fbpx
Trentech.id

Kamu Gamer Sejati? Inilah Beberapa Dampak Positif Bermain Game

Bermain game mungkin menjadi salah satu kegiatan yang paling mengasyikan dalam hidup ini, apalagi sekali kita bermain game, kita bisa lupa waktu hingga berjam-jam. Bermain game merupakan kegiatan yang sangat penting dalam hidup.

Setiap manusia pasti setidaknya pernah bermain game sekali seumur hidup mereka, meski terkadang bermain game sering dianggap sebagai hal negatif. Kenyataannya, ada banyak sekali manfaat yang bisa ketika temukan dalam bermain game.

Game akan berubah menjadi sesuatu yang negatif bila kita bermainnya terlalu berlebihan, sehingga hal itu bisa membuat produktifitas kita di berbagai hal menurun. Bermain game berlebihan juga bisa membuat kesehatan kita terganggu.

Banyaknya hal negatif karena berlebihnya orang-orang dalam bermain game, orangtua akan memproteksi anak-anaknya untuk tidak mengenal dunia game sama sekali.

Sekarang mungkin kita akan melupakan dulu hal negatif bermain game, karena menurut saya hal tersebut sudah sangat mainstream untuk dibahas secara rinci. Seperti yang tadi saya bilang, bahwa bermain game juga punya dampak positif untuk diri kita bahkan orang lain.

Kali ini Duniaku.net akan membahas soal dampak positif bermain game di kehidupan kita, baca sampai habis!

5. Menyegarkan Pikiran

Mungkin menyegarkan pikiran merupakan dampak bermain positif bermain game yang paling umum untuk orang-orang. Karena biasanya, orang-orang akan mengatakan untuk berhenti bekerja sejenak dan beralihlah untuk bermain game.

“Udah, kerjanya berenti dulu kita main game biar gak pusing,” mungkin itulah kata-kata mainstreamyang sering kita jumpai.

Hal tersebut merupakan benar karena bila kita sudah tidak bisa lagi menemukan ide atau lelah dalam bekerja, beristirahat dan bermain game merupakan solusi. Tanpa kita sadari bila bermain game kita akan merasa rileks kembali dan pada akhirnya mempu kembali produktif untuk bekerja.

  Ini Dia 5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Kecelakaan

Tapi jangan juga kalian malah menjadi lupa diri ketika bermain game. larena bila kalian lupa diri saat bermain game, kalian malah akan lelah dan pada akhirnya tidak produktif. Untuk yang satu ini disarankan agar kalian memilih game yang benar-benar menyenangkan.

Karena percuma bila kalian memainkan game yang sulit diselesaikan, bukankah itu akan membuat kalian tambah stress dan akhirnya malah marah-marah.

Game-game mobile atau game PlayStation yang mudah ditamatkan mungkin bisa menjadi pilihan, tapi bagi sebagian orang, bermain game horror efektif untuk mengusir rasa stres mereka lho.

4. Menambah Banyak Teman atau Nyari Jodoh

Kata siapa bermain game malah akan membuat kalian jadi individualis dan lupa akan kehidupan? bila ada yang masih berpikiran seperti itu, lebih baik kalian ubah pola pikir itu dari sekarang.

Memang bagi sebagian orang yang senang menyendiri, game bisa membuat diri mereka semakin individualis, namun bagi orang yang doyan bersosialisasi, bermain game adalah jawaban bila kalian ingin menambah teman.

Saat ini hampir semua game bersifat online, artinya kalian bisa berkenalan dengan siapapun di dalam game. Game online ini juga biasanya memiliki komunitas tersendiri yang terkadang akan melaksanakan kopi darat untuk para membernya.

Kopi darat inilah yang membuat kalian bisa menambah teman. Teman di sini juga teman real bukan teman dunia maya seperti yang orang-orang katakan. Saya pribadi juga banyak memiliki teman asli yang masih akrab hingga saat ini karena pada awalnya kami bermain game yang sama.

Selain teman, mungkin kalian juga bisa menemukan gebetan atau pacar kalian dalam bermain game, syukur-syukur hingga kalian bisa berjodoh lho, seperti kisah Septivia Utami dan Deny Hadi yang dulu sempat viral karena mereka berjodoh akibat bermain game DOTA 2.

Maharnya pun tergolong unik karena Deny Hadi memberikan mahar berupa seperangkat gear gaming!

  Ini Dia 5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Kecelakaan

3. Jago Bahasa Inggris

Bahasa Inggris kalian buruk? cobalah bermain game yang memiliki banyak puzzle karena itu akan membuat bahasa inggris kalian jadi berkembang.

Dampak positif bermain game yang satu ini bukanlah isapan jempol belaka, karena pada dasarnya, bahasa yang paling universal digunakan dalam bermain game adalah bahasa Inggris.

Kita akan dituntut untuk memahami bahasa inggris ini agar game yang kita mainkan bisa berlanjut progresnya. Contohnya adalah ketika bermain Final Fantasy, kita akan dituntut untuk mencari sebuah item, bila kita tidak bisa memahami arti dari percakapan dalam game tersebut, dipastikan kita akan nyasar dan akhirnya mengalami kebuntuan.

Selain itu, banyaknya kata-kata yang kita temukan di dalam game, akan kita kenali dikehidupan sehari-hari. Misalkan kita disuruh mengartikan kata “go” mungkin bila tidak bermain game kita tidak akan tahu artinya.

Tapi setelah bermain game dan banyak menemukan kata “go” maka kita bisa langsung menjawabnya bahwa arti dari “go” merupakan “pergi”

2. Menambah Ilmu Pengetahuan

Game pada dasarnya dibangun dari ide-ide fiktif, tapi seiring dengan berkembangnya zaman, developer juga membuat game berdasarkan sejarah asli atau hal-hal yang ada di kehidupan nyata.

Hal ini otomatis membuat kita menambah ilmu pengetahuan, contohnya adalah seperti game Assassin’s Creed: Brotherhood yang sedikit membuat kita belajar mengenai sejarah-sejarah berkembangnya italia atau game Bully yang membuat kita belajar ilmu Biologi.

Saya pribadi sukses mendapatkan nilai yang baik di salah satu mata kuliah saya berkat bermain game lho.

Yang jelas, bila kalian sedang bermain game, kalian tidak boleh ngasal, mungkin memahami seluruh ceritanya akan membantu kalian memiliki banyak ilmu pengetahuan. Karena ada pepatah mengatakan jangan asal ketika bermain game, tapi pahami apa yang ada di dalamnya.

  Ini Dia 5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Kecelakaan

1. Jadi Miliarder

Dampak positif bermain game yang terakhir adalah membuat kita menjadi seorang miliarder. Saat ini sudah banyak sekali gamer yang mendapatkan banyak uang berkat mereka bermain game.

Para gamer ini ada yang menjadi atlet E-Sport, ada yang menjadi blogger, atau ada yang menjadi seorang vlogger. Ketika profesi di atas merupakan profesi yang sekarang ini sedang digilai oleh gamer.

Menjadi atlet E-Sport kita bisa menjadi miliarder dengan cara menjuarai berbagai turnamen yang ada, sedangkan untuk blogger dan vlogger mungkin mereka akan mendapatkan biaya endorse atau mendapatkan uang dari iklan di website mereka.

Menjadi seorang miliarder tentu saja merupakan dampak positif bermain game yang keren karena kita bisa berbagi kepada orang lain dan menjadi philantropist misalnya. Atau mungkin kita bisa melepas diri kita dari ketergantungan atas orang tua.

Jadi kesimpulannya adalah bermain game merupakan aktifitas yang bisa membuat banyak hal positif asal kita tidak berlebihan dalam bermain game ini. Artikel ini juga bukan diperuntukkan untuk emmbalikan pendapat yang menyebutkan bahwa bermain game adalah hal yang negatif. [dk/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements