fbpx
Trentech.id

6 Kemampuan yang Harus Dimiliki untuk Sukses Membangun Startup

Startup Indonesia

Perusahaan startup indonesia saat ini memang banyak sekali bermunculan. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada, di mana hampir setiap orang sering menggunakannya. Bahkan, bekerja di industri teknologi seakan sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle bagi banyak anak muda milenial. Nah, jika Anda termasuk anak muda milenia; yang ingin ikut terjun dalam bisnis ini, berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki agar usaha Anda mengalami sukses besar.

1. Mampu Berkomunikasi dengan Orang-Orang Teknis

Orang-orang teknis dalam tim merupakan pilar bagi kemajuan sebuah startup. Sebagai founder, Anda tidak harus mengerti tentang segala hal yang terkait dengan masalah teknis. Cukup mampu berkomunikasi dengan nyaman bersama orang-orang teknis, Anda bisa memanage mereka untuk lebih bisa mengembangkan startup di indonesia.

2. Mampu Menganalisis

Kemampuan analisis ini sangat penting untuk Anda miliki agar semua produk yang tercipta tidak salah sasaran dan pada akhirnya mengalami kegagalan. Penciptaan produk harus benar-benar diperhitungkan dari segala sisi, sehingga bisa mendorong perusahaan menjadi lebih maju dan inovatif.

3. Mampu Menyiapkan Sistem Analisis

Tidak hanya mampu menganalisis, Anda juga harus mampu membuat sebuah sistem sehingga analisis yang dilakukan lebih mudah. Untuk itu, Anda harus mengerti dengan benar data di balik bisnis yang sedang dirintis. Menyusun data dengan rapi dan komplet, akan memudahkan Anda dalam membuat persiapan untuk tujuan jangka panjang sekaligus mengetahui apa yang harus dilakukan.

4. Memahami HTML

Karena biasanya startup bergerak di bidang teknologi, maka pengetahuan tentang HTML harus Anda pahami. Sehingga, jika terjadi masalah sederhana terkait HTML, seperti edit links atau images, Anda sudah bisa mengatasinya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya perusahaan karena memanggil programmer.

5. Memahami SEO

Sistem Search Engine Optimization (SEO), seperti alt tags pada gambar, penempatan keyword pada kalimat, meta tags, riset, dan sebagainya, akan mengantarkan startup Anda pada posisi pertama di search engine Google. Ini artinya, SEO bisa membuat traffic dalam startup Anda menjadi meningkat dan berpeluang mendapatkan pelanggan banyak. Sebenarnya, menggunakan jasa SEO bisa dilakukan, hanya saja biasanya biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Dengan memiliki kemampuan SEO sendiri, Anda lebih bisa menghemat biaya.

6. Mau untuk Terus Belajar

Perlu diingat, teknologi dan bahasa pemrograman terus mengalami perkembangan dari hari ke hari. Oleh karena itu, jika ingin menjadi seorang founder startup yang sukses harus terus mengikuti perkembangan teknologi terus agar produk yang ditawarkan juga tidak ketinggalan jaman. Belajar dan terus belajar dengan hal-hal yang baru harus dilakukan. Saat sudah menguasai sebuah ilmu, segera perdalam dan kembangkan sehingga mampu memunculkan produk yang lebih inovatif lagi dan pastinya uptodate. Layanan fintech di indonesia saat ini menjadi salah satu produk startup yang saat ini sedang tren, tidak ada salahnya jika anda mulai mencari tahu bagaimana cara atau tips mendirikan startup fintech agar bisa membantu banyak masyarakat terutama dalam hal layanan keuangan.

Advertisements
  3 Tips dari Startup Insider: Bagaimana Bertumbuh dan Sukses Bekerja di Perusahaan Startup

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements