Trentech.id

Penggunaan Virtual Reality Alternatif untuk Kehidupan Sehari-Hari

Beberapa hari yang lalu Valve baru saja memperbaharui halaman utama Steam dalam rangka memperkenalkan Virtual Reality (VR). Perubahan ini membuat saya membayangkan potensigame dan hal lainnya yang bisa hadir dalam VR, dan semakin lama saya membayangkannya, semakin jauh pikiran saya melayang entah ke mana.

Menurut Wikipedia, VR didefinisikan sebagai sebuah realita yang disimulasikan oleh komputer. Dengan kata lain saat menggunakan perangkat tersebut kita akan merasa seperti berada di dalam sebuah realita baru, tidak lagi di dalam dunia nyata. Berikut beberapa potensi pemanfaatan VR yang menurut saya akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat.

“Trailer” untuk Berkunjung ke Tempat Wisata

VR secara teori bisa mensimulasikan dirimu berkunjung ke berbagai negara yang ada, namun dengan teknologi saat ini sepertinya berwisata penuh ke sebuah kota atau negara dengan VR masih terlalu sulit untuk dilakukan.

VR | Screenshot 1

Tapi, VR sudah bisa dimanfaatkan untuk menyajikan “trailer” dari berbagai tempat wisata. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan VR untuk merasakan atmosfer serta melihat berbagai simulasi objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Hal ini bisa membantumu untuk merencanakan jadwal dan objek wisata apa saja yang ingin kamu kunjungi.

Agen pariwisata juga bisa memanfaatkan teknologi ini dengan menyediakan perangkat VR di kantor, sehingga kamu bisa melihat berbagai simulasi objek wisata yang akan kamu kunjungi, sampai kamar hotel yang akan kamu tinggali. Hal ini akan sangat membantu calon pembeli dalam memilih paket tur yang ada.

Belajar Memasak (dan Lainnya)!

Sebagai seseorang yang sangat suka memasak, hal ini adalah salah satu faktor utama saya begitu bersemangat dengan perkembangan VR. Menurut hampir seluruh juru masak yang pernah mendidik saya, konsistensi adalah hal terpenting dalam memasak. Tidak ada gunanya jika kamu bisa memasak sebuah masakan yang lezat di hari Senin, namun menciptakan rasa yang berbeda saat memasak masakan yang sama persis di hari Selasa.

VR | Screenshot 2

Job Simulator 2015 – Pastikan dapurmu tidak seperti ini.

Untuk menciptakan hasil masakan yang konsisten kamu harus terus berlatih dan memasak menu tersebut berulang kali sampai kamu benar-benar menguasainya. Hal ini menjadi masalah, karena setiap kali kamu memasak masakan tersebut tidak mungkin kamu buang, dan saya rasa semua orang pasti bosan memakan masakan yang sama terus menerus.

  Ini Dia 7 Aplikasi yang Harus Didownload Agar Puasa Semakin Berkah

Saat ini sudah ada banyak game yang mengajarkan kamu cara memasak. Cooking Mamamungkin adalah salah satu contoh yang paling terkenal. Meskipun tidak terlalu detail, masakan yang kamu masak di game tersebut adalah masakan nyata dan cara memasak yang diperlihatkan terbilang tepat.

VR | Screenshot 4

Belajar memasak menggunakan Cooking Mama? Kenapa tidak!

VR mampu menghasilkan simulasi yang cukup realistis sehingga kamu bisa belajar memasak tanpa harus menghabiskan bahan masakan. Cukup latih dirimu dengan memasak menu tertentu secara berulang, maka setidaknya latihanmu di dunia asli akan jauh lebih lancar dan konsisten. Tentu saja VR juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari hal lain seperti teknik Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan lainnya.

Pengganti Atmosfer Ruangan

Sebagian orang cukup beruntung dan mampu memiliki tempat tinggal atau kamar yang didekorasi dengan indah dan suasana yang nyaman. Sebagian lain memiliki kamar yang kecil dan kurang nyaman, seperti saya. Meskipun terdengar seperti alasan, saya merasa kamar yang saya tinggali saat ini kurang mendukung untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif.

VR | Screenshot 3

Illusive Man (Mass Effect), Pengguna VR Office sebelum VR diperkenalkan ke khalayak umum.

Saya rasa VR akan mampu mengatasi hal ini. Kamu dengan mudah bisa memasang perangkat VR dan langsung berpindah ke dunia virtual sesuai dengan keinginanmu. Entah itu kafe dengan suara-suara orang yang berbicara di sekitarmu, ruangan tenang dengan pemandangan taman sakura, sampai ruangan kayu dengan keindahan air terjun lengkap dengan gemuruhnya. Apapun atmosfer yang kamu perlukan untuk bersantai, VR bisa menciptakannya untukmu.

Tentu saja masih diperlukan aplikasi khusus untuk memungkinkanmu bekerja sambil menikmati hal ini. Jika yang dirubah hanya pemandangan maka kemungkinan besar kamu tidak bisa melihat objek apapun di dunia nyata dan bisa-bisa tidak sengaja menumpahkan air ke komputermu dan malah merusak semua hasil pekerjaanmu. [tia/ap]

  Microsoft Akuisisi GitHub, Banyak User Beralih ke GitLab

Mari Kita Berangan-Angan

Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan menggunakan teknologi VR. Meskipun VR modern seperti Oculus dan Samsung Gear baru hadir dalam waktu yang sangat singkat, saya rasa kamu semua juga sudah bisa membayangkan potensi dari VR jika dilengkapi dengan kreativitas dari para penciptanya. Seperti apa game atau pemanfaatkan teknologi VR lainnya yang sudah kamu bayangkan?

Advertisements

Indra Nugraha

Fullstack Web Developer | Javascript Ethusiast

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements