sebagai “spam”, maka ke depannya email yang kita kirimkan akan langsung masuk ke Spam alih-alih masuk tab Social atau Promotions.

email marketing

Pelajaran dari kesalahan saya sebagai founder baru

Kami tidak sengaja mengirimkan 19.000 email dalam sekali waktu. Karena sebagian besar penerimanya adalah pengguna Gmail, email tersebut malah masuk ke Spam. Sejak saat itu, saya belajar untuk tidak mengirimkan lebih dari 10.000 email dalam sekali waktu.

Mengabaikan pentingnya seorang Chief Marketing Officer

Ketiga, founder baru juga sering mengabaikan kebutuhan untuk memiliki seorang CMO. Padahal, CMO adalah peran yang bisa menggerakkan upaya pemasaran dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi perusahaan.

CEO selalu terbebani dengan banyak tugas, mulai dari mencari investasi, mengelola tim, menangani klien, berkoordinasi dengan tim teknologi, dan membiayai semua kebutuhan.

Dan, biasanya, cukup sulit bagi satu orang untuk fokus menghasilkan bisnis baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, sembari memastikan kelancaran operasional dan pengiriman.

Tidak membuat variasi bisnis di waktu yang tepat

Setiap bisnis perlu berevolusi dalam rentang waktu 15-24 bulan. Kita tidak bisa terus sukses dengan hanya melakukan hal yang sama selama lima tahun ke depan (kecuali bisnis layanan IT atau konsultasi).

Penting bagi CEO dan CMO untuk memetakan rencana berdurasi lima tahun, di mana sebuah bisnis baru bisa ditambahkan setiap tahunnya, setelah mencapai sebuah milestone di bisnisnya sekarang.

Hanya berfokus pada pasar lokal

Pada titik tertentu, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan di pasar lokal. Itu adalah waktu yang tepat untuk berekspansi ke pasar internasional.

expansion - founder baru

Namun, founder baru sering tidak mempertimbangkan peluang berekspansi ke pasar internasional. Mereka lebih memilih membatasi pertumbuhan bisnis mereka di wilayah tertentu. Hal ini menyebabkan potensi kerugian senilai ribuan (atau bahkan jutaan) dolar di pendapatan masa depan.

Kita harusnya tidak perlu paranoid terhadap ekspansi internasional jika model bisnis kita berjalan dengan baik di pasar lokal, serta punya potensi pertumbuhan yang cukup untuk beberapa tahun mendatang. Saya pernah melihat Couponzguru melakukan ini dengan sangat baik. Startup ini berekspansi dari India ke pasar Singapura dan Malaysia hanya dalam rentang waktu dua tahun.


Sebagai penutup, saya berharap para founder baru setidaknya bisa belajar sesuatu dari tulisan ini. Cobalah untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum tersebut selama perjalanan kewirausahaan kalian.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi. Diterjemahkan oleh Lina Noviandari dan diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber gambar: Ryan Melaugh)

5/5 - (4 votes)

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: bisnis tahap awalfounderfounder barufounder startupkesalahankesalahan bisnis tahap awalkesalahan founder barukesalahan founder startuppemulastartup
1.5k
VIEWS
Previous Post

Ini Dia Cara Jualan NFT di OpenSea Terbaru

Next Post

Seputar Bitcoin, Penemunya dan Keistimewaannya

Related Posts

octa brocker

Mendiversifikasi Risiko Kripto Melalui CFD: Perluas Cakrawala Finansial bersama Octa Broker

6 March 2025
1.4k

Pasar mata uang kripto dikenal akan volatilitasnya. Untuk melawan fluktuasi harga, trader perlu menggunakan tools manajemen risiko yang ketat. Opsi...

pengusaha 2025

Tips Sukses Startup: Tools Penting Pengusaha Masa Kini di Tahun 2025

8 January 2025
1.4k

Menjadi wirausahawan di abad ke-21 ini sangat berbeda dengan wirausaha di masa lalu. Jika kita melihat lebih dari satu dekade...

riset pasar untuk startup

Yuk Pelajari Enam Cara Tepat Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis

27 December 2024
1.5k

Sebelum memulai bisnis, Anda harus melakukan riset pasar, hal tersebut dapat menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Penulis Kevin Duncan...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2388 shares
    Share 955 Tweet 597
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    939 shares
    Share 376 Tweet 235
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    570 shares
    Share 228 Tweet 143
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    294 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Penyebab Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi

    206 shares
    Share 82 Tweet 52
  • Strategi Zalora Sukses Raih Profit

    126 shares
    Share 50 Tweet 32
  • Cara Upgrade ChatGPT Plus

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    154 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

    153 shares
    Share 61 Tweet 38
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    240 shares
    Share 96 Tweet 60

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News