Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Dijamin Sukses, Ini Dia 7 Kunci Sukses Memasarkan Produk lewat Instagram

27 August 2017
in News
Dijamin Sukses, Ini Dia 7 Kunci Sukses Memasarkan Produk lewat Instagram
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Instagram kini telah menjadi platform bisnis yang sangat digemari. Lebih dari delapan puluh persen penggunanya mengikuti akun bisnis di platform sosial milik Facebook tersebut. Artinya, terdapat lebih dari 560 juta pengguna di Instagram yang bisa dijadikan konsumen potensial untuk sebuah bisnis.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan potensi bisnis Instagram. Pakar marketing Neil Patell berbagi tujuh konsep praktis supaya bisnismu bisa manjangkau lebih banyak orang, dan pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak revenue. Simak di bawah.

Baca lagi

Cara Menaikkan Followers Instagram: Tips Tingkatkan Jumlah Follower Anda

Centang Biru Berbayar di Facebook dan Instagram: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Instagram Tutup Fitur Live Shopping, Ada Apa?


Fokus menciptakan konten berkualitas

Hal pertama yang terpenting dan harus kamu lakukan adalah fokus menciptakan konten berkualitas tinggi. Orang tidak akan tertarik mengikuti akunmu bila isinya tidak menarik.

Kamu bisa mendapatkan referensi konten dari akun-akun lain. Biasakan untuk mengambil screenshot setiap konten yang menarik perhatianmu untuk dijadikan referensi.

Ada beberapa jenis konten yang bisa menarik perhatian pengguna. Tapi bila kita berbicara soal produk, maka dua jenis konten yang efektif adalah foto produk dan behind-the-scene.

Instagram | Rolls Royce Post

Contoh konten behind-the-scene

Dengan menunjukkan proses pembuatan produk, kamu bisa meyakinkan pengguna bahwa kamu berusaha menyajikan produk terbaik. Pengguna juga akan merasa lebih dekat dengan perusahaanmu karena mereka melihat unsur manusia di dalamnya, bukan korporat belaka.

Gunakan kamera dan pencahayaan yang baik agar produkmu tampak jelas. Seiring dengan pengalaman, kamu akan menemukan gaya foto yang paling digemari oleh pasar. Tapi bila kamu baru memulai, kamu bisa meniru gaya foto dari akun bisnis lain.


Berinteraksi dengan audiens

Dalam platform media sosial apa pun, interaksi dengan audiens adalah sangat penting. Luangkan waktumu untuk membaca komentar-komentar yang ada dan membalas bila perlu. Manfaatkan caption untuk mengajak para pengguna meninggalkan komentar.

Terkadang pengguna memanfaatkan kolom komentar untuk bertanya atau melayangkan komplain. Jadi kolom komentar memiliki fungsi serupa dengan customer service.

Bila kamu bisa membalas komentar dengan cepat, pengguna akan merasa bahwa kamu benar-benar menghargai mereka. Ucapan simpel seperti “terima kasih” pun bisa berdampak besar.


Jaga brand tetap konsisten

Brand lebih dari sekadar kualitas konten. Brand berhubungan dengan semua aspek yang kamu gunakan, mulai dari gaya gambar, gaya penulisan caption, seberapa sering kamu menerbitkan konten, dan masih banyak lagi. Bila kamu berhasil menyajikan konten dengan cara unik dan konsisten, kesadaran masyarakat akan brand milikmu akan tumbuh jauh lebih cepat.

Instagram | Oreo Branding

Branding Oreo identik dengan warna biru dan istilah “dunk”

Brand yang unik dan konsisten juga akan memunculkan kesan tertentu di masyarakat, sehingga bisa menarik orang-orang yang merasa satu selera dengan brand milikmu. Ini akan menarik lebih banyak audiens secara natural.


Manfaatkan influencer

Influencer marketing adalah tren yang sangat populer, dan Instagram membuatnya sangat mudah dilakukan. Secara sederhana, influencer marketing artinya kamu membayar pemilik akun Instagram lain untuk mempromosikan brand milikmu. Bila dilakukan dengan baik, ini bisa menghasilkan ROI tinggi yang sulit diraih metode pemasaran lain.

Instagram | Makan Pake Receh

Contoh praktik influencer marketing

Berikut adala beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam influencer marketing:

  • Pastikan influencer memiliki audiens relevan dengan produkmu. Kamu bisa menggunakan jasa agen untuk mencari influencer yang tepat, tapi terkadang ada influencer yang lebih suka bekerja sama secara langsung dengan perusahaan.
  • Jangan terpaku pada satu pangsa pasar saja. Misalkan kamu menjual produk sepatu lari. Jangan hanya beriklan di komunitas pelari, tapi juga di audiens lain yang berhubungan. Misalnya di komunitas kesehatan, diet, fitness, dan lain-lain.
  • Kamu bisa mencari influencer potensial lewat fitur search di Instagram.
  • Perhatikan jumlah follower dan tingkat interaksi si influencer. Idealnya, kamu butuh influencer dengan jumlah follower di atas 500.000 dan komentar atau like yang tinggi di setiap post.
  • Influencer mungkin memiliki aturan tersendiri. Mungkin mereka tidak mau mempromosikan produk tertentu, atau punya patokan harga. Pastikan kamu melakukan negosiasi dengan baik.

Pasang iklan (Instagram Ads)

Menciptakan iklan yang efektif dan menarik bukan hal mudah. Mungkin kamu butuh percobaan lebih dari sekali sebelum menemukan cara yang tepat, karena itu ada baiknya kamu mempelajari iklan milik perusahaan lain. Kamu tidak boleh menyontek ide mereka, tapi kamu bisa menelaah iklan tersebut untuk mencari tahu apa penyebab iklan itu menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan metode split testing. Buat empat atau lima versi iklan untuk satu hal yang sama, namun dengan variasi gambar, teks, atau audiens target yang berbeda-beda. Variasi gambar adalah yang terpenting sebab gambar punya dampak terbesar dalam mendorong seseorang untuk mengeklik iklan.

Perhatikan bahwa ketika kamu hendak memasang iklan, Instagram akan menyajikan pilihan objective (tujuan) yang bisa kamu pilih. Misalnya brand awareness, traffic, conversions, dan sebagainya. Kamu bisa lihat objective lengkapnya pada daftar berikut.

Instagram | Objectives

Sumber: Facebook Business

Konten iklan harus sesuai dengan objective yang kamu inginkan. Sebagai contoh, bila tujuanmu adalah conversions (penjualan, unduhan, dsb), maka sebaiknya kamu menunjukkan produk, lengkap dengan harga dan tombol call-to-action. Tapi bila mengincar brand awareness, kamu tidak usah menunjukkan produk, tapi lebih baik fokus pada behind-the-scene atau konten yang melambangkan visi perusahaanmu.

Strategi Instagram Ads cukup rumit dan bisa makan satu artikel sendiri. Yang terpenting, kamu harus selalu memperhatikan tiga hal ini: konten kreatif iklan, objective, dan audiens target.


Adakan kompetisi

Kompetisi adalah salah satu cara beriklan yang sangat baik di Instagram. Kompetisi dapat meningkatkan minat dan interaksi pengguna, juga memberimu kesempatan memberikan imbalan pada para follower. Ada banyak jenis kontes yang bisa kamu lakukan, tapi yang paling umum adalah giveaway produk.

Kamu bisa mengunggah gambar, lalu meminta para pengguna untuk memberi caption menarik di gambar itu, atau mengajak pengguna mengunggah foto mereka saat sedang menggunakan produkmu. Karya terbaik kemudian akan mendapat hadiah.

Bila berjalan dengan baik, kontes-kontes semacam ini dapat menyebar dengan cepat, sehingga memberi hasil yang jauh lebih berharga daripada nilai hadiahnya. Apalagi dibandingkan dengan biaya pasang iklan.


Manfaatkan fitur post otomatis

Salah satu kunci keberhasilan di Instagram adalah menyajikan konten dengan rajin dan konsisten. Tapi menjaga konsistensi konten ini cukup sulit, sebab kamu juga butuh waktu untuk mengurus aspek lain bisnismu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi manajemen media sosial seperti Buffer atau Sprout Social. Kamu cukup menyiapkan konten di depan, kemudian gunakan aplikasi-aplikasi ini untuk menjadwalkan penerbitannya. Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur analitik sehingga kamu bisa memantau performa kontenmu.


Bila kamu baru pertama kali mencoba menggunakan Instagram untuk bisnis, mungkin kamu akan merasa kesulitan. Apa yang ada dalam artikel ini bisa membantumu, tapi kamu jangan khawatir bila masih ada hal-hal yang membuatmu bertanya-tanya. Semakin banyak kamu bereksperimen, kamu akan semakin tahu cara yang paling efektif. Jadi jangan ragu, mulailah dari sekarang. [tia/ap]

Tags: 7 kunci suksesbelajar instagraminstagramkunci suksesmarketingsukses instagramtips instagram
Previous Post

7 Klise Paling Menyebalkan dalam Video Game yang Sebaiknya Segera Dihentikan

Next Post

Sering Dilakukan, Ini Dia Kesalahan dalam Content Marketing yang Harus dihindari

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

cara menaikkan followers instagram

Cara Menaikkan Followers Instagram: Tips Tingkatkan Jumlah Follower Anda

13 April 2023
1.3k

Jika Anda ingin memperluas jangkauan Anda di Instagram, Anda perlu meningkatkan jumlah pengikut Anda. Lebih banyak pengikut berarti lebih banyak...

centang biru berbayar

Centang Biru Berbayar di Facebook dan Instagram: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

1 March 2023
1.4k

Meta, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang verifikasi data, telah mengumumkan fitur verifikasi baru berupa "centang biru berbayar" untuk akun...

instagram live shopping tutup

Instagram Tutup Fitur Live Shopping, Ada Apa?

26 February 2023
1.4k

Instagram mengumumkan pada 18 Februari 2023 bahwa fitur Live Shopping-nya akan ditutup pada 19 Maret 2023. Pengumuman ini mengejutkan banyak...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1152 shares
    Share 460 Tweet 288
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    182 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    407 shares
    Share 163 Tweet 102
  • BRI Digital Challenge Mencari Inovasi Terbaik dengan Hadiah Ratusan Juta Rupiah!

    112 shares
    Share 45 Tweet 28
  • Ini Dia 3 Kebiasaan Buruk Anak RPL

    131 shares
    Share 52 Tweet 33
  • Apa Itu Bisnis Model Kanvas dan Pentingnya untuk Sebuah Startup?

    136 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    275 shares
    Share 110 Tweet 69
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    167 shares
    Share 67 Tweet 42
  • Wahai Programmer, Ini Dia Tips Memilih Laptop Untuk Programming

    128 shares
    Share 51 Tweet 32

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In