Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

7 August 2020
in News
Yuk Simak 3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Bulan suci Ramadan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Bulan tersebut juga sangat mempengaruhi perilaku belanja masyarakat, terutama di platform mobile.

Indonesia menawarkan kesempatan yang sangat besar di bulan Ramadan. Sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki lebih dari 55 juta pengguna smartphone. Lebih dari enam puluh persen penduduk negara ini menggunakan smartphone, dan sekitar tujuh belas persen mengakses internet via desktop. Hari-hari menjelang Ramadan adalah salah satu masa belanja online tersibuk, membuat banyak pelaku bisnis tergiur memanfaatkan kesempatan ini.

Baca lagi

Peluang Bisnis Online di Bulan Ramadan

Ini Dia 5 Tip Agar Tetap Produktif Ketika Bekerja Saat Ramadan

Cara Kreatif Sejumlah E-commerce Gaet Pengguna selain Beri Diskon Ramadan

[postingan number=3 tag=”startup-indonesia”]

Di tahun 2016, klien kami di Glispa meraih peningkatan penjualan hingga 214 persen saat Ramadan dibandingkan bulan sebelumnya. Tapi meskipun pergerakan pasar di masa ini sangat tinggi, banyak pelaku bisnis masih kurang yakin tentang bagaimana strategi pemasaran mobile serta waktu yang tepat untuk berinvestasi di dalamnya.

Gunakan data untuk mempersiapkan diri

Untuk memahami perilaku konsumen Indonesia selama bulan suci Ramadan, kami menilik kembali kampanye iklan mobile kami tahun lalu, tepatnya tanggal 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Kami mengumpulkan data mulai sebulan sebelum Ramadan dan bulan Ramadan itu sendiri, dari klien-klien mobile commerce (m-commerce) kami, kemudian menganalisis kapan mereka mendapat peningkatan tinggi dalam pembelian barang dan instalasi aplikasi.

Kami menemukan bahwa di ranah m-commerce, klien kami mengalami peningkatan instalasi di dua rentang waktu: tiga minggu sebelum Ramadan mulai dan dua minggu sebelum Ramadan berakhir. Di rentang pertama, tingkat instalasi meningkat 47 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut. Sementara di rentang kedua, tingkat instalasi meningkat hingga 40 persen.

Kamu mungkin terkejut kalau saya bilang bahwa tingkat pembelian di m-commerce tidak meningkat di akhir Ramadan. Padahal di periode ini banyak orang Indonesia yang menerima Tunjangan Hari Raya (THR). THR adalah bonus tahunan yang biasa diterima para karyawan Indonesia untuk menyambut hari raya Idul Fitri setelah Ramadan berakhir.

Mobile Commerce Ramadan | Data

Alasan tidak terjadi peningkatan pembelian di akhir bulan Ramadan adalah karena secara logistik sudah terlambat sekali untuk mengirimkan barang yang dipesan. Kami justru menemukan peningkatan pada seminggu sebelum Ramadan dan minggu kedua Ramadan. Peningkatan di periode pertama sekitar lima puluh persen, sementara di periode kedua 42 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut.

Tiga strategi yang bisa kamu lakukan

Kami merangkum tiga strategi terbaik kami yang menggambarkan peningkatan perilaku belanja konsumen di sekitar Ramadan serta kapan waktu terbaik untuk memanfaatkannya.

Mulai lebih awal

Pengiklan harus mulai lebih awal dengan cara menumbuhkan awareness dan burst campaign supaya aplikasi mereka menduduki peringkat tinggi di App Store/Play Store. Tujuannya adalah untuk mengamankan slot iklan, sebab kompetitor akan banyak berebut dan meningkatkan tarif cost-per-install (CPI) pada minggu sebelum Ramadan.

Penting juga untuk dicatat bahwa data di periode ini data kami menunjukkan jeda rata-rata antara tujuh sampai empat belas hari sejak aplikasi diinstalasi sampai pengguna melakukan pembelian. Artinya dua hal ini berkaitan langsung, dan pengguna biasanya menggunakan waktu ini untuk menjelajahi aplikasi sebelum akhirnya memutuskan belanja.

Mulailah sekitar tiga minggu sebelum Ramadan mulai untuk memastikan aplikasimu naik peringkat, menjadi aplikasi yang paling dikenal konsumen, dan bisa memberi cukup waktu pada calon konsumen untuk membiasakan diri menggunakannya.

Menjaga momentum

Tingkat pembelian meningkat pesat seminggu sebelum Ramadan, seiring dengan persiapan para konsumen menyambut bulan puasa dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal yang sama terjadi di minggu kedua Ramadan, sebab minggu ini adalah masanya para konsumen memesan barang supaya sampai sebelum lebaran.

Dua periode inilah waktu optimal untuk memanfaatkan momen dan berinvestasi agar kamu mencapai peringkat atas aplikasi dan user acquisition. Menjalankan kampanye yang berkelanjutan, dengan memberi diskon dan penawaran spesial, akan meningkatkan engagement pengguna dalam aplikasi.

Tetaplah relevan

Rancanglah usahamu di bulan Ramadan dengan promosi yang relevan dan sesuai, seperti diskon atau tawaran cashback pada masa-masa puncak pembelian. Penting juga untuk memastikan agar kampanyemu relevan dengan keperluan pengguna di musim tersebut.

Gunakan kampanye yang berkesinambungan untuk mempromosikan barang-barang yang sering dicari orang selama bulan puasa, misalnya busana muslim dan alat elektronik, untuk mencapai tingkat engagement dan pembelian yang maksimal.

Jangan sampai melewatkan tahun ini

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, dan para pengiklan di Indonesia harus mulai memikirkan strategi untuk menggaet pengguna baru serta meningkatkan penjualan di aplikasi m-commerce mereka. Persaingan akan meningkat pesat, jadi strategi pemasaran aplikasi yang tepat sangat krusial terhadap pemasukanmu selama musim belanja di Indonesia seperti ini. [tia/ap]

Tags: bisnis onlinejualan onlinemobile commerceramadanramadhanStrategi
Previous Post

Muslim Pro, Aplikasi Islami Terpopuler dengan Pengguna Lebih dari 35 Juta Muslim

Next Post

Ini Dia Deretan Aplikasi Wajib untuk Bulan Ramadan

Related Posts

biaya operasional-chatgpt microsoft

Menggali Lebih Dalam: Biaya Operasional Harian Microsoft untuk ChatGPT Rp10 Miliar

28 August 2023
1.4k

Dalam era digital saat ini, teknologi semakin merasuk ke dalam berbagai aspek kehidupan kita. Salah satu contohnya adalah penggunaan chatbot...

rumah.com tutup november 2023

Rumah.com Tutup Operasional dan 61 Karyawan Mengalami PHK

22 August 2023
1.4k

Dalam perkembangan mengejutkan, Rumah.com mengumumkan rencananya untuk menutup operasional situs web tersebut mulai bulan November mendatang. Keputusan ini telah menimbulkan...

threads twitter clone

Threads: Twitter Clone dengan Pengguna Sangat Banyak

11 July 2023
1.4k

Aplikasi baru bernama Threads telah mencapai prestasi yang mengesankan. Dalam waktu empat hari setelah diluncurkan pada tanggal 6 Juli 2023,...

Terpopuler

  • fitur flipper zero

    Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    347 shares
    Share 139 Tweet 87
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1349 shares
    Share 539 Tweet 337
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    321 shares
    Share 128 Tweet 80
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    464 shares
    Share 186 Tweet 116
  • Qlapa Gulung Tikar

    198 shares
    Share 79 Tweet 50
  • Cara Membeli Flipper Zero Indonesia

    114 shares
    Share 46 Tweet 29
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    195 shares
    Share 78 Tweet 49
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    177 shares
    Share 71 Tweet 44
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    209 shares
    Share 84 Tweet 52
  • Cara Remote Flipper Zero: Mengendalikan Perangkat dengan Mudah

    122 shares
    Share 49 Tweet 31

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In