fbpx
Trentech.id

Ini Dia 5 Pilihan Sulit yang Hanya Ada di Dunia Game

No ratings yet.

Perkembangan dunia game membuat developer banyak melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang banyak diterapkan oleh developer game saat ini adalah opsi pilihan yang akan berdampak pada cerita dasar game tersebut. Terkadang pilihan yang diambil akan memberikan dampak positif dan negatif. Meskipun pada kenyataannya ada seluruh pilihan yang berdampak negatif atau sebaliknya.

Meskipun terkadang mengesalkan, pilihan sulit di dunia game terbukti mampu membuat sisi cerita menjadi sempurna. Ketidak linieran cerita yang akan kita dapatkan tentu memiliki kepuasan tersendiri. Pilihan yang hadir di sini juga membuat gamer bebas berkreasi dengan jalan cerita.

Bagi saya sendiri, inovasi developer untuk menghadirkan pilihan-pilihan sulit di dunia game adalah bukti kreatifitas developer di era gaming saat ini. Dengan banyaknya pilihan sulit di dunia game, Duniaku.net tertarik untuk membahasnya satu per satu.

Apalagi kebanyakan dari pilihan sulit tersebut sudah terbukti akan berdampak pada jalan cerita. Yuk, tanpa basa-basi yang terlalu banyak, kita langsung saja membahas satu per satu soal pilihan sulit di dunia game yang sudah jelas akan membuat kepala kalian pusing. Cekidot!

1. Pilih Yennefer atau Triss Merigold

The Witcher 3 yang dibesut oleh CD Projekt Red menjadi game yang diagung-agungkan, bahkan hingga saat ini. Berbagai penghargaan di dunia game mereka dapatkan dalam waktu singkat. Di tahun 2015, kerja keras developer asal Warsawa, Polandia ini membawa The Witcher 3 menjadi game of the year tahun 2015.

Tentu saja pencapaian ini merupakan pencapaian yang membanggakan. Namun bagaimana bisa game ini mendapatkan sejumlah penghargaan? Karena game ini menyuguhkan gameplay yang benar-benar solid dan dinamis. Solid karena kalian benar-benar diperlakukan seperti seorang pembasmi monster dan dinamis karena kalian bebas memilih pilihan.

Pilihan yang dihadirkan di The Witcher 3 bukanlah pilihan yang main-main. Karena ada beberapa pilihan yang bila kalian salah memilih, maka akan berdampak sangat buruk pada jalan cerita. Bila kalian membunuh seseorang, bukan berarti di masa depan hidup kalian selamat. Begitu juga sebaliknya.

Dari sederet pilihan sulit yang ada di game ini, salah satu pilihannya akan mempengaruhi ending cerita. Ya, pilihan kunci yang mempengaruhi akhir cerita dari The Witcher 3 adalah memilih antara Triss Merigold atau Yennefer of Vengeberg. Pusingkah kalian memilih satu diantara dua wanita cantik dan seksi ini? hahaha.

Geniusnya, CD Projekt Red seolah-olah membuat kalian tidak memilih karena pada dasarnya wanita di game yang bisa kalian pacari bukan hanya Triss dan Yenn saja. Bila kalian mata keranjang, tentunya semua wanita yang ada di game ini ingin kalian pacari.

Bila sudah begitu, kalian tentu akan mendapatkan ending tak terduga. Begitupun bila memilih salah satu di antara Yenn dan Triss. Ending kalian pun akan berbeda-beda tergantung pilihan yang kalian ambil. Saya pribadi sih memilih Yenn.

2. Memilih Alat Penyiksaan di GTA V

GTA San Andreas vs GTA V

Game Grand Theft Auto V yang dibesut oleh Rockstar merupakan salah satu game yang menyediakan pilihan sulit di diunia game, meskipun tidak sekompleks The Witcher 3. Selain memilih ending cerita yakni membunuh Trevor, membunuh Michael, atau hidup damai bersama-sama. Ada satu lagi pilihan yang akan membuat kalian pusing.

Pilihan itu hadir saat kalian menginterogasi seseorang untuk membongkar rahasia kejahatannya. Nah, saat menginterogasi itulah kalian disuruh memilih ingin menyiksa si orang tersebut dengan alat apa.

Interogasi sambil menyiksa merupakan metode paling ampuh untuk membongkar informasi zaman dulu dan GTA V menerapkan itu.

Saat itu ada banyak perkakas seperti bor, setruman, dan yang lainnya. Orang yang menyiksa si informan itu adalah si gila, Trevor. Bila menggunakan strum, si orang akan bereaksi beda, bila menggunakan bor akan beda lagi, dan begitu seterusnya. Pilihan ini memang harus diakui konyol, namun bila kalian dihadapkan, pasti akan puyeng memilih alat yang mana.

Kalian akan semakin pusing kalau kalian menyadari kalau pria yang kalian siksa benar-benar orang tidak bersalah, dan dia ditangkap hanya karena tudingan ngawur. Bahkan Trevor sendiri pun tidak menikmati sesi penyiksaan itu. Namun kamu tak punya pilihan, apapun yang kamu pilih akan menyakiti si korban.

3. Membunuh Orang Demi Menyelamatkan Anak di Heavy Rain

Source: Relyonhorror.com

Beberapa tahun silam, kita kedatangan salah satu game yang memiliki jalan cerita bagus. Game tersebut berjudul Heavy Rain dan bila tidak salah dirilis untuk konsol PlayStation 3. Pembuatan game Heavy Rain menunjukkan bahwa Fahrenheit studio benar-benar mengerjakan game ini dengan totalitas.

Dengan cerita yang bagus, kalian akan dibuat bingung sepanjang game dan salah satunya adalah dengan menghadirkan pilihan sulit di game. Pilihan sulit ini adalah memilih antara membunuh seseorang demi menyelamatkan anak kalian atau justru memaafkannya.

Tak main-main, orang yang akan kalian bunuh merupakan seorang pengedar narkoba. Tapi disisi lain, orang ini merupakan ayah dengan dua anak yang masih kecil. Ketika sang karakter utama, Ethan Mars menodongkan pistolnya ke arah orang tersebut, dia akan meminta belas kasihan kalian dengan menyebut bahwa kedua anaknya masih kecil.

Bila membunuhnya, kalian bisa menemukan anak Ethan dengan cepat. Namun bila tidak membunuhnya akan ada konsekuensi lain dan tentunya akan sulit untuk menemukan anak Ethan. Pilihan sulit ini kembali kepada gamer masing-masing dan bagaimana moral kalian tergerak.

Sepertinya tidak berlebihan bila memasukkan pilihan ini sebagai salah satu pilihan sulit di dunia game.

4. Menggunakan Bom Fosfor Putih di Spec Ops: The Line

Source: Polygon

Salah satu game yang menghadirkan pilihan sulit di dunia game adalah Spec Ops: The Line. Game yang satu ini mengambil tema peperangan yang masif dan luar biasa. Di saat-saat perang, tentu saja akan ada banyak pilihan yang harus kalian ambil, salah satunya adalah menggunakan bom fosfor putih atau tidak.

Tentu untuk mengambil pilihan ini kalian harus menggunakan perasaaan rasional kalian sebagai seorang manusia. Apalagi di dalam peperangan, bukan hanya kombatan atau pasukan bersenjata saja, melainkan ada juga rakyat sipil yang tidak berdosa.

Bagi yang belum tahu, bom fosfor putih merupakan bom yang sangat kuat dan bisa melelehkan kulit dan tulang kalian seketika. Bom ini sifatnya sangat menyiksa karena tidak membuat orang yang terkenanya langsung tewas. Itulah sebabnya oleh dunia internasional, penggunaan bom fosfor ini dilarang digunakan di dalam perang. Setidaknya itu kata dosen Hukum Humanitarian saya ketika ada di bangku kuliah.

Nah, di Spec Ops: The Line kalian dihadapkan pada pilihan yakni menyerang tentara musuh dengan fosfor atau tidak. Bila iya, kalian akan mudah membunuh pasukan musuh tapi dengan konsekuensi yang gila yaitu kalian juga ternyata membunuh banyak rakyat sipil.

Bagi yang sudah terlanjur, kalian tentu akan kaget dan merasa bahwa pilihan yang telah kalian ambil merupakan pilihan yang luar biasa buruk. Khususnya dari segi kemanusiaan.

5. Menyelamatkan Siapa di Fable II

Source: Firsthour

Game yang menyediakan pilihan sulit di dunia game terakhir adalah Fable II. Game ini merupakan RPG dan di dalamnya terdapat banyak pilihan. Salah satu pilihannya bahkan gil yakni anda memilih menyelamatkan desa, keluarga, atau menjadi kaya.

Bagi yang matre, tentu menjadi kaya adalah segalanya. Namun tentu akan ada konsekuensi dari ending yang akan kalian dapatkan. Begitupun dengan dua pilihan yang lainnya. Sepanjang permainan juga, di dalam game ini tidak ada baik buruk untuk karakter utama.

Karena moral yang seperti ini adalah moral abu-abu. Di mana para gamer bebas untuk memilih pilihan. Nah, bila kalian bermain Fable II, mana yang kalian pilih?


Ya, itulah lima pilihan paling sulit di dunia game. Kembali lagi, terkadang para developer menyediakan pilihan yang memang akan membuat kalian menggunakan moral kalian untuk memilihnya. Namun, banyak juga gamer yang memilih pilihan kruasial karena memang mereka menyukainya. [dk/ap]

Please rate this

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment