Trentech.id

Ini Dia Teknologi Mobil Impian di 2018

Industri otomotif setiap tahunnya mengalami perubahan. Tahun 2017 misalnya, isu yang paling santer di industri otomotif adalah soal diesel yang bakalan dilarang dalam beberapa tahun ke depan karena disebut-sebut menyumbang polusi udara yang cukup besar, mobil impian akan menjadi dambaan setiap kita. 

Meski begitu, pada tahun 2018, industri otomotif masih diprediksi akan terus mengalami kemajuan terutama dari sisi teknologi. Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan dengan pengguna terbanyak di dunia. Berbagai evolusi teknologi terbaru juga senantiasa diterapkan oleh produsen mobil untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pengguna dalam berkendara. Mau tau teknologi mobil apa saja yang mulai menjamur di 2018? Simak ulasannya dibawah ini

1. Asisten Suara

Palingbaru.com

Teknologi voice assistant alias asisten suara telah cukup lama diperkenalkan. Jika dilihat dari sejarahnya, pengembangan awal teknologi ini telah dimulai sejak tahun 1961, yaitu dengan diperkenalkannya IBM Shoebox sebagai digital speech recognition tool (alat pengenalan ucapan digital) yang pertama di dunia.

Perkembangan yang cukup signifikan dimulai dengan hadirnya Siri pada iOS dari Apple di tahun 2011. Saat ini, Siri menjadi salah satu fitur utama dalam produk iPhone. Teknologi ini pun semakin menjamur, diikuti oleh berbagai pengembang sistem operasi dan produsen teknologi lainnya, seperti Google Now, Microsoft Cortana, serta Amazon Alexa.

Produsen mobil pun tak ketinggalan menerapkan teknologi ini. Ford dan BMW telah menjalin kerjasama dengan Amazon untuk mengintegrasikan Alexa pada mobilnya. Hyundai rencananya bekerja sama dengan SoundHood untuk mengembangkan asisten suara miliknya sendiri. Mercedes Benz sedang mengembangkan MBUX miliknya yang diperkenalkan pada ajang CES (Consumer Electronics Show) di awal 2018 lalu. Toyota juga telah memperkenalkan produk konsep Yui dengan asisten pribadi yang canggih.

2. Mobil Saling Berbicara

Forbes

Vehicle to Vehicle (V2V) bisa dibilang juga bukan hal baru di industri mobil. Teknologi yang disebut mobil saling bicara ini bukan berarti mobil bisa ngobrol satu sama lain di jalan. Melainkan setiap mobil bisa berbagi soal informasi kemacetan jalan dan juga cuaca kepada mobil lainnya. Jika sistem V2V melihat ada sesuat yang buruk terjadi di jalanan, maka sistem secara otomatis langsung memberikan alternatif jalan agar si pengendara bisa sampai ke tempat tujuan dengan waktu tempuh lebih cepat. 

Bukan hanya itu teknologi V2V juga diklaim bisa mencegah kecelakaan, memberikan informasi kapan harus servis, dan juga informasi lain seputar mobil. 

3. Mobil Ramah Lingkungan

Honda

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup telah menjadi perhatian banyak orang. Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil yang ramah lingkungan, seperti mobil hybriddan mobil listrik. Saat ini, hampir semua produsen mobil terkenal telah memiliki varian mobil hybrid atau mobil elektrik dalam jajaran produknya. Selain itu, mobil bebas polusi dengan bahan bakar hidrogen juga turut menjadi tren saat ini.

Pengembangan teknologi dalam mobil elektrik yang semakin canggih membuatnya diprediksi akan mampu menggantikan mobil berbahan bakar minyak. Salah satu produsen mobil elektrik milik Elon Musk, Tesla juga berhasil menciptakan mobil sport bertenaga listrik. Dengan tenaga, kecepatan, spesifikasi, dan bentuk yang serupa dengan mobil sport pada umumnya, mobil sport milik Tesla diklaim memiliki bobot lebih ringan dan harga lebih murah. Salah satu varian Tesla, yaitu Roadster 2 bahkan mampu meraih titel mobil tercepat di dunia dengan mengalahkan Bugatti Chiron.

4. Layanan Darurat Lebih Canggih

Sriwijayapost

Tak semua produsen mobil memberikan fasilitas pelayanan nomor satu ke pelanggannya. Biasanya fasilitas premium tersebut diberikan kepada pembeli mobil yang jenisnya premium juga. Namun ke depan layanan premium tersebut juga bakalan menjamur di industri otomotif. 

Beberapa layanan itu antara lain seperti pencarian mesin ATM terdekat, atau bahkan mobil bisa mengirim laporan kalau pengendara tengah mengalami keadaan darurat seperti kecelakaan.

Layanan di mobil Volvo secara otomatis akan mendaftarkan mobil untuk servis ke bengkel dan mengirimkan mobil pengganti.

5. Teknologi Self-Parking untuk Parkir yang Lebih Mudah

bukutahu

Teknologi parkir otomatis juga bukanlah merupakan hal baru. Namun diprediksi akan semakin berkembang dan banyak digunakan oleh berbagai produsen mobil di tahun 2018 ini. Teknologi ini dimaksudkan untuk memudahkan para pengemudi untuk memarkirkan mobilnya, terutama apabila lahannya sempit dan sulit, atau jika si pengemudi merupakan pemula dan baru belajar mengendarai mobil.

Terdapat beberapa jenis teknologi self-parking, bergantung pada tipe dan merk mobilnya. Ada yang sifatnya memandu pengemudi untuk memarkirkan mobil dengan cara yang tepat, ada pula yang secara penuh mengambil alih kemudi dan memarkirkan mobil secara otomatis tanpa harus dikemudikan.

Memiliki mobil dengan teknologi canggih tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun, jika budget yang dimiliki terbatas, ada baiknya menjual mobil lama Anda untuk membantu Anda mendapatkan mobil sesuai keinginan Anda.

Platform untuk membantu Anda menjual mobil lama Anda dengan Cepat, Aman dan Mendapat Harga Tertinggi!

Caranya? Semudah ini :

  1. Masukkan data lengkap mobil Anda di www.carsome.id cukup 2 menit!
  2. Jadwalkan waktu inspeksi mobil Anda secara GRATIS!
  3. Inspeksi gratis di rumah Anda, tidak perlu keluar rumah dan irit biaya!
  4. Dapatkan harga tertinggi dari sistem penawaran transparan oleh lebih dari 600 dealer se-Jabodetabek hanya melalui handphone Anda!
  5. Proses transaksi cepat dan aman!

Tunggu apalagi? Tinggalkan cara lama jual mobil, coba cara baru di Carsome! Jual Mobil Cepat, Mudah & GRATIS? Carsome-in Aja!

 

Advertisements

Kanda Ayub

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements