Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Survey APJII: Penetrasi Pengguna Internet Indonesia Capai 143 Juta Orang

20 February 2018
in News
Survey APJII: Penetrasi Pengguna Internet Indonesia Capai 143 Juta Orang
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Perilaku pengguna internet
  • Gunakan teknik sampling berbeda
Berikan rating

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan penetrasi internet di area rural masih minim, sehingga menjadi pekerja rumah yang harus diselesaikan secara bersama.

Dari hasil survei 2017 yang dirilis APJII, penetrasi pengguna internet berdasarkan kota/kabupaten terkonsentrasi di area urban dengan persentase 72,41%, rural urban (49,49%), dan rural (48,25%). Tingginya penetrasi ini dilihat dari ketersediaan fiber optic dan infrastruktur pendukung lainnya yang menopang aktivitas berinternet.

Baca lagi

APJII : Hasil Survei Pengguna Internet 2016 Menemukan Fakta Mencengangkan

Hasil survei ini berkaitan dengan penetrasi pengguna internet secara total di Indonesia yang tumbuh tipis hampir 8 persen menjadi 143,26 juta jiwa atau 54,68% dari total populasi 262 juta orang. Dibandingkan hasil sebelumnya sebesar 132,7 juta jiwa.

Menurut asosiasi, kenaikan tipis ini lantaran pertumbuhan penetrasi internet di urban sudah melamban karena dukungan infrastrukturnya yang semakin membaik. Berbanding terbalik dengan kondisi di rural urban dan urban.

Namun demikian, APJII meyakini kualitas internet ke depannya akan semakin lebih baik karena masih berlangsungnya realisasi mega proyek pemerintah Palapa Ring. Proyek tersebut menjadi harapan APJII agar penetrasi internet semakin merata di seluruh daerah.

“Pertumbuhan [penetrasi] tinggi di urban karena infrastrukturnya lengkap sehingga kualitasnya bagus. Akan tetapi untuk di rural perlu ditingkatkan,” terang Sekjen APJII Henri Kasyfi, Senin (19/2).

Perangkat yang digunakan pengguna dalam mengakses internet adalah smartphone. Di area urban kepemilikan smartphone mencapai 70,96%, rural urban (45,42%), dan rural (42,06%. Sedangkan komputer cenderung lebih sedikit digunakan, urban (31,55%), rural urban (23,42%), dan rural (23,83%).

Bila dilihat dari komposisi penyebaran pengguna internet, Pulau Jawa masih mendominasi dengan persentase 58,08%, Sumatera (19,09%), Kalimantan (7,97%), Sulawesi (6,73%), Bali-Nusa (5,63%), dan Maluku-Papua (2,49%%).

Sementara dari komposisi pengguna berdasarkan usia, rentang usia 19-34 tahun menjadi kontributor utama dengan persentase 49,52%, 35-54 tahun (29,55%), 13-18 tahun (16,68%), dan lebih dari 54 tahun (4,24%). Dilihat dari jenis kelamin, laki-laki (51,43%) mendominasi perempuan (48,57%).

Perilaku pengguna internet

Lebih lanjut beberapa poin yang menarik dari survei APJII, durasi penggunaan internet per hari paling besar terletak dalam kurun waktu 1-3 jam (43,89%). Lalu diikuti durasi dari 4-7 jam (29,63%) dan lebih dari 7 jam (26,48%).

Jenis layanan yang diakses pengguna terbanyak adalah aplikasi chatting (89,35%), media sosial (87,13%), mesin pencari (74,84%), lihat gambar/foto (72,79%), lihat video (69,64%), dan sisanya aktivitas berinternet lainnya. Aktivitas terkecil dari hasil survei adalah mengakses perbankan (7,39%).

Minimnya pemanfaatan aplikasi perbankan, menurut APJII karena faktor keamanan internet yang masih menjadi isu bagi pengguna internet. Responden menyebut mereka sadar data dapat diambil (65,98%) dan sadar dengan penipuan di internet (83,98%).

Untuk itu, responden merasa penting (61,38%) untuk menjaga kerahasiaan data di perangkatnya dan memasang anti virus di dalamnya (58,52%).

Di sampung itu, bila dilihat dari pemanfaatan internet untuk bidang ekonomi, diungkapkan oleh APJII terbanyak dilakukan untuk aktivitas cari harga (45,14%), membantu pekerjaan (41,04%), informasi membeli (37,82%), beli online (32,19%), dan terkecil adalah jual online (16,83%).

Aplikasi lokal pun diungkapkan masih minim peminat untuk digunakan orang Indonesia. Dari responden yang dikumpulkan APJII, mayoritas menjawab jarang (56,79%), sering (23,46%), tidak pernah (14,2%), dan sering (5,56%).

Gunakan teknik sampling berbeda

Untuk survei kali ini, APJII mengumpulkan 2.500 responden, lebih banyak dari sebelumnya 1.250 responden. Teknik sampling yang dipakai adalah multi-stage cluster sampling dan mengumpulkan data lewat wawancara yang dibantu dengan kuesioner.

Dengan teknik baru ini, APJII ingin menelusuri lebih jauh penetrasi internet lebih jauh berdasarkan wilayahnya. Beda dengan teknik sebelumnya yang memakai probability sampling area berdasarkan analisa provinsi.

“Dengan survei ini bisa menjadi zooming isu berdasarkan daerah. Nah daerah yang butuh intervensi khusus dari hasil survei ada di area rural,” pungkas Henry. [ds/ap]

Untuk mengetahui lebih lanjut hasil survei APJII, silakan unduh di tautan ini.

Tags: apjiiapjii 2016apjii 2017apjii 2018laporan apjiisurvei apjiisurvei apjii 2017
Previous Post

Masih Ingat Winamp? Kamu Bisa Nostalgia dengan Winamp di Situs Ini

Next Post

Wahai Programmer, Ini Dia Tips Memilih Laptop Untuk Programming

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

APJII : Hasil Survei Pengguna Internet 2016 Menemukan Fakta Mencengangkan

APJII : Hasil Survei Pengguna Internet 2016 Menemukan Fakta Mencengangkan

1 November 2016
1.4k

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016, Oktober lalu merilis hasil survei terakhir terkait statistik pengguna internet di Indonesia berikut...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1008 shares
    Share 403 Tweet 252
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Inilah 5 Hacker Indonesia Level Dewa yang Diakui dan Ditakuti Dunia

    162 shares
    Share 65 Tweet 41
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    224 shares
    Share 90 Tweet 56
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    170 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Setelah Netflix, Kini Giliran Disney PHK Ribuan Karyawan

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    248 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • Ini Dia Cara Membuat Template WordPress Dengan Bootstrap Mudah

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • 8 Games yang Sangat Bagus Tapi Tak Laku, Apa Penyebabnya?

    125 shares
    Share 50 Tweet 31

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz