fbpx
Trentech.id

Lima Alasan Mengapa Startup Perlu Pertimbangkan Konsep Pelokalan Situs

Pelokalan situs adalah suatu keniscayaan bagi startup yang ingin ekspansi ke kancah global. Penggunaan bahasa hingga kini jadi salah satu hambatan utama saat berbisnis, maka dari itu untuk berkembang di pasar global perlu menerapkan bahasa lokal dalam setiap kegiatan pemasarannya.

Pelokalan tidak hanya berbicara tentang alih bahasa, tetapi membuat calon konsumen merasa bahwa bisnis yang Anda jalani ini sudah menjadi bagian dari adat istiadat dan budaya setempat. Konsep pelokalan menjadi cara pengembangan bisnis yang terbaik karena mendobrak hambatan dari perbedaan geografis.

Artikel berikut akan membahas lebih jauh mengapa startup perlu mempertimbangkan pelokalan situs tahun ini:

1. Memecahkan hambatan dalam berbahasa

Jika startup Anda bergerak di bisnis B2B atau B2C, maka tujuan Anda berbisnis adalah menjual produk sebanyak-banyaknya untuk pelanggan demi meraih profit. Penggunaan bahasa jadi lebih menyesuaikan dengan kondisi yang berlaku di tempat tersebut, bagi calon konsumen pun jadi lebih mudah saat mengakses situs Anda karena mereka jadi terasa lebih familiar.

Pelokalan situs telah membantu orang dalam meningkatkan peluangnya di berbagai pelosok di seluruh dunia. Terlebih, bisnis Anda akan diakui sebagai pemain skala internasional dan memiliki konten situs yang jelas dan mudah dimengerti. Pertanda ini adalah suatu bentuk kredibilitas dasar.

Setelah mengalihbahasakan situs Anda ke berbagai bahasa, Anda akan dengan mudah meminta konsumen dari mana pun mereka untuk meninjau layanan atau produk Anda. Penyediaan informasi yang komprehensif dan dipercaya akan membantu situs Anda sebagai sumber yang memiliki reputasi baik di pasar internasional.

2. Dapat menekan biaya secara efektif

Menyediakan multibahasa dalam situs artinya Anda mulai menguji pasar dan berinvestasi tanpa harus membentuk sebuah tim baru. Sebagai pemilik bisnis, Anda akan menghindari biaya overhead. Pasalnya, Anda hanya akan meningkatkan investasi jika penjualan tumbuh di dalam situs saja.

  Inilah 9 Startup Yang Resmi Bergabung dengan Program Indigo

3. Mengurangi tingkat kompetisi SEO

Saat ini banyak orang yang berlomba untuk berada di peringkat satu di halaman pertama mesin pencari. Kebanyakan startup menyadari betapa pentingnya SEO dalam situs mereka untuk meningkatkan bisnisnya. Makanya mereka sangat bekerja keras untuk mendapatkan kata kunci SEO kombinasi yang terbaik dalam situs.

Namun, SEO hanya kompetitif ketika menggunakan bahasa Inggris. Ketika situs Anda tidak menggunakan bahasa Inggris, maka tingkat kompetisinya jadi turun. Ini hal yang lumrah, mengingat tidak banyaknya orang yang membuat konten dari bahasa selain Inggris.

Dengan pelokalan situs, Anda akan membuka pintu untuk peringkat dalam kata kunci yang kurang kompetitif dalam bahasa lain. Akibatnya, trafik situs Anda akan meningkat. Manfaat lainnya, pertumbuhan Authority Domain akan membantu peringkat situsAnda jadi lebih baik di kancah dalam negeri.

4. Meningkatkan engagement konsumen

Kesan pertama konsumen tidak hanya saat membeli barang secara fisik saja, tetapi juga saat berbisnis online. Ketika Anda ingin membangun kredibilitas, pastikan semua konsumen sudah memiliki pengalaman positif saat mengunjungi situs Anda. Hal ini berguna untuk meningkatkan interaksi antara pelanggan dengan bisnis di kemudian hari.

Jika calon konsumen sudah menemukan apa yang mereka inginkan, kemungkinan untuk kembali dan membawa konsumen lebih banyak lagi bakal lebih tinggi bakal terjadi. Mereka akan memasarkan situs Anda dengan memberi rekomendasi dari mulut ke mulut.

5. Pengakuan merek global

Jika banyak konsumen mengenali merek Anda, maka keuntungan cenderung terus meningkat. Melakukan pelokalan situs yang tepat akan membuat merek Anda dikenal di seluruh dunia. Jika Anda dapat berbicara dengan calon konsumen dengan memakai bahasa asli mereka, maka konsumen akan lebih nyaman dengan produk Anda dan mengandalkan Anda sebagai solusi pemenuhan kebutuhan.

  Komika Raditya Dika Bergabung Sebagai Chief Creative Officer Penulis.ID

Tujuan utama pelokalan situs adalah meningkatkan jumlah konsumen dan meningkatkan angka penjualan. Dengan strategi pelokalan yang tepat, maka proses akuisisi konsumen baru dan meningkatkan penjualan akan jadi lebih mudah. [ds/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements