fbpx
Trentech.id

Jangan Panik! Ini Dia 6 Aplikasi untuk Melacak HP yang Hilang

HP hilang adalah masalah yang besar, karena itu sudah merupakan sesuatu yang menghubungkan kita dengan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Menanggapi hal ini, kita butuh sebuah aplikasi pelacak HP yang hilang.

Mungkin kita masih bisa mengikhlaskan HP yang hilang, namun yang menjadi masalah utamanya bukanlah itu, melainkan berbagai data penting yang ada dalam HP itu, seperti foto kenangan, file penting untuk pekerjaan, dan file penting lainnya yang kita anggap jauh lebih penting dari sekedar uang.

Daripada kamu harus menghapus berbagai data yang hilang di HP itu seperti mengganti akun sosmed Facebook atau Gmail dan sebagainya, akan lebih baik jika kamu bisa melacak HP yang hilang itu dan segera menemukannya sebelum disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab yang menemukannya.

Berikut adalah 7 cara untuk mencari HP yang hilang, yang mungkin dapat membantumu nanti jika kehilangan HP (mudah-mudahan nggak ya):

1. Cerberus Anti Theft

aplikasi anti maling
Sumber: Google Play

Cerberus Anti Theft adalah salah satu aplikasi anti maling yang sangat ampuh untuk mencari HP yang hilang, entah itu dicuri atau hanya kamu yang menaruhnya di mana. Saat pertama memasangnya, kamu akan mendapat fitur lengkap dengan masa trial selama seminggu.

Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk melindungi HP dengan aplikasi ini. Pertama dengan remote control melalui website Cerberus, yang kedua adalah remote control via SMS melalui HP lain, dan yang terkahir adalah dengan alarm otomatis yang akan berbunyi jika aplikasi mendeteksi ada orang lain yang mencoba untuk membuka kunci dari HP tersebut.

Untuk terus bisa menggunakannya, kamu diharuskan untuk membeli lisensi seharga Rp83.000. Tidak ada biaya tambahan lain, seperti biaya bulanan atau tahunan. Dengan kata lain, kamu dapat memakai aplikasi ini selamanya.

2. Android Device Manager

aplikasi pencari hp

Android Device Manager adalah salah satu layanan yang di berikan oleh Google berupa aplikasi untuk mengidentifikasi atau mencari HP yang hilang, mengingat Google adalah perusahaan terbesar yang bekerjasama dengan produsen smartphone.
Aplikasi ini akan bekerja untuk melacak lokasi HP yang hilang dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang terpasang pada HP tersebut, karena pada dasarnya setiap perangkat mempunyai kemampuan membaca lokasi berdasarkan jaringan dan akun Google, kemudian data tersebut akan di simpan dalam sebuah database.
Buat kamu yang suka lupa meletakkan HP, dengan aplikasi ini kamu bisa membunyikan nada dering HP pada saat perangkat tersebut berada dalam keadaan silent. Dijamin bisa ketemu walaupun lupa, dengan syarat jika memang letak HP tersebut tidak terlalu jauh dari jangkauan, karena dering HP tidak akan terdengar dalam jarak lebih dari 20 meter.
Karena ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google, kamu dapat mengelola aplikasi ini hanya dengan satu akun Google.

3. Avast Mobile Security

sistem keamanan hp
Sumber: Tricks-Collections.Com

Avast Mobile Security adalah aplikasi antivirus yang juga dilengkapi dengan fitur anti maling. Jika kamu berpikir bagaimana cara menemukan HP yang hilang, maka kamu dapat menggunakan fitur penentu lokasi yang ada di HP tersebut untuk membantu melacaknya dan mengontrol dari jarak jauh.

Kamu dapat menggunakan fitur ini dengan memanfaatkan GPS. Kamu juga dapat mengunci aplikasi agar hanya kamu yang dapat membuka aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan alarm, atau menghapus isi dari memori internal dan eksternal agar data pribadimu tidak jatuh pada orang lain.

Avast Mobile Security adalah aplikasi yang tidak berbayar, namun kamu bisa menemukan fitur yang lebih ampuh untuk menemukan HP dengan menjadi pengguna berbayar.

4. Anti Theft Alarm

alarm anti maling
Sumber: Mobogenie

Kalau kamu adalah orang yang suka meninggalkan HP atau ngecas di tempat umum, Anti Theft Alarm adalah aplikasi yang cocok untukmu. Dengan ini kamu akan merasa lebih lega saat meletakkan HP di mana saja atau ngecas di tempat umum.

Yang paling ampuh dari aplikasi ini adalah fitur yang melarang orang untuk memindahkan atau melarang orang lain untuk mencabut kabel charger kamu. Saat kamu mengaktifkan alarm, tidak ada satu orangpun yang berhak untuk mencabut atau memindahkan HP-mu.

Ini karena jika mereka melakukannya, alarm dari HP akan berbunyi dan tidak akan ada yang bisa mematikannya, kecuali dengan membuka kunci pola yang ada pada HP itu. Walaupun ini bukan merupakan aplikasi untuk mencari HP yang hilang, setidaknya dengan ini kamu bisa mencegah agar HP tidak hilang.

5. Find My Phone!

aplikasi find my phone
Sumber: Android Headlines

Find My Phone! adalah aplikasi untuk kamu yang lupa meletakkan HP atau benar-benar merasa kecurian HP. Saat HP hilang, kamu bisa melacaknya dengan aplikasi ini lewat GPS. Akan ada titik yang menandai di mana lokasi HP yang hilang tersebut hingga bisa dilacak.

Dengan terus meng-update lokasi, kamu bisa melihat titik bergerak yang menandai kalau itu adalah HP yang hilang. Tidak hanya smartphone, dengan aplikasi ini bahkan kamu juga dapat melacak sebuah Tablet atau iPad yang hilang.

Pada aplikasi juga terdapat fitur Location History, yang membuatmu dapat mengetahui di mana posisi awal perangkat yang hilang tersebut, kemudian ke mana saja ia bergerak. Dengan ini kamu dapat melakukan pencarian yang lebih mendalam.

6. Where’s My Droid

aplikasi where's my droid
Sumber: iSkysoft Toolbox

Where’s My Droid adalah aplikasi pelacak HP yang terlihat lebih baik dari kebanyakan aplikasi lainnya. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan berbayar. Di versi gratis, kamu dapat menemukan HP dengan membuatnya bergetar atau berbunyi, dan juga melacak HP lewat GPS.

Ada juga fitur GPS Flare, yaitu lokasi yang memberi sinyal saat lowbatt. Kamu juga bisa membuat sebuah password untuk mencegah seseorang untuk mengotak-atik aplikasi yang terpasang. Ada juga fitur Stealth Mode yang bisa menggertak si pencuri dengan peringatan tertentu. Apliksi juga tidak mengurangi penggunaan baterai sama sekali.

Kamu akan menemukan fitur yang lebih menarik pada versi Pro (berbayar). Di versi ini kamu bisa memiliki berbagai fitur menarik seperti mengambil foto dengan kamera dari perangkat yang dicuri sehingga akan terlihat wajah dari si pencuri.

Selain itu ada juga fitur yang bisa mengunci perangkat dengan remote dan mencegah aplikasi untuk di-uninstall. Ada juga fitur yang bisa menghapus data dari memori internal dan SD Card, menyembunyikan ikon aplikasi, dan masih banyak fitur lainnya di mode ini.

Pada mode Elite, yang bisa menghadirkan berbagai fitur premium, kamu akan menemukan fitur yang memberikan kelengkapan pada Where’s My Droid sebagai aplikasi anti maling terbaik.

Di mode Elite ini kamu akan mendapatkan fitur tambahan seperti Auto Theft Detection, yaitu fitur yang bisa mendeteksi kalau memang ada pencuri yang mengambil HP-mu. Juga ada fitur yang meng-update lokasi dari HP itu tiap beberapa saat, juga Location History yang bisa menunjukkan ke mana saja HP itu telah di bawa pergi.


Itu tadi berbagai aplikasi yang dijamin bisa untuk menemukan HP-mu yang sudah digondol maling. Semoga nantinya aplikasi ini bisa membantu seandainya ada HP milikmu yang hilang (jangan sampai). [ts/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments