fbpx
Trentech.id

Tips Memilih Microphone Untuk Membuat Podcast Bagi Podcaster Pemula

Tips memilih Mic untuk Podcaster

Saat ini dari audio saja sudah bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan yakni menjadi podcaster. Untuk bisa menghasilkan podcast yang berkualitas, kamu membutuhkan perangkat audio sound system yang mumpuni. Salah satunya yang tak boleh ketinggalan adalah microphone yang nantinya berfungsi sebagai input tranducer. Agar tidak salah memilih microphone yang pas, sebaiknya kamu simak tipsnya dalam ulasan berikut.

Cara Mudah Untuk Memilih Microphone Untuk Membuat Podcast

Menentukan Jenis Mic

Microphone ini memang menjadi perangkat yang sangat penting ketika ingin memproduksi podcast. Dengan mic yang bagus maka suara kamu bisa didengar menjadi lebih jelas. Ada dua jenis mic yang biasanya digunakan dalam produksi podcast. Yakni mic dinamis dan juga condeser. Keduanya memiliki perbedaan pada frekuensi responnya. Condenser lebih sensitif dengan hasil akhir yang lebih baik. Sementara untuk dinamis ia bisa menangkap suara dari berbagai arah.

Desain Dari Mic

Selain jenisnya, kamu juga harus menentukan bentuk serta desain fisik dari microphone kamu nantinya. Apakah nantinya kamu ingin meletakkan langsung di meja atau menggunakan microphone yang menggunakan sambungan mic. Kamu bisa memutuskan berdasarkan kondisi ruangan yang nantinya akan kamu gunakan untuk merekam podcast. Karena dari jawaban tersebut kamu bisa menentukan desain terbaik untuk perangkat audio sound system ini.

Bukan hanya itu kamu juga harus memutuskan menggunakan microphone USB atau analog. Jenis USB lebih mudah penggunaannya karena bisa langsung disambungkan dengan perangkat sound system lainnya. Jika menggunakan yang analog,maka kamu harus menggunakan perangkat additional agar suara bisa masuk ke dalam komputer. Karena lebih simple, microphone USB lebih banyak dipilih oleh para podcaster. 

Menentukan Kedalaman Bit

Kedalaman bit dalam proses produksi audio juga perlu untuk diperhatikan. Bit akan mempengaruhi kenyaringan maupun kelembutan dari suara yang kamu hasilkan. Belum lagi ukuran file serta bite ratenya juga akan dipengaruhi. Untuk rekaman suara, setidaknya microphone bisa merekam kualitas 16 bit. Sehingga sebelum kamu membeli michrophone sebaiknya perhatikan bit yang dimiliki oleh microphone tersebut.

Ada beberapa merk yang biasanya digunakan oleh para podcaster, salah satunya adalah merk Audio Technica. Merk satu ini memiliki banyak varian sehingga bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu. Namun merk satu ini memiliki mic USB yang bisa dimanfaatkan untuk podcast dan juga voice overs. Merk satu ini memiliki kualitas suara yang terbilang luar biasa serasa di studio. Perangkat audio sound system ini bisa dijadikan pilihan untuk podcaster pemula.

Meskipun terlihat mudah, nyatanya memiliki microphone ada pertimbangan yang harus diperhitungkan. Sebab masing masing microphone didesain khusus untuk kegiatan tertentu, sehingga kamu harus mengenalinya. Apakah mic tersebut mendukung kegiatan kamu untuk podcast atau tidak. Kualitas yang dihasilkan nantinya juga harus kamu perhatikan dengan benar. 


Itulah informasi mengenai tips memilih microphone yang tepat untuk keperluan podcast, semoga bermanfaat.

  Cara Menambah View Youtube Kamu dengan Efektif
Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments