fbpx
Trentech.id

Apa Bedanya Software Engineer dan Programmer?

Tentu, kita pernah melihat seseorang berprofesi sebagai “Web Programmer”, atau “JavaScript Developer”, dan “Front-end Engineer”. Lalu, apakah semua profesi itu adalah sama? Kan sama-sama bergulat di bidang Web?

Jika kita menamai ‘diri’ kita sebagai PHP Programmer, bisa jadi kita adalah seorang yang membuat program menggunakan bahasa PHP. Jika seorang developer? Kita membuat suatu program, namun tidak dari ‘awal’.

Contoh, kita membuat suatu aplikasi berbasis web menggunakan bahasa PHP. Kita menggunakan framework seperti Laravel. Lalu menggunakan javascript library seperti jquery. Semua kode yang kita tulis, tidak kita buat dari awal. Kita menggunakan kode yang telah ada, lalu mengembangkan nya sesuai kebutuhan/bisnis kita.

Lalu engineer? Ya, seorang teknisi. Teknisi biasanya lebih berkutik dibagian pemeliharaan/maintenance. Entah dia memelihara program yang dibuat, atau program yang dia kembangkan.

Perbedaan antara Software Engineer dan Programmer:

Software Engineer Vs Programmer:

Software Engineer dan Programmer keduanya membantu dalam menciptakan software baru. Tanggung jawab mereka adalah bagian integral untuk mengembangkan perangkat lunak baru yang mungkin merupakan permainan video baru, program komputer atau aplikasi telepon dll. Namun, kadang-kadang Software Engineer memprogram kode tersebut. Tapi programmer hanya menulis kode, yang akan memungkinkan program berfungsi dengan cara yang benar.

Enginner

Mereka juga disebut sebagai Pengembang Perangkat Lunak. Mereka juga terlibat dalam karya desain kreatif, yang penting untuk mengembangkan sistem baru atau aplikasi apa pun. Mereka memutuskan apa yang dibutuhkan bisnis atau klien dan akan merancang / merancang perangkat lunak sesuai dengan harapan mereka. Insinyur perangkat lunak akan lebih jauh memutuskan tentang aplikasi perangkat lunak apa yang harus mereka kembangkan dan bagaimana seharusnya mereka terlihat juga.

Beberapa teknisi perangkat lunak juga disebut sebagai Systems Software Engineers, yang akan merancang sistem operasi untuk mengendalikan fungsi komputer, konsol video game, smartphone dan perangkat lainnya.

Programmer

Pemrogrammer komputer akan mengembangkan desain dasar Perangkat Lunak dan akan mengubahnya menjadi kenyataan dengan menulis kode. Pengkodean ini akan membuat aplikasi atau sistem operasi atau karya apapun berfungsi seperti yang diinginkan. Pemrogram akan mengetahui bahasa pengembangan web yang berbeda, seperti Rails, PHP, Go, C ++, Java, Python, Lua dan lainnya. Pemrogram pada dasarnya akan memfokuskan diri pada satu jenis pemrograman. Tapi istilah baru “Full-Stack Developer” membuat harapan industri menjadi sedikit berbeda, jadi setiap Programmer akan mengetahui minimal 5 keterampilan pemrograman untuk mengerjakan pengembangan kode apa pun.

Seorang programmer adalah seorang ‘visioner’ yang membuat suatu program. Lalu, jika dia mengembangkan program atau mengembangkan program nya juga, dia seorang developer. Jika dia membuat, mengembangkan, dan memelihara, dia seorang Engineer.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements