Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

11 May 2019
in News
Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan
1.3k
VIEWS

Daftar Isi

  • Gunakan data untuk mempersiapkan diri
  • Tiga strategi yang bisa kamu lakukan
    • Mulai lebih awal
    • Menjaga momentum
    • Tetaplah relevan
  • Jangan sampai melewatkan tahun ini
Berikan rating

Bulan suci Ramadan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Bulan tersebut juga sangat mempengaruhi perilaku belanja masyarakat, terutama di platform mobile.

Indonesia menawarkan kesempatan yang sangat besar di bulan Ramadan. Sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki lebih dari 55 juta pengguna smartphone. Lebih dari enam puluh persen penduduk negara ini menggunakan smartphone, dan sekitar tujuh belas persen mengakses internet via desktop. Hari-hari menjelang Ramadan adalah salah satu masa belanja online tersibuk, membuat banyak pelaku bisnis tergiur memanfaatkan kesempatan ini.

Baca Juga:
  • Jam Kerja yang Panjang Identik untuk Sebuah Startup?
  • Yuk Intip Kerennya 6 Kantor Startup Indonesia, Jadi Bikin Semangat Kerja
  • Resep Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pengguna dalam Empat Minggu

Di tahun 2016, klien kami di Glispa meraih peningkatan penjualan hingga 214 persen saat Ramadan dibandingkan bulan sebelumnya. Tapi meskipun pergerakan pasar di masa ini sangat tinggi, banyak pelaku bisnis masih kurang yakin tentang bagaimana strategi pemasaran mobile serta waktu yang tepat untuk berinvestasi di dalamnya.

Gunakan data untuk mempersiapkan diri

Untuk memahami perilaku konsumen Indonesia selama bulan suci Ramadan, kami menilik kembali kampanye iklan mobile kami tahun lalu, tepatnya tanggal 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Kami mengumpulkan data mulai sebulan sebelum Ramadan dan bulan Ramadan itu sendiri, dari klien-klien mobile commerce (m-commerce) kami, kemudian menganalisis kapan mereka mendapat peningkatan tinggi dalam pembelian barang dan instalasi aplikasi.

Kami menemukan bahwa di ranah m-commerce, klien kami mengalami peningkatan instalasi di dua rentang waktu: tiga minggu sebelum Ramadan mulai dan dua minggu sebelum Ramadan berakhir. Di rentang pertama, tingkat instalasi meningkat 47 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut. Sementara di rentang kedua, tingkat instalasi meningkat hingga 40 persen.

Kamu mungkin terkejut kalau saya bilang bahwa tingkat pembelian di m-commerce tidak meningkat di akhir Ramadan. Padahal di periode ini banyak orang Indonesia yang menerima Tunjangan Hari Raya (THR). THR adalah bonus tahunan yang biasa diterima para karyawan Indonesia untuk menyambut hari raya Idul Fitri setelah Ramadan berakhir.

Mobile Commerce Ramadan | Data

Alasan tidak terjadi peningkatan pembelian di akhir bulan Ramadan adalah karena secara logistik sudah terlambat sekali untuk mengirimkan barang yang dipesan. Kami justru menemukan peningkatan pada seminggu sebelum Ramadan dan minggu kedua Ramadan. Peningkatan di periode pertama sekitar lima puluh persen, sementara di periode kedua 42 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut.

Tiga strategi yang bisa kamu lakukan

Kami merangkum tiga strategi terbaik kami yang menggambarkan peningkatan perilaku belanja konsumen di sekitar Ramadan serta kapan waktu terbaik untuk memanfaatkannya.

Mulai lebih awal

Pengiklan harus mulai lebih awal dengan cara menumbuhkan awareness dan burst campaign supaya aplikasi mereka menduduki peringkat tinggi di App Store/Play Store. Tujuannya adalah untuk mengamankan slot iklan, sebab kompetitor akan banyak berebut dan meningkatkan tarif cost-per-install (CPI) pada minggu sebelum Ramadan.

Penting juga untuk dicatat bahwa data di periode ini data kami menunjukkan jeda rata-rata antara tujuh sampai empat belas hari sejak aplikasi diinstalasi sampai pengguna melakukan pembelian. Artinya dua hal ini berkaitan langsung, dan pengguna biasanya menggunakan waktu ini untuk menjelajahi aplikasi sebelum akhirnya memutuskan belanja.

Mulailah sekitar tiga minggu sebelum Ramadan mulai untuk memastikan aplikasimu naik peringkat, menjadi aplikasi yang paling dikenal konsumen, dan bisa memberi cukup waktu pada calon konsumen untuk membiasakan diri menggunakannya.

Menjaga momentum

Tingkat pembelian meningkat pesat seminggu sebelum Ramadan, seiring dengan persiapan para konsumen menyambut bulan puasa dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal yang sama terjadi di minggu kedua Ramadan, sebab minggu ini adalah masanya para konsumen memesan barang supaya sampai sebelum lebaran.

Dua periode inilah waktu optimal untuk memanfaatkan momen dan berinvestasi agar kamu mencapai peringkat atas aplikasi dan user acquisition. Menjalankan kampanye yang berkelanjutan, dengan memberi diskon dan penawaran spesial, akan meningkatkan engagement pengguna dalam aplikasi.

Tetaplah relevan

Rancanglah usahamu di bulan Ramadan dengan promosi yang relevan dan sesuai, seperti diskon atau tawaran cashback pada masa-masa puncak pembelian. Penting juga untuk memastikan agar kampanyemu relevan dengan keperluan pengguna di musim tersebut.

Gunakan kampanye yang berkesinambungan untuk mempromosikan barang-barang yang sering dicari orang selama bulan puasa, misalnya busana muslim dan alat elektronik, untuk mencapai tingkat engagement dan pembelian yang maksimal.

Jangan sampai melewatkan tahun ini

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, dan para pengiklan di Indonesia harus mulai memikirkan strategi untuk menggaet pengguna baru serta meningkatkan penjualan di aplikasi m-commerce mereka. Persaingan akan meningkat pesat, jadi strategi pemasaran aplikasi yang tepat sangat krusial terhadap pemasukanmu selama musim belanja di Indonesia seperti ini. [tia

/ap]
Tags: bisnis onlinejualan onlinemobile commerceramadanramadhanStrategi
Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

Related Posts

bekerja saat ramadan

Ini Dia 5 Tip Agar Tetap Produktif Ketika Bekerja Saat Ramadan

4 April 2022
1.4k

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia kembali menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Tanpa asupan makanan dan minuman selama lebih...

Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan

Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan

13 May 2019
1.4k

Dalam sebuah survei yang diumumkan UC Browser pada tahun 2016 lalu, traffic e-commerce selama bulan Ramadan mengalami peningkatan sebesar 53 persen dibanding di...

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

Google : Netizen Indonesia Tak Hanya Cari Diskon Selama Ramadan

13 May 2019
1.4k

Google belum lama ini kembali melakukan penelitian mengenai perilaku konsumen di Indonesia ketika memasuki bulan Ramadan. Salah satu temuan yang...

Terpopuler

  • tidak bisa akses whatsapp

    Cek Deretan HP yang Tak Bisa Lagi Akses WhatsApp di Tahun Ini

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    404 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Pakai Sensor RGBW Pertama di Dunia, Cek Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    191 shares
    Share 76 Tweet 48
  • Inilah Kumpulan Co-Working Space di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Google Buat Email Lebih Dinamis Dengan AMP Untuk Email

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Cara Ampuh Market Validation untuk Melakukan Validasi Ide Startup

    156 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Kehidupan

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Proses Data Science Pada Bank-Bank Besar Indonesia

    112 shares
    Share 45 Tweet 28

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.