fbpx
Trentech.id

Masih Ingat Winamp? Kamu Bisa Nostalgia dengan Winamp di Situs Ini

Masih ingatkah kamu dengan Winamp? Sebuah aplikasi pemutar musik untuk platform Windows yang dahulu sangat populer digunakan oleh para pengguna PC.

Winamp memiliki tampilan yang sangat simpel dan sangat ringan. Ia dilengkapi oleh berbagai macam fitur yang tidak ribet, tapi bisa mengisi kekurangan di berbagai pemutar musik lainnya. Pemutar musik ini sempat dirilis versi MacOS di tahun 2011 dalam versi beta. Winamp juga sempat dirilis versi Android pada tahun 2010.

Sejak tahun 2013 belum pernah di-update kembali, akhirnya ada seorang programmeryang bernama Jordan Eldredge membuat Winamp versi Web.

Tentu saja versi ini bukanlah update resmi dari Winamp, sebab kamu bisa langsung menjalankan program aplikasi Winamp ini tanpa harus memasangnya di PC kamu, melainkan kamu hanya perlu mengunjungi situs Winamp2-js ini.

Sama seperti aplikasi Winamp pada umumnya, ketika kamu membuka aplikasinya pertama kali, kamu akan diberi sebuah musik welcome pendek dari Dj Llama. Kamu bisa menghilangkan musik tersebut dengan mengklik tombol “rem” (remove). Kamu juga bisa menambahkan musik berekstensi .mp3, .wav, atau jenis musik lainnya yang didukung oleh Winamp di PC kamu.

Selain memainkan musik, kamu juga bisa mengganti skin Winamp versi Web ini dengan cara mengklik tombol logo Winamp di atas kiri, lalu akan muncul menu dan kamu arahkan ke menu skin.

Winamp dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev yang juga sebagai pendiri perusahaan pembuatnya yang bernama Nullsoft.

Winamp awalnya adalah aplikasi berbayar, hingga ketika dirilis versi 2, ia menjadi software yang bersifat freemium, di mana kamu bisa menggunakannya secara gratis. Akan tetapi, jika butuh beberapa fitur ekstra, kamu harus membelinya.

  Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan
winamp
Salah satu tampilan winamp jadul. Sumber: filehorse.com

Winamp sendiri diperkaya oleh berbagai plug-in dan skin yang dibuat oleh para komunitas, menjadikan dan juga membuktikan bahwa pemutar musik ini sangat digemari oleh para pencinta musik.

Sayangnya, Winamp sempat dikabarkan bangkrut pada tahun 2014. Akhirnya ia dibeli oleh Radionomy yang awalnya dipegang oleh AOL.

Hanya saja hingga saat ini belum pernah lagi dirilis versi update dari Winamp meskipun kamu masih bisa googling Winamp versi jadul atau memasang kembali aplikasinya di PC kamu jika masih menyimpan file setup-nya.

Sayangnya kamu hanya bisa mengganti skin sesuai dengan yang skin yang tersedia, selain itu berbagai fitur Winamp lainnya, juga tidak bisa kamu nikmati di sini. Meskipun begitu, kamu tetap bisa bernostalgia dengan aplikasi pemutar musik yang dahulu selalu menemani kamu memainkan musik-musik kesukaanmu. Menarik bukan? [ts/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements