fbpx
Trentech.id

Google Nest Mini, Smart Speaker Dibekali Google Assistant

Google Nest Mini, Smart Speaker Dibekali Google Assistant

Rumahku istanaku, ungkapan tersebut merupakan bentuk kenyamanan seseorang terhadap tempat tinggalnya. Tidak sedikit orang yang melakukan apa saja untuk membuat tempat tinggalnya indah dan nyaman. Salah satunya adalah menggunakan produk modern yang saling terhubung dan mudah dalam penggunaannya. Google menghadirkan fitur kecerdasan buatan (AI) dalam smart speaker ini yang dinamakan Nest Mini. Google Nest Mini termasuk ke dalam perangkat smart home, yang memungkinkan mengontrol banyak perangkat pintar dari berbagai model.

Google Nest Mini menggunakan fitur kecerdasan buatan Google Assistant dengan ciri khas “Ok Google” untuk menggunakan fungsinya. Google Nest Mini dapat digunakan untuk seluruh perangkat pintar yang ada di sekitarnya dan juga perangkat yang terhubung dengan aplikasi Google Home. Hal yang dapat dilakukan misalnya, menyalakan smart TV, mengontrol termostat, mengontrol lampu dan kegiatan lainnya yang dapat dilakukan menggunakan Google Assistant. Namun untuk layanan konten tertentu diperlukan aplikasi berkemampuan Chromecast, misalnya Google Home yang kompatibel untuk menyiapkan Chromecast.

Smart speaker ini memiliki tiga buah mikrofon dan bass yang mumpuni yaitu dua kali lebih kuat dibanding smart speaker versi sebelumnya. Kualitas keluaran suara Nest Mini sangat jernih karena adanya dukungan audio tuning software.

Desain dari Nest Mini sangat sederhana, tidak memiliki sudut yang tajam dan juga elegan. Nest Mini merupakan produk yang ramah lingkungan dengan lapisan atas berbahan kain, dan terbuat dari 100 persen botol plastik daur ulang, serta 35% plastik daur ulang pasca-konsumen untuk penutup eksternal. Nest Mini didesain untuk pemasangan di dinding sehingga dapat memaksimalkan ruang pada meja atau permukaan lainnya.

Nest Mini didukung fitur Voice Match yang dapat menyimpan suara pengguna hingga maksimal enam orang dengan penyiapan dan pendaftaran tambahan. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan fitur Voice Match, yaitu suara yang mirip memiliki kemungkinan untuk dikenali sebagai pengguna yang berbeda. Perintah yang diberikan pada smart speaker ini dicocokan dengan respon Nest Mini. Salah satu kelebihannya adalah respon yang diberikan disertai nada yang relevan.

  Cara Menambah View Youtube Kamu dengan Efektif

Layanan konten berlangganan memungkinkan penggunanya memanggil perangkat dari aplikasi Google Home melalui fitur Google Duo di smart speaker Nest Mini, yang dapat berkomunikasi antar perangkat Nest, atau melakukan panggilan di tempat lain yang jauh. Dibutuhkannya jaringan internet pada perangkat smart speaker ini untuk melakukan layanan panggilan. Pengaksesan layanan kongoogle-nest-mini-smart-speaker-dibekali-google-assistant_mdag7nten tertentu dengan cara berlangganan ini dapat menjadi pilihan pengguna dalam menikmati perangkat Nest Mini.

Sehubungan hadirnya Google Nest Mini di Indonesia, smart speaker ini didukung dengan perintah suara bahasa Indonesia yang merupakan peluncuran bahasa lokal pertama di Asia Tenggara. Dengan penggunaan bahasa Indonesia pada smart speaker ini lebih menyenangkan dan jauh lebih nyaman di telinga penduduk lokal. Dalam memaksimalkan kenyamanan pengguna Nest Mini, Google melakukan partnership dengan penyedia layanan musik dan hiburan terkemuka seperti Netflix, Spotify, dan YouTube.


Google Nest Mini memiliki dua varian warna, yaitu chalk dan charcoal. Harga smart speaker ini berkisar sekitar Rp950.000 yang dapat ditemukan di gerai Erafone dan Urban Republic di seluruh Indonesia, serta official store Google di Tokopedia.

Roy Fransisco

royfransisco30

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments