Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

3 Tips Untuk Mengelola Budget Periklanan Dengan Bijak

18 September 2018
in Business
aplikasi mobile
1.4k
VIEWS

Daftar Isi

  • Memahami sales funnel
  • Memilih format iklan yang tepat
  • Tes, monitor, dan optimasi 
Berikan rating

Entrepreneurs yang baru saja memulai kampanye digital sering salah kaprah dalam memahami digital marketing. Dalam waktu yang singkat, para entrepreneur sering mengharapkan adanya hasil dan perubahan yang signifikan dalam bisnis mereka. Lantas ketika tidak terjadi perubahan, berbagai pandangan yang skeptis mengenai digital advertising pun mulai berdatangan. Salah satunya mereka beranggapan bahwa periklanan digital hanya sekedar membuang-buang biaya.

Menanggapi pemikiran ini, Tagtoo merasa penting kiranya untuk memberhentikan miskonsepsi yang telah tersebar luas. Dengan membagikan pengalaman kami sebagai digital advertising agency, kami berharap dapat untuk membantu para entrepreneur mengelola kampanye periklanan mereka dengan cermat. Berikut ini 3 tips yang marketers harus pahami agar dapat mengelola budget periklanan mereka dengan bijak.

Baca lagi

Dibalik Perjalanan Sebuah Startup Taiwan Dalam Meraih Indonesia Best Brand Awards 2018

6 Kiat Sukses Dalam Mengelola Facebook Ads

[postingan number=3 tag=”marketing”]

Memahami sales funnel

Sales funnel pertama kali di perkenalkan oleh Elmo Lewis pada tahun 1898. Funnel ini membagi kampanye kampanye periklanan kedalam beberapa tahap serta menawarkan tips yang penting untuk di ikuti demi menyukseskan periklananmu. Untuk mendapatkan pelanggan sejati atau loyal customer, menurut Elmo Lewis terdapat 4 tahap yang harus kita lalui, yaitu awareness, interest, desire, dan action.Setiap tahap memiliki peranan tersendiri dalam mendatangkan konversi.

Namun, kesalahan yang sering dilakukan oleh entrepreneurs adalah tanpa sengaja mengacuhkan proses dan urutan dalam 4 tahap tersebut. Mereka cenderung hanya fokus tahap yang diyakini dapat mendatangkan konversi, tahap paling terakhir, seperti transaksi, lead, ataupun install.

Tidak ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengabaikan ataupun mengganti 3 proses ditengah dan langsung memetik hasil yang diinginkan secara instan. Meskipun mungkin terjadi, hal ini masih sangat langka. Tepatnya, perkembangan di tahap-tahap awal memang tidak akan membawa konversi sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun proses tersebut sangat berguna untuk memupuk rasa percaya konsumen dan daya saing di pasar.

Entrepreneurs sebaliknya harus merencanakan serangkaian kampanye berkesinambungan. Meskipun menyampaikan pesan yang berbeda, namun setidaknya berkaitan satu sama lain untuk memikat lebih banyak perhatian pelanggan. Lebih pentingnya, digital advertising sebaiknya dinilai sebagai sebuah investasi, bukan sesuatu yang dapat mendatangkan keuntungan dalam satu waktu.

Memilih format iklan yang tepat

Facebook baru-baru ini juga mengembangkan funnel periklanan yang sama. Funnel tersebut telah diuji efektivitasnya dan dilengkapi dengan rekomendasi format iklan yang sesuai di setiap tahapnya. Contohnya, pada tahap awal untuk meningkatkan brand awareness para pebisnis dapat mencoba video ads atau banner ads. E-commerce yang bijak juga dapat memilih dynamic product ads untuk mendatangkan konversi dan meningkatkan popularitas mereka diantara penjual yang lain.

Dengan demikian, bisnis internet yang baru berkembang tidak dapat langsung memulai lead ads dan mengharapkan konversi jika brand tersebut masih belum mengakumulasi kepercayaan maupun reputasi dalam pasar. Ini merupakan langkah beresiko yang jarang mendatangkan hasil yang memuaskan.

[postingan number=3 tag=”startup”]

“Tak ada jalan pintas menuju kampanye periklanan yang sukses, dan tak ada juga replika strategi yang dapat digunakan berulang-ulang dalam periklanan.” Ulas Edison Chen, Business Development Manager dari Tagtoo yang dulu juga berpengalaman sebagai Ads Optimization Specialist. “Pembisnis harus menentukan sendiri tujuan kampanye mereka dan jangan sampai terlena dengan tren yang beredar.”.

Setiap entrepreneur selain harus memilih format iklan yang tepat, juga harus menetapkan goal yang realistis berdasarkan situasi bisnis mereka saat itu. Penetapan goal yang berlebihan akan berhujung pada kegagalan kampanye periklanan dan hilangnya budget kampanye secara cuma-cuma. Hal ini tentu harus kita hindari sejak awal.

Tes, monitor, dan optimasi 

Format dan konten iklan saja juga tak dapat menjanjikan keberhasilan sebuah kampanye periklanan. Hal ini harus dimulai dengan melalukan A/B test untuk menentukan target audience yang tepat serta dilengkapi dengan fokus dalam monitor dan optimisasi. Dengan pengalaman Tagtoo dalam dunia digital advertising, setiap periklanan hendaknya melewati 3 tahap berikut; testing, monitor, dan optimization dalam manajemen kampanye periklanan mereka.

Testing stage, pada umumnya berlangsung selama satu bulan, dan periode ini akan digunakan untuk mencari audiens yang tepat sehingga tidak heran apabila pada tahap ini akan terdapat fluktuasi dalam performa. Tahap selanjutnya yaitu tahap monitor merupakan tahap yang sangat membutuhkan kesabaran, serta investasi waktu dan tenaga untuk mengamati perbedaan dari elemen testing dan menemukan startegi yang maksimal. Oleh karena itu, tidak jarang banyak entrepreneuryang menyerah di tahap ini. Setelah melakukan monitor dalam periode waktu tertentu, kita akhirnya dapat melakukan evaluasi serta perbaikan dalam tahap optimization.

“Kebanyakan entrepreneur terlalu fokus pada testing karena mereka ingin cepat menemukan strategi yang terbaik. Namun sebenarnya tahap monitor adalah yang terpenting dari ketiganya. Tanpa pengamatan yang cukup kita akan mudah terbawa oleh tren sesaat dan hasil yang bersifat sementara.” Ungkap Mick Lu, Country Head of Tagtoo Indonesia.

[postingan number=3 tag=”bisnis”]

Peransales funnel dapat membantu kita menemukan posibilitas dalam mendapatkan strategi yang sesuai. Berdasarkan pengalaman kami, penerapat funnel juga dapat mencegah terjadinya miskonsepsi ketika melakukan kampanye yang baru.

Kami berharap lewat artikel ini para entrepreneur dapat memahami gejolak periklanan digital dan dapat menyesuaikan budget periklanan mereka dengan lebih efisien.


Ditulis oleh: Edison Chen, Diterjemahkan dan diperbaharui oleh: Sisylia Angkirawan dan di publish sebelumnya dalam blog Tagtoo.

Tags: digital advertisingfacebook adstagtoo
Previous Post

Inilah Tanda-Tanda Kalau Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Next Post

Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

Sisylia Angkirawan

Sisylia Angkirawan

Related Posts

5 Tip untuk Mengakhiri Hari Kerja dengan Perasaan Optimis

Dibalik Perjalanan Sebuah Startup Taiwan Dalam Meraih Indonesia Best Brand Awards 2018

21 November 2018
1.4k

Baru-baru ini, sebuah perusahaan tempat saya bekerja, Tagtoo, baru saja membawa pulang penghargaan Indonesia Best Brand Award 2018 yang diberikan oleh...

6 Kiat Sukses Dalam Mengelola Facebook Ads

1 October 2018
1.4k

Di balik kekuatan Facebook Ads untuk mendatangkan pemasukan yang gemilang untuk para marketers, terdapat banyak liku-liku dan jalan panjang yang...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1137 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    147 shares
    Share 59 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Founder Story, Indrasto Budisantoso Ciptakan Jojonomic Berdasarkan Pengalaman Sendiri

    121 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In