Indigo Creative Nation, startup incubator/accelerator besutan PT. Telkom Indonesia, akan kembali menyelenggarakan gelaran tahunan bernama Indigo Day yang ke-3 pada Rabu, 29 Agustus 2018 mendatang sebagai ajang sinergi bukan hanya antara startup binaan Indigo dengan Telkom Group, melainkan juga dengan lebih dari 15 venture capital dan para Investor startup.
Indigo Day sendiri memadukan antara startup pitching, startup demo day, startup exhibition, dan talkshow yang mengundang para pembicara setingkat C-level yang berasal dari kalangan startup unicorn, korporasi, venture capital, dan kepemerintahan.
[postingan number=3 tag=”startup”]
Adapun untuk tema besar Indigo Day batch ke-1 tahun 2018 ini akan mengusung tema semangat kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi yang diisi Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia) dan Albert Lucius (Co-Founder & CEO of Kudo) yang menjelaskan tentang bagaimana dampak kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi antara kedua perusahaan tersebut.
Mewakili PT. Telkom Indonesia, David Bangun selaku Direktur Digital & Strategic Portfolio, akan berbagi seputar strategi korporasi dalam pengembangan digital business service untuk mendukung pertumbuhan portofolio bisnis Telkom Group. Sementara Ery Punta Hendraswara selaku Managing Director Indigo Creative Nation, akan berbagi bagaimana program Indigo bisa menjadi salah satu program corporate innovation dalam pengembangan startup eksternal yang bertahan hingga tahun ke-5. Sedangkan Nicko Widjaja, selaku CEO MDI (Metra Digital Innovation) Ventures (corporate venture capital milik PT. Telkom Indonesia), akan berbagi bagaimana strategi melakukan investasi terhadap startup tahap series A ke atas yang inovasinya mendukung digital business service milik Telkom Group.
Program Indigo Creative Nation sendiri mencakup mulai dari kegiatan nurturing creativity yang mendorong tumbuhnya komunitas digital kreatif di Indonesia, serta program inkubasi dan akselerasi startup digital untuk mengembangkan inovasi produk digital yang fit dengan kebutuhan market sehingga memiliki value tinggi di pasar.
Sejak tahun 2013, program Indigo Creative Nation juga telah menginkubasi 111 startup dimana sekitar 37 startup telah menghasilkan secara komersial, bahkan 16 startup diantaranya telah mendapatkan pendanaan tambahan dari para Investor dalam dan luar negeri seperti Payfazz yang memperoleh pendanaan dari Y Combinator. Bahkan dari sekian startup yang telah dibina Indigo, ada beberapa startup yang telah berhasil menciptakan kolaborasi bernilai milyaran rupiah bersama Telkom Group seperti PrivyID, Kofera, dan Run System.
[postingan number=3 tag=”bisnis”]
Pada ajang Indigo Day ke-3 mendatang, ada lebih dari 20 startup binaan Telkom baik dari program external yaitu Indigo dan dari program internal yaitu Amoeba yang akan bereksibisi menampilkan berbagai inovasi digital.
Indigo Day batch ke-1 tahun 2018 ini sendiri akan diselenggarakan di Smart Auditorium lt.6, Telkom Landmark Tower.
Besar harapannya melalui ajang tahunan Indigo Day ini, PT. Telkom Indonesia berhasil menyinergikan para startup binaan Indigo yang bisa mendukung bisnis di Telkom Group dan mendorong kolaborasi antara korporasi dengan inovasi digital yang diciptakan para startup binaannya.