fbpx
Trentech.id

Inilah 5 Alasan Smartphone Panas Main Game, Jangan Langsung Banting

Beragam smartphone saat ini hadir dengan tujuan memenuhi hasrat para penggunanya, yang salah satunya bermain game. Pernahkan kamu merasakan hawa panas ketika menjalankan sebuah game? Berikut 5 alasan smartphone panas main game.

Smartphone hadir guna memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalankan segala aktivitas mereka. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan smartphone terus berkembang, hingga saat ini dipercaya oleh sebagian orang sebagai perangkat gaming.

Nah, sayangnya terdapat banyak masalah yang ditemui. Salah satunya adalah smartphone panas main game. Suhu beberapa smartphone akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, tergantung dari  jenis perangkat tersebut.

Tapi, ketika kamu menemui smartphone panas main game, jangan buru-buru membanting perangkat tersebut. Pasalnya, terdapat lima alasan suhu smartphone bisa meningkat ketika memainkan sebuah game.

Belum Menutup Aplikasi yang Lain

smartphone panas main game

Alasan pertama dari dibalik smartphone panas main game adalah terlalu banyaknya jumlah aplikasi yang masih terbuka. Sistem Android yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak aplikasi saat ini, tanpa sadar menimbulkan kecerobohan baru, yakni tidak menutup aplikasi yang telah selesai digunakan.

Nah, masalah ini bisa menjadi pemicu naiknya suhu smartphone, karena terdapat banyak aplikasi yang berjalan di belakang. Belum lagi jika aplikasi tersebut memiliki fitur timeline, yang mungkin dapat melakukan pembaruan secara mandiri.

Game dengan Grafis yang Melewati Batas Kemampuan Smartphone

smartphone panas main game

Smartphone panas main game bisa disebabkan oleh minimnya spesifikasi untuk menjalankan sebuah game. Terlebih, jika game yang kamu mainkan tersebut sudah sangat tinggi grafisnya, bisa-bisa smartphone kerja keras bagaikan kuda.

Sebagai pengguna smartphone yang pintar, kamu wajib menyadari minimum spesifikasi yang diwajibkan oleh pengembang mereka. Dengan menyadari minimum spesifikasi, maka kamu akan terhindar dari suhu tinggi smartphone saat menjalankan aplikais game tersebut.

Bermain Saat Mengisi Ulang Baterai

smartphone panas main game

Nah, terdapat satu kebiasaan buruk lainnya di antara pengguna smartphone saat ini, yakni memainkan perangkat mereka ketika tengah diisi ulang daya baterainya. Padahal, kebiasaan buruk tersebut merupakan alasan smartphone panas main game.

Ketika smartphone tengah diisi ulang daya baterainya, maka listrik tengah memasuki ruang yang ada di dalam baterai. Hal itu bisa menimbulkan suhu tinggi, apalagi saat smartphone tidak dibiarkan, atau menjalankan sebuah aktivitas berat ketika tengah diisi ulang daya baterainya.

Smartphone Ditutupi Case Pelindung yang Berlebihan

smartphone panas main game

Alasan lain smartphone panas main game adalah case pelindung yang terlalu berlebihan ketebalannya. Ketebalan case sangat berpengaruh dengan suhu sebuah smartphone, karena perangkat itu juga butuh mendapatkan suhu yang lebih dingin dibandingkan bagian dalamnya.

Ketika sebuah smartphone dilapisi case yang berlebihan, maka perangkat tersebut tidak mendapatkan suhu udara yang dibutuhkan. Bahkan, udara panas di dalam smartphone seakan terperangkap, dan tidak bisa keluar.

Waktu Bermain yang Berlebihan

smartphone panas main game

Nah, alasan terakhir dibalik meningkatnya smartphone panas main game adalah waktu bermain yang berlebihan. Tentu setiap perangkat memiliki batas waktu tertentu untuk terus menjalankan keinginan penggunanya. Namun, biasanya para gamer garis keras sulit untuk membatasi waktu bermain mereka.

Smartphone membutuhkan waktu beristirahat. Tentu, waktu tersebut akan digunakannya untuk mendinginkan suhu yang tinggi di dalamnya, yang disebabkan penggunaan keras. Menurunnya suhu juga akan menurunkan ancaman rusaknya komponen di dalam mereka.

Sehingga, dengan menyadari waktu bermain dan membatasinya, kamu akan memberikan waktu istirahat bagi smartphone.


Itulah kelima alasan smartphone panas main game. Dengan mengetahui alasan tersebut, maka kamu tidak akan langsung membanting atau langsung mengganti perangkat yang dikira rusak, karena mengalami peningkatan suhu yang drastis. Apakah kamu bisa memulai hidup sehat bagi smartphone dengan menghindari kelima alasan tersebut? [ts/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments