fbpx
Trentech.id

Permudah Startup Cari Pendanaan, Angin Dirikan Connector.ID

Angel Investment Network (ANGIN) baru-baru ini telah meluncurkan versi beta dari platform pendampingan investasi bagi UKM maupun pelaku startup Indonesia. Platform online bernama Connector.ID tersebut merupakan hasil kolaborasi antara ANGIN bersama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan juga organisasi pembangunan global PBB, UNDP bersama pemerintah Kanada.

Connector.ID ditujukan sebagai solusi bagi entrepreneur yang ingin terhubung dengan daftar kandidat investor potensial yang dihimpun ANGIN sebagai pihak pengelola.

Melalui platform ini, pengguna yang terdaftar akan dibimbing untuk mendapatkan penyedia modal yang sesuai karakteristik bisnis mereka mulai dari pelaku layanan perbankan, perusahaan modal ventura, Angel Investor, yayasan, crowdfunding, dan lain-lain.

Solusi masalah pencarian investasi di Indonesia

Menurut Valencia Dea, Investment Associate di ANGIN, terbentuknya Connector.ID dimulai sebagai solusi bagi masalah umum investasi yang selama ini sering mereka jumpai di lapangan.

Valen melihat sejumlah pelaku bisnis di Indonesia sering kali keliru dalam mencari pihak investor yang tepat bagi mereka. Tak sedikit pula di antara mereka yang tidak tahu ke mana harus mencari pendanaan dan kurang bisa berinteraksi dengan calon pemberi dana.

uang rupiah | foto

Sumber: Gowest

“Kami memiliki gambaran bagus tentang siapa yang bisa mendanai apa, kami mengenal investor dan tahu bagaimana berhubungan dengan mereka,” ujar Valen.

Dengan sumber daya informasi yang dimilikinya, ANGIN kemudian berniat melayani ekosistem startup melalui daftar yang terintegrasi dalam platform online, layaknya sebuah buku Yellow Pages.

UNDP yang selama ini menjadi mitra bagi ANGIN di bidang pendanaan sosial, tertarik mendukung platform ini dan mulai memberikan dukungan teknis dan finansial. Bekraf, sebagai pihak yang ikut terlibat dalam Connector.ID, kemudian berperan memperkenalkan platform ini kepada ekosistem lokal.

Pendanaan | Connector ID

Sertakan beragam konten untuk membantu calon pencari dana

ANGIN saat ini tengah mempersiapkan sejumlah fitur agar layanan mereka bisa optimal di masa peluncuran resminya pada akhir Juli mendatang. Beberapa fitur yang tengah dipersiapkan antara lain forum diskusi bersama pelaku modal ventura dan koneksi langsung ke pihak investor bersangkutan.

  Teknik Dasar Fundraising untuk Startup yang Wajib Kamu Ketahui

David Soukhasing selaku Head of ANGIN menjelaskan pihaknya juga akan mendistribusikan beberapa konten informatif yang dibutuhkan para pencari pendanaan.

“Kami akan menyediakan konten yang relevan dengan investasi dan penggalangan dana di platform ini, setelah versi lengkap Connector.ID dipublikasikan. Beberapa konten tersebut antara lain adalah materi pembelajaran yang dapat diunduh, serta artikel online,” ungkap David.

Ke depannya, Connector.ID juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kemitraan bersama media yang menyuguhkan konten seputar startup dan pendanaan. [tia/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements