fbpx
Trentech.id

Google Play Mengubah Sistem Rating Pada Aplikasi Android

Google Play Mengubah Sistem Rating Pada Aplikasi Android

Dua tahun lalu, Apple mengubah siste cara peringkat App Store-nya dengan memungkinkan pengembang untuk memutuskan apakah peringkat mereka akan diatur ulang atau tidak dengan pembaruan aplikasi terbaru mereka, ini merupakan fitur yang disarankan Apple. Kini, Google mengumumkan melakukan perubahan cara kerja rating aplikasi Play Store juga. Tetapi alih-alih memberi pengembang pilihan kapan peringkat akan direset, itu akan membuat menambah ukuran pada aplikasi tersebut.

“You told us you wanted a rating based on what your app is today, not what it was years ago, and we agree,” kata Milena Nikolic, direktur teknik Google Play Console, yang menjelaskan pada perhelatan Google I/O.

Dia menjelaskan bahwa, segera, perhitungan peringkat rata-rata untuk aplikasi akan diperbarui untuk semua aplikasi Android di Google Play. Alih-alih nilai kumulatif seumur hidup, peringkat rata-rata aplikasi akan dihitung ulang untuk “memberikan bobot lebih” ke peringkat pengguna terbaru.

Apikasi Android Google Play

Dengan pembaruan ini, pengguna akan dapat melihat dengan lebih baik, setiap perbaikan dan perubahan yang menjadikannya pengalaman yang lebih baik selama bertahun-tahun sekarang akan diperhitungkan saat menentukan peringkat.

“It will better reflect all your hard work and improvements,” kata Nikolic.

Namun, di sisi lain, perubahan ini juga berarti bahwa setelah aplikasi berkualitas tinggi yang sejak saat itu gagal merilis pembaruan dan perbaikan bug baru sekarang akan memiliki peringkat yang mencerminkan keadaan penurunan mereka saat ini.

Tidak jelas seberapa besar perubahan akan berdampak lebih luas pada SEO Google Play Store, di mana hasil pencarian aplikasi hari ini dikembalikan berdasarkan kombinasi faktor, termasuk nama aplikasi, deskripsi, kata kunci, unduhan, ulasan dan peringkat, di antara faktor-faktor lainnya.

  Ini Dia Cara Aktifkan Whatsapp Dark Mode - Whatsapp Mode Gelap

Peringkat aplikasi yang diperbarui adalah salah satu dari banyak perubahan Google Play yang diumumkan hari ini, bersama dengan peluncuran fitur pengiriman dinamis, API baru, data Google Play Console yang diperbarui, daftar kustom dan bahkan “balasan yang disarankan” – seperti yang ditemukan di Gmail, tetapi untuk menanggapi ulasan pengguna Play Store.

Pengguna akhir Google Play Store tidak akan melihat peringkat baru yang dihitung ulang hingga Agustus, tetapi pengembang dapat melihat pratinjau peringkat baru mereka hari ini di Play Store Console mereka.


Artikel ini pertama kali di publish dalam bahasa inggris di techcrunch. DIterjemahkan oleh Angga Permana

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment