fbpx
Trentech.id

Inilah Tanda-Tanda Kalau Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Mungkin kamu sering menemukan orang seperti ini. Seorang yang mengaku hacker padahal sebenarnya bukanlah hacker. Hal tersebut dikarenakan tanda bahwa sebenarnya kamu cuma ngaku hacker.

Memang banyak sekali di dunia ini yang mengaku seorang hacker. Padahal dirinya tidak memiliki sama sekali kemampuan seorang hacker, atau bahkan dirinya tidak mengerti apa dan seperti apa itu hacker.

Nah kali ini kita akan membahas tanda bahwa sebenarnya seseorang itu cuma ngaku hacker, tanpa memiliki kompetensi apapun mengenai menjadi hacker.

Kita langsung saja bahas, apa sajakah tanda tersebut :

1. Tidak Menguasai Bahasa Pemrograman

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Pernah mendengar istilah bash scriptJavascript? Atau mungkin yang lebih mudah visual basic? Jika seseorang tidak menguasai atau bahkan mengetahui hal tersebut, sudah pasti orang tersebut hanya ngaku hacker.

Seorang hacker sudah pasti menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman. Sebab bahasa pemrograman tersebut sangat penting untuk bisa mengerti, bagaimana sistem berjalan dan bagaimana cara memanipulasinya.

Jika tidak mengetahui bahasa pemograman satupun, sudah pasti orang tersebut bukanlah hacker.

2. Tidak Memahami Sistem Komputer Sendiri

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Pernah melihat seseorang di media sosial, dengan foto akun menggunakan topeng anonymous, tapi bertanya di grup komputer “gan, saya mau install Windows, kok ini error ya?”

Singkat kata, orang tersebut tentu saja bukan hacker, tapi hanya ngaku hacker. Rasanya lucu sekali jika seorang hacker tidak mengetahui sistem komputer sendiri, yang bahkan tidak mengerti pesan error ketika menginstal sebuah sistem operasi.

Seorang hacker harus mengerti atau bahkan menguasai sistem komputer sendiri. Sebab sang hackersudah pasti bisa mengimplementasikan kemampuan untuk membuat sistem pertahanan yang baik dalam sistem komputer yang digunakannya.

3. Tidak Punya Etika Berinternet

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Internet memang adalah dunia yang penuh kebebasan. Hanya saja, bukan berarti kamu bisa bebas sebebasnya tanpa mengenal etika.

Seorang hacker sangat menjunjung tinggi nilai, etika dan moral. Tanpa itu semua meskipun kamu memiliki kemampuan dan pengetahuan hacking, kamu bukanlah hacker atau mungkin hanya seorang cracker.

Etika adalah kunci utama di mana kamu bisa menjadi seorang hacker. Sebab hacker adalah orang yang justru memperbaiki bukan merusak.

Ketika kamu memulai, kamu bisa dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu di sebuah grup hacker, ketika ingin menanyakan sesuatu. Salah satu hal yang bisa dimulai dengan etika.

4. Tidak Bisa Menginstal Software dengan Kompilasi Source Code

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Jika kamu masih menginstal software dengan menekan “next, next, next” tanpa membaca petunjuk. Sudah pasti kamu bukanlah seorang hacker.

Seorang hacker harus memiliki kemampuan di mana kamu perlu bisa menginstal software dengan cara kompilasi source code.

Hal ini berhubungan dengan poin pertama, di mana seorang hacker sudah pasti mengerti setidaknya satu bahasa pemrograman. Jika tidak mengerti bagaimana mengompilasi source code menjadi aplikasi, sudah pasti orang tersebut bukanlah hacker, atau setidaknya hanya script kiddies.

5. Tidak Pernah Membuat Tools Sendiri

5 Tanda Bahwa Sebenarnya Kamu Cuma Ngaku Hacker

Seorang hacker sangat senang membuat tools atau aplikasi sendiri. Biasanya hal tersebut agar semua kegiatan yang dilakukan bisa senyaman mungkin seperti yang dikehendaki sang hacker.

Terkadang ada juga hacker yang senang menggunakan tools orang lain yang menurutnya cocok untuk dia. Nah, dari sini jika ternyata ada petunjuk lengkap dalam tools, tapi orang tersebut masih tidak mengerti, sudah pasti orang tersebut hanya ngaku hacker. [dk/ap]

  Spek Dewa Harga Kaki Lima, Review Smartphone Realme 2
Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements