fbpx
Trentech.id

Pemilik Video di Facebook Kini Bisa Menghasilkan Uang Dari Orang yang Membajak Videonya

Aksi freeboating– atau mencuri kemudian memposting video milik orang lain demi mendapatkan klik–merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi di jagat internet, tidak terkecuali di Facebook. Pembajakan yang dimaksud di sini berbeda dengan mengunduh episode serial TV terbaru di internet secara ilegal, melainkan menggunakan video yang dibajak tanpa memberikan credits pada pembuatnya, kemudian menghasilkan pendapatan dari ads atau iklan online. Untungnya, Facebook memiliki sebuah langkah inovatif yang diharapkan bisa menanggulangi masalah yang sudah sangat menjamur ini.

Berselang satu tahun semenjak pertama kali diluncurkan, tool Rights Manager pada Facebook akhirnya telah diperbaharui, tentunya dengan fitur-fitur yang akan semakin menguntungkan bagi para creators maupun pemilik hak cipta. Kini, selain bisa mengabarkan pemilik hak cipta video bahwa videonya telah dibajak, tool Right Manager ini bisa disetel untuk melakukan tindakan otomatis secara langsung. Jadi, ketika sebuah video telah ditandai, pembuat video dapat memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan oleh sistem.

Terdapat empat buah opsi Automated Match action alias tindakan otomatis yang bisa dipilih oleh pemilik hak cipta, yaitu:

  1. Block: Opsi ini akan memblokir konten yang telah ditandai serupa agar tidak bisa diunggah dan ditonton di Facebook.
  2. Claim ad earnings: Ini merupakan pilihan yang cukup menarik, karena opsi ini memungkinkan pemilik hak cipta atau creator asli video tersebut untuk mengklaim sebagian pendapatan yang telah dihasilkan oleh pengunggah video bajakan tersebut melalui iklan.
  3. Monitor: Opsi ini memungkinkan konten yang serupa tetap bisa ditonton di Facebook, tapi pemilik hak video dapat memonitor metrik video tersebut. Pemilik hak dapat menerapkan langkah yang berbeda di kemudian waktu.
  4. Manually review match: Anda bisa mengirimkan konten yang telah ditandai serupa ke dalam tab Manual Review untuk meninjau dan menindaklanjuti konten tersebut secara manual pada waktu lain.
  Ini Dia 4 Rahasia Mendapatkan Uang dari Menulis

Selain memberikan opsi Automated Match action, Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri Match Conditions untuk sebuah video ditandai. Match conditions merupakan kriteria yang bisa disetel oleh pemilik hak cipta untuk melakukan sesuatu pada konten yang telah ditandai serupa dengan konten mereka. Jika kriteria-kriteria ini terpenuhi, maka Automated Match action yang telah ditentukan sebelumnya oleh pemilih hak cipta akan langsung dilakukan oleh sistem.

Berikut ini lima Match Conditions yang diberikan Facebook pada tool-nya ini:

  1. Viewer location: Lokasi atau negara dari penonton yang menonton video yang dimaksud.
  2. Content type: Bagian video dan/atau audio dari video yang ditandai yang serupa dengan data referensi Anda.
  3. Match length: Durasi video yang telah ditandai yang serupa dengan data referensi Anda.
  4. Publisher type: Memilih untuk menandai konten apabila konten tersebut diposting oleh sebuah Page atau Profil biasa.
  5. Privacy type: Memilih untuk menandai konten berdasarkan jenis privasi yang digunakan postingan tersebut, apakah privat (non publik), publik, atau keduanya.

Pembaharuan ini telah dirilis untuk Facebook Pages melalui tool Rights Manager secara global secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.


Ini merupakan inisiasi yang cukup menggembirakan bagi para kreator video di Facebook. Aksi freeboating ini tentunya sudah lama mengganggu mereka. [lb/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements