fbpx
Trentech.id

Kamu Harus Tau, Kumpulan Aplikasi untuk Memantau Keberadaan Orang Terkasih

Perkembangan teknologi semakin membantu kehidupan kita sehari-hari. Termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk memantau lokasi keluarga atau orang-orang terkasih melalui sebuah aplikasi. Kali ini, Tech in Asia Indonesia memberi referensi aplikasi-aplikasi yang memudahkan kamu untuk menemukan atau memantau lokasi mereka yang kamu kasihi.


Bosco Parent app – Family safety

Bosco App | Screenshot

Aplikasi ini memungkinkan orang tua melacak keberadaan anak-anak mereka secara real time. Selain itu, Bosco juga memiliki fitur untuk membantu orang tua memantau kegiatan anak-anaknya ketika menggunakan smartphone secara online. Melalui fitur ini, orang tua bisa mengetahui aktivitas anaknya ketika mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Untuk menggunakannya, orang tua harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di smartphone mereka. Selanjutnya, orang tua harus memasukkan tambahan informasi seperti nomor ponsel anak. Nantinya, nomor ponsel anak akan menerima SMS yang berisi tautan untuk mengunduh aplikasi Bosco versi anak yakni Bosco Child – Keeps Kids Safe. Setelah aplikasi terpasang, maka orang tua sudah bisa memantau lokasi dan kegiatan anaknya ketika menggunakan smartphone.

Download : Android & iOS 


Trusted Contacts

Trusted Contacts | Screenshot

Aplikasi buatan Google ini memungkinkan penggunanya mengetahui secara real time lokasi orang yang mereka sayangi. Pengguna bisa memilih hingga lima puluh kontak yang ia yakini ketika akan memberikan update lokasinya. Untuk menggunakannya, kamu harus memberikan izin dulu pada mereka yang ingin mengetahui lokasimu. Jika dalam lima menit kamu tidak merespon, Trusted Contacts akan mengirimkan pada mereka di mana lokasi terakhir keberadaanmu.

  BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Ketika kamu membagi lokasi keberadaanmu, mereka yang menjadi kontak terpercayamu bisa melihat pergerakanmu melalui map. Pihak Google menjelaskan aplikasi ini bagus untuk membantu seseorang ketika pulang larut malam.

Download : Android & iOS

Find My Friends

Find My Friends | Screenshot

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui lokasi orang lain secara real time. Setelah mengunduh aplikasi ini, kamu harus mengirimkan undangan terlebih dahulu ke pengguna lain yang ingin kamu ketahui lokasi keberadaannya.

Jika pengguna lainnya setuju untuk menggunakan aplikasi ini, maka lokasi keberadaan mereka akan muncul di smartphone kamu. Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk berbagi lokasi dengan pengguna lain untuk jangka waktu tertentu seperti dalam hitungan jam, hari, atau berapa pekan.

Download : Android

Zenly Locator

Zenly Locator | Screenshot

Aplikasi Zenly Locator mengklaim bahwa pengguna bisa melacak keberadaan kerabatnya secara real time. Berbeda dengan aplikasi lainnya di dalam daftar ini, Zenly Locator menawarkan keseluruhan layanan secara gratis kepada penggunanya.

Pengguna juga bisa melakukan chat langsung dengan teman atau keluarga dengan pilihan emoji yang diberikan. Secara keseluruhan, bagi kamu yang enggan mengeluarkan biaya untuk aplikasi pelacak lokasi orang terkasih, Zenly adalah opsi yang layak dicoba.

Download : Android & iOS

Famy

Famy | Screenshot

Aplikasi ini buatan developer asal Korea, Spacosa, yang memang fokus membuat aplikasi bertema keluarga dan kemudahan berkomunikasi di antara keluarga. Famy dirilis sejak Oktober 2013 dan sudah mendapat lebih dari satu juta unduhan.

Jika dibandingkan dengan aplikasi serupa, Famy memiliki fitur yang cukup lengkap, yakni memberi lokasi secara akurat, merekam & menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui, memiliki empat pilihan mode untuk penandaan lokasi tiap anggota keluarga melalui peta, tidak membuat baterai boros, dapat digunakan sebagai grup chatting antar keluarga & mengirim lokasi, mengirim pesan bahaya atau SOS, dan dapat juga digunakan untuk chatting perorangan.

Download : Android & iOS

Life360 – Family Locator

360Life Family Locator | Screenshot

Dengan latar belakang aplikasi berwarna ungu, Family Locator buatan Life360, developer asal San Fransisco ini juga berfungsi sebagai pelacak lokasi bila perangkat pengguna yang hilang.

  BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Meski dapat diunduh secara gratis, tersedia pula versi premium untuk aplikasi ini, yang bisa dibeli melalui in-app purchase. Biaya berlangganan untuk versi premium ini dibanderol mulai dari US$5 (sekitar Rp66.325) per bulan.

Tidak jauh berbeda dengan fungsi yang ditawarkan aplikasi Famy yang telah dijelaskan sebelumnya, Family Locator ini juga dapat mengetahui posisi keluarga. Ada tombol khusus ketika berada dalam kondisi darurat dan group atau personal chatting.

Perbedaannya adalah setiap anggota yang didaftarkan sebagai keluarga akan digolongkan ke dalam Circle dan ditampilkan dalam Private Map. Bila mendaftar aku premium, maka kamu dapat memantau posisi smartphone sekaligus keberadaan orang dalam Circle.

Download : Android & iOS

Family Locator

Family Locator | Screenshot

Dibuat oleh Sygic, developer navigasi asal Amerika yang berdiri sejak 2009 lalu, seluruh fitur aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun hanya untuk tujuh hari penggunaan. Sisanya, pengguna akan dikenakan biaya melalui in-app purchase yang dibanderol mulai dari US$3 (sekitar Rp41.000) per bulan.

Fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi lainnya, namun aplikasi ini akan memberi notifikasi langsung kepada orang tua jika anaknya berada atau memasuki daerah berbahaya, atau ketika anak sudah sampai di tempat tujuannya. Setelah berlangganan, pengguna dapat melihat secara keseluruhan History dari lokasi anak.

Download : Android & iOS

iSharing Locator

iSharing Locator | Screenshot

Layaknya Life360 – Family Locator, aplikasi ini juga memberikan fungsi tambahan untuk menemukan lokasi smartphone bila hilang. iSharing Locator merupakan aplikasi buatan iSharingSoft asal New York Amerika Serikat.

Fungsi lainnya yang ditawarkan aplikasi ini serupa dengan aplikasi sebelumnya yang telah dibahas, seperti menemukan lokasi anak, mengirimkan SMS bila kondisi bahaya, dan chatting dengan anggota keluarga. Kelebihan dari aplikasi ini, pengguna bisa mengobrol dengan fitur Walkie Talkie secara gratis dengan anggota keluarga lainnya yang telah didaftarkan.

Download : Android & iOS

Glympse – Share GPS Location with Friends and Family

Glympse | Screenshot

Di negara dengan pengguna aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) yang masih tinggi seperti Indonesia, pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi Glympse. Ya, developer asal Washington, Amerika Serikat ini memang berpengalaman dalam aplikasi navigasi sejak 2008. Terutama fitur yang mereka sematkan ke dalam aplikasi BBM yang memungkinkan kamu untuk mengetahui lokasi lawan bicara di dalam aplikasi ini.

  BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Aplikasi ini seperti media sosial, kamu bisa follow orang-orang terdekat dan berbagi lokasi dengan mereka. Beberapa fitur lainnya adalah kemudahan chatting langsung dengan orang lain tanpa aplikasi tambahan, dapat digunakan di belahan dunia manapun dengan mengandalkan GPS atau mobile data, dan tanpa menguras banyak baterai smartphone kamu.

Download : Android & iOS

[tia/ap]
Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments