bityard

Keren! Startup Ini Ubah Tiang Lampu Jalanan Jadi Charger Mobil Listrik

Sejumlah tiang lampu jalanan di London diubah menjadi titik pengisian daya mobil listrik. Hal ini guna memudahkan pengguna mobil listrik kota tersebut dalam mengisi daya mobilnya.

Mengutip Independent, Selasa (4/7/2017), untuk bisa menikmati layanan dari startup bernama Ubitricity ini, pemilik mobil hybrid dan listrik harus terlebih dahulu membeli kabel khusus yang dilengkapi pengukur listrik built-in.

Berbekal kabel itu, mereka dapat mengisi daya kendaraan mereka melalui tiang lampu di kawasan Barnes, Hounslow, Twickenham, Kensington, dan Westminster.

Titik pengisian daya ini dapat mengatasi masalah keterbatasan akses menuju lokasi pengisian daya yang belum menyebar secara rata. Namun demikian, daya yang ditawarkan oleh titik pengisian ini lebih rendah.

Pakar transportasi Inggris, Greg Edwards, mengatakan, pemerintah menghadapi sejumlah tantangan dalam memasang infrastruktur penunjang untuk mobil listrik di kawasan permukiman.

Beberapa tantangan itu meliputi biaya pemasangan masih mahal, potensi mengganggu jalanan yang sudah tertata rapi, dan tempat parkir terpisah. Oleh sebab itu, ia berharap apa yang ditawarkan oleh Ubitricity mampu menjadi solusi.

“Karena teknologi ini dapat dipasang ke tiang lampu jalanan yang sudah ada, kita tidak perlu menambahkan infrastruktur yang mengganggu jalan-jalan permukiman,” katanya. [lien/rs]

Riski Saputra

Riski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments